Index, Induk Perusahaan ATLUS Terancam Bangkrut

June 27, 2013 5:25 pm
Index, Induk Perusahaan ATLUS Terancam Bangkrut

Kabar tak mengenakkan dari Index, induk perusahaan ATLUS, studio game jepang yang terkenal dengan game-game RPGnya, terutama seri Shin Megami Tensei.

Pada tahun 2010 yang lalu Index holdings mengumumkan bahwa ATLUS CO., Ltd. menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Index holdings, dan karenanya nama “ATLUS” hanya menjadi sebuah merek. Yang mengejutkan adalah, Index, Perusahaan induk dari ATLUS tersebut baru saja mengajukan permohonan yang terlihat seeperti permohonan pailit atau kebangkrutan. Mereka mengajukan “civil rehabilitation proceeding” untuk memutus kerugian korporasi sebelum menjadi lebih fatal. Secara singkat “civil rehabilitation proceeding” tersebut adalah sebuah reorganisasi, dimana Index akan tetap beroperasi namun dibawah manajemen baru yang terdiri dari manajemen saat ini ditambah dengan kreditor mereka.

Hal ini disebabkan karena Index sedang dibawah pengawasan dikarenakan dugaan kecurangan saham yang mereka lakukan. Masih belum ada kejelasan apakah tindakan tersebut akan memiliki implikasi langsung terhadap masa depan ATLUS dan game-game yang akan mereka buat.

Update:

Press release resmi mengenai pengumuman reorganisasi tersebut. Di bagian bawah salah satu poin penting dari press release tersebut menyatakan bahwa divisi game adalah divisi bisnis Index yang paling diinginkan dan paling fungsional, dan divisi tersebutlah yang secara spesifik direncanakan untuk dikembangkan. Mereka akan mencari dan memilih sponsor sesegera mungkin untuk melakukan transfer bisnis sebelum situasi saat ini memberi dampak buruk lebih banyak terhadap divisi game. Sepertinya mereka memang berniat untuk mencari partner atau menjual divisi game (ATLUS) tersebut.

sumber: Kotaku, blisteredthumbs, neogaf