Toukiden Review

July 3, 2013 8:45 am
Toukiden Review

Pada kesempatan ini, setelah sekitar 25 jam memainkan Toukiden, saya akan mencoba memberikan review saya terhadap game ini. Mohon maaf apabila saya menggunakan banyak istilah saya sendiri, (terutama di bagian penjelasan Mitama), silahkan dibaca, semoga bermanfaat. :3

Toukiden adalah game untuk PS Vita yang dirilis oleh Tecmo Koei Games dan didevelop oleh Omega Force, tim yang sama dengan yang membuat Dynasty Warrior Series, dengan genre yang akhir-akhir ini cukup digemari yaitu monster hunting yang bisa dimainkan beramai-ramai (seperti Monster Hunter dan Soul Sacrifice).

Cerita
Toukiden mengambil setting waktu di Jepang kuno (antah berantah pastinya, tidak sesuai sejarah), di masa dimana para ogre (Oni) berkeliaran yang mengincar para manusia.
Di masa itu terdapat orang-orang yang memiliki kekuatan untuk melawan para oni tersebut, yang dinamakan mononofu.
Ada suatu saat dimana tiba-tiba muncul banyak oni di daratan tersebut, dan di tengah-tengah kekacauan tersebut, para mononofu mengumpulkan orang-orang yang masih bertahan di desa-desa, dan berperang melawan para oni tersebut.
Setelah pertarungan yang berlangsung selama 7 hari dan 7 malam, akhirnya mereka berhasil menjaga perdamaian daratan tersebut, setelah mengalahkan “Oomagadoki”.

8 tahun setelahnya, dimulailah cerita baru tentang pertarungan antara oni dengan mononofu.

2013-07-02-233906
Karakter
Karakter yang digunakan adalah mononofu baru yang bergabung ke desa Utakata. Seperti game hunting lainnya, pemain bisa memilih gender serta kustomisasi karakter.

  2013-07-01-163829 2013-07-01-163809 2013-07-02-233932

Yang bisa dikustomisasi adalah :
– Model Rambut (20 macam model rambut)
– Muka (20 macam muka)
– Suara
– Warna Rambut (disediakan color palette)

toukiden wpn
Dan juga dari awal sudah disediakan pilihan untuk memilih salah satu dari 6 macam senjata, yang bebas diganti sewaktu-waktu :
– Long Sword
– Dual Sword
– Bow
– Gauntlet
– Chain & Sickle
– Lance

NPC Character
Karakter lain yang bisa dibawa menemani dalam quest ada 3 orang, dari total 6 orang yang bisa dipilih (yang akan diunlock sesuai dengan progress cerita), dengan senjata dan mitama masing-masing:

130630_chara_ouka 130630_chara_nagi 130630_chara_ibuki 130630_chara_hayatori 130630_chara_hatsuho 130630_chara_fugaku

– Ouka : Long Sword
– Ibuki : Lance
– Hatsuho : Chain & Sickle
– Fugaku : Gauntlet
– Nagi : Bow
– Hayatori : Dual Sword

Gameplay
Sama seperti game hunting lainnya juga, intinya selain dari cerita adalah pengumpulan bahan untuk membuat armor dan senjata, serta upgrade senjata.

2013-07-02-234156

  • Senjata : bisa diupgrade sampai +9, dengan cara mengupgradenya di blacksmith. Upgrade eqp seluruhnya gratis, tetapi berdasarkan exp dari senjatatersebut. Contoh : Sword A, harus digunakan sampai exp max, baru ke blacksmith untuk diupgrade sampai +1. Bar exp kosong kembali, gunakan lagi sampai full, lalu naikkan ke +2 dst sampai +9. Selain diupgrade, bisa juga ditempa kembali menjadi senjata yang lebih bagus, tetapi seperti biasa pada awalnya kemungkinan besar tidak memiliki bahan yang cukup untuk diubah.
  • Armor : sama seperti senjata, bisa diupgrade sampai +9. Berbeda dengan monster hunter, armor skill baru dapat terbuka apabila satu set armor digunakan. satu set armor akan membuka satu skill.

2013-07-01-231534
Jadi, bagaimana dengan skill lain? untuk itu ada yang dinamakan “Mitama

ss (2013-07-03 at 12.04.21)

Mitama adalah semacam jiwa dari para pahlawan jaman dahulu yang dimakan oleh oni dan diselamatkan oleh para mononofu, sehingga tinggal di badan mononofu tersebut. Ada sekitar 200 mitama yang dapat dikumpulkan, dan masing-masing Mitama tersebut bermulai dari lvl 1, dan hanya memiliki 1 skill. Sama seperti senjata dan armor, level mereka harus dinaikkan di sebuah toko di desa.

