Moekanji Preview

Seperti yang sudah dijanjikan beberapa hari yang lalu, kali ini saya akan membahas tentang Moekanji, sebuah permainan kartu yang dikeluarkan oleh Culture Japan untuk mempelajari huruf kanji.

DSC01795
 

Apa itu Moekanji?

Moekanji adalah sebuah set kartu bergambar yang berisi 87 kartu yang dibuat untuk membantu kita mempelajari huruf kanji. Maskot Culture Japan yaitu Mirai Suenaga, Haruka Suenaga, dan Kanata Hoshikawa akan muncul kembali di seri ini dan kali ini akan ditemani oleh Eiji Seiun, Retrokyu, dan Kizuna Yumeno.

DSC01787 DSC01788
Diatas adalah huruf kanji yang ada dalam set kartu ini. Tingkat kesulitan ini adalah tingkat kesulitan anak kelas satu SD di Jepang. Ya, kalian tidak salah baca, kelas satu SD. Jadi untuk kalian yang merasa sangat yakin dengan kanji kalian, jangan cepat senang karena mungkin kanji yang kalian tahu hanyalah setingkat dengan sekolah dasar di Jepang.

DSC01785 DSC01786
Kartu-kartu yang akan kalian dapatkan ketika kalian membeli Moekanji. Terlihat ada cara membaca kanjinya dengan cara “on” atau “kun”, contoh kata dari kanji tersebut dengan artinya, dan arti dari kanji tersebut.

DSC01789 DSC01790
Bagian depan dan belakang dari kartu instruksi yang datang dengan setiap pak.

DSC01791
Ini adalah kartu karakter yang juga akan kalian dapatkan di dalam setiap paknya. Belum tahu kartu ini akan digunakan seperti apa dalam permainan ini tetapi ilustrasinya sendiri sudah cukup untuk membuat saya ingin mengoleksinya.

DSC01792
Ini adalah 2 kartu karakter yang tidak akan bisa kalian dapatkan dimanapun kecuali di stan Culture Japan yang akan mulai dibagikan di Anime Expo (Los Angeles), Culture Japan Convention (Penang), AFA Indonesia (Jakarta), AFA Singapura (Singapura), dan mungkin beberapa acara lainnya.

Untuk kalian yang bertanya-tanya cara untuk memainkan Moekanji ini, saya tidak sengaja menemukan gambar playmat ini ketika sedang melihat-lihat laptop teman saya.

moebattle-playmat moebattle-playmat-v2clean
Cara untuk memainkan Moekanji ini tertulis di playmat yang ada ilustrasi maskot dari Culture Japan. Berikut adalah terjemahan dari cara memainkannya:

Tujuan:

Pemain pertama yang mempunyai 10 kartu Moekanji di bagian score akan memenangi permainan ini.

 

Permulaan

– Setiap pemain menyusun 1 dek kartu yang berisikan 30 kartu Moekanji dan 1 dek kartu yang berisikan 30 kartu Moekana.

– Lalu setiap pemain mengambil 3 kartu teratas dari dek kanji mereka ke safe zone dan mengambil 7 kartu dari dek kana mereka ke tangan.

 

Panduan setiap giliran

  1. Ambil 1 kartu kana
  2. Pindahkan kartu kanji dari safe zone ke frontline sampai frontline ada 3 kartu. Jika daerah frontline penuh (sudah ada 3 kartu dari giliran sebelumnya), maka kartu di safe zone tidak dipindahkan.
  3. Selesaikan kartu-kartu kanji kalian. Caranya adalah dengan menggunakan kartu kana yang ada di tangan kalian untuk membuat ejaan dari kartu kanji yang ingin kalian selesaikan atau gabungkan kartu kanji menjadi sebuah kata dengan kartu kanji lainnya. Kalian boleh menggunakan kartu kanji yang berada di safe zone dan frontline kalian, maupun frontline lawan. Hal ini hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali dalam setiap giliran.
  4. Melewati giliran: Jika kalian tidak dapat menyelesaikan kartu kanji apapun, kalian boleh melewati giliran kalian dengan melakukan salah satu hal ini: -Buang 3 kartu kana dan ambil 2 yang baru, atau -Buang 1 kartu kanji dari safe zone atau frontline kalian dan tambahkan 1 kartu kanji ke dalam safe zone kalian.
  5. Penilaian: Jika kalian menyelesaikan kartu kanji dari safe zone atau frontline kalian, masukkan kartunya ke dalam kotak nilai. Jika kalian menyelesaikan kanji kalian dengan menggunakan kartu lawan kalian, pindahkan kartu lawan yang kalian pakai ke bagian kanji discard lawan. Pindahkan semua kartu kana yang kalian pakai ke bagian kana discard.
  6. Mengisi kembali: Untuk setiap kartu kanji yang kalian selesaikan di giliran kalian (termasuk kartu dari frontline lawan), ambil satu kartu kanji dari dek kanji kalian ke dalam safe zone. Safe zone boleh mempunyai lebih dari 3 kartu.
  7. Giliran selesai

 

Bagaimana menurut kalian? Apakah cukup menarik? Memang rasanya cara memainkannya lebih rumit daripada Moekana, tetapi sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar kanji dasar tetapi selama ini merasa bosan atau kesusahan belajar dari kamus.

Untuk yang masih kurang paham dengan cara mainnya, silahkan bertanya di bagian komen.

 

Sorry. No data so far.