PlayStation 4, Next-Gen Console dari Sony

June 11, 2013 11:58 am
PlayStation 4, Next-Gen Console dari Sony

Sony akhirnya memperlihatkan wujud PlayStation 4 pada konferensi pre-E3 mereka. Penasaran apa saja yang menjadi keunggulan dari next-gen console besutan sony ini?

Dari segi bentuk, PlayStation 4 terlihat mirip dengan kakaknya, PlayStation 2, berwarna hitam dan terlihat kotak, apakah dengan desain seperti itu sony menyatakan bahwa mereka akan menjadikan PS4 ini console legendaris seperti halnya PlayStation 2 yang sangat sukses? Pada situs resmi PS4 tertulis besar-besar, Greatness Await, kalimat ini sepertinya bukan sesumbar saja karena dari segi fitur dan spesifikasi saja PS4 sangatlah luar biasa.


ps4hardware

Main processor
Single-chip custom processor
CPU: low power x86-64 AMD “Jaguar”, 8 cores
GPU: 1.84 TFLOPS, AMD Radeon™ Graphics Core Next engine

Memory
GDDR5 8GB

Hard Disk Drive
Built-in

Optical Drive (Read only)
BD 6xCAV
DVD 8xCAV

I/O
Super-Speed USB (USB 3.0), AUX

Communication
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)
IEEE 802.11 b/g/n
Bluetooth® 2.1 (EDR)

AV output
HDMI
Analog-AV out
Digital Output (optical)

Controller terbaru untuk PS4, DualShock 4 hadir kembali dengan fitur wireless sama seperti DualShock 3, namun dengan bentuk baru yang lebih nyaman untuk dipegang serta tambahan fitur seperti Touch Pad, Built-in Speaker dan Headset Jack, Light Bar serta Share button yang memungkinkan pemain untuk langsung pamer achievement di media social, serta menyiarkan langsung permainan yang sedang mereka main bahkan mengupload rekaman permainan tersebut secara langsung di Facebook.


ps4-access-large1

Tidak seperti Xbox One yang membutuhkan online activation dan tidak mendukung penggunaan used game (meski tidak secara eksplisit) Sony mendukung penggunaan used games, yang bisa dilihat melalui video dibawah ini



Dan tentunya salah satu poin utama keunggulan dari PlayStation 4 adalah, variasi game yang ditawarkan pada peluncuran PlayStation 4 nantinya, bekerja sama dengan banyak studio besar maupun Indie, penasaran? tunggu ulasannya. PlayStation 4 akan dirilis dengan harga 399 USD.