Grand Launching Square Enix Smileworks di Surabaya

June 15, 2013 6:48 pm
Grand Launching Square Enix Smileworks di Surabaya

Lanjutan dari liputan kemarin. Pada tanggal 12 Juni 2013 bertempat di Pelangi Room Hotel Shangri-la Surabaya, PT. SQUARE ENIX SMILEWORKS mengadakan grand launching kantor dan studio mereka di Surabaya, yang dimulai pada pukul 16.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB. JO mengetahui tentang acara peluncuran ini setelah menemui pihak SQUARE ENIX SMILEWORKS pada acara Game Networking Jakarta 2013 silam. PT SQUARE ENIX SMILEWORKS mempunyai target mengembangkan mobil game dan social game buatan Indonesia untuk pasar Asia Tenggara dan menjadi studio game terdepan di Asia Tenggara.

square enix smileworks top tier
Acara ini dihadiri Mr. Itou Takahiro CEO SMILE LAB+CORPORATE, Mr. Wada Youichi dan Mr. Kanamaru Hiroaki CEO SQUARE ENIX SMILEWORKS. Acara pun dimulai dengan pembicara pertama, Kanamaru-san, yang memakai bahasa Indonesia yang cukup fasih menjelaskan bahwa SQUARE ENIX sebagai perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam mengembangkan dan menghasilkan game yang cukup dikenal oleh gamer seantero jagat dan juga memiliki perusahaan penerbit manga ini dijamin akan mendongkrak nama SQUARE ENIX SMILEWORKS selaku studio game yang baru pertama kali dibentuk.

DSC8642 DSC8643 DSC8644 DSC8645 DSC8646 DSC8648
Pidato dilanjutkan oleh Wada-san, bagi Wada-san Indonesia merupakan negara yang penting. Ada dua alasan pembukaan studio di Indonesia, yaitu :
1. Indonesia adalah negara yang muda, dengan usia penduduk rata-rata 27 tahun dan Indonesia merupakan negara yg sedang berkembang. Dengan harapan developer game di Indonesia mau mengembangkan kemampuan mereka utk pasar luas.
2. Surabaya memiliki sebuah universitas berkelas dibidang Teknologi dan lalu lintasnya tidak sepadat Jakarta.

PT. SQUARE ENIX SMILEWORKS yang didirikan di Surabaya ini adalah hasil kerjasama SQUAREENIX, GOTANDADENSHI dan SMILE-LAB CORP.

DSC8616 DSC8641 DSC8654
Pihak SQUAREENIX menginginkan kerjasama dengan developer game di Indonesia khususnya Surabaya dengan menganut filosofi “Kami membuat masyarakat dunia tersenyum dengan entertainment service yang optimal melalui keselarasan antara Indonesia dan Jepang”. Dengan target pertama mengembangkan game original dari Indonesia dan menyebarkannya ke pasar Asia Tenggara sedangkan target keduanya adalah menjadikan Indonesia sebagai salah satu development base yang berpengaruh di masa depan.

DSC8656 DSC8657 DSC8658

Untuk sementara SQUARE ENIX SMILEWORKS fokus melakukan perekrutan human resource dan development di Surabaya, sedangkan Jakarta hanya untuk marketing. Game yang telah dibuat adalah Nicotto Town dan game Sumo, game Sumo yang dibuat oleh GOTANDA DENSHI yang akan dilaunching di Jakarta sekaligus memperkenalkan olahraga Sumo. Lalu game lainnya yang akan dikembangkan adalah Nirvana Genesis, game ini sebenarnya telah dirilis dipasar Jepang dan akan dipasarkan dipasar Asia Tenggara, bahkan pihak SQUARE ENIX SMILEWORKS telah mengadakan kompetisi ilustrasi di Indonesia untuk digunakan pada Nirvana Genesis.

DSC8647 _DSC8661 DSC8624 DSC8664 DSC8666 DSC8669

Acara yang ditutup dengan sesi tanya jawab ini, menekankan bahwa SQUARE ENIX SMILEWORKS pada tahap awal ini akan fokus pada pengembangan mobile dan social game.