2013-07-02-234249
Bedanya adalah untuk mengisi exp bar mereka dapat digunakan uang (atau currency dalam game ini disebut Haku), setiap 1 level akan mendapatkan 1 skill. 1 mitama maksimal memiliki 3 skill aktif, apabila ada skill baru yang didapat, skill lama harus dilupakan (ibarat jurus pokemon atau persona), tetapi jangan khawatir, misalkan anda salah memilih skill, diberikan opsi untuk resetlvl mitama menjadi lvl.1. Max lvl mitama, tergantung dari progress cerita dan quest, awal2 maksimal lvl 3, lalu naek ke lvl. 5, dst.

2013-07-01-231456
Mitama harus diequip ke senjata, maksimal Mitama yang bisa diequip adalah 3 per senjata (tergantung slot senjata ada berapa). Awalnya semua senjata hanya memiliki 1 slot mitama, setelah diupgrade akan bertambah jumlah slotnya (tetapi tidak berlaku untuk senjata awal, hanya ada satu slot untuk Mitama). Bila menggunakan kombinasi Mitama yang tepat, maka akan mendapatkan satu skill tambahan juga.

Selain berguna untuk skill, Mitama juga digunakan untuk digunakan di battle, yang dinamakan Tamafuri, yaitu menggunakan kekuatan Mitama untuk membantu kita di dalam battle (berfungsi seperti item). Digunakan dengan memakai tombol R + salah satu dari keempat tombol. (seperti bisa dilihat di atas)

ss (2013-07-03 at 12.07.19)

Tipe Mitama ada 8 :
– Kou (warna merah gelap) : Berfokus untuk meningkatkan attack, antara lain seperti Atk Up, HP Drain, Heal dan All Critical. Pada saat menggunakan mitama ini, stamina akan lebih cepat terisi pada saat sedang akan menggunakan Tamafuri (tahan tombol R).
– Hou (warna coklat) : Berfokus untuk meningkatkan defense, antara lain seperti Defense Up, Def Gauge Up, Heal dan Invincibility. Pada saatmenggunakan mitama ini, saat menggunakan Tamafuri, akan ada def gauge yang dibuild-up dan berfungsi sebagai shield untuk menahan serangan lawan, sebelum akhirnya tembus ke life gauge.
– Yu (warna biru terang) : Berfokus untuk healing, seperti Stamina recovery up, HP Regen Area, Heal, All Heal & Revive. Pada saat menggunakan mitama ini, bisa menyembuhkan status ailment para member lain dan juga meningkatkan heal amount.
– On (warna ungu) : Berfokus untuk menyerang musuh dari belakang/ mencegah deteksi, seperti Def Down, Invisible, Heal dan Shock Trap. Pada saat menggunakan mitama ini, akan meningkatkan critical hit pada saat menyerang dari belakang musuh.
– Jin (warna hijau) : Berfokus untuk peningkatan speed, seperti Speed Up, Shield, Heal, Atk Up. Pada saat menggunakan mitama ini, konsumsi stamina untuk segala jenis aktivitas akan lebih hemat.
– Kon (warna putih) : Berfokus untuk menggunakan kekuatan mitama untuk menyerang langsung, yang keseluruhan serangannya akan lebih kuat padasaat persiapan menggunakan Tamafuri. pada saat gaugenya full, skill yang dikeluarkan akan lebih kuat.
– Kuu (warna biru gelap) : Berfokus untuk manipulasi ruang. Belum pernah saya dapatkan jadinya juga tak tahu kegunaannya apa D:.
– To (Warna merah terang) : Berfokus pada luck, seperti Random Tamafuri, menaikkan atau menurunkan atk& def berdasarkan omikuji, heal, random  replenish Tamafuri. Pada saat menggunakan tamafuri ini, setiap berhasil melakukan Onibarai (carving), akan ada satu tamafuri random yang terisi kembali.

Kekuatan Mononofu

ss (2013-07-03 at 12.09.01)
Onichigiri : Kekuatan khusus para mononofu, dengan menggunakan kekuatan oni yang terpendam di dalam tubuh mereka, dengan satu serangan dapat memotong secara instan bagian tubuh dari Oni. Dapat dikeluarkan pada saat gauge di kiri atas full, dengan menekan segitiga dan bulat secara bersamaan.

ss (2013-07-03 at 12.09.31)
Onibarai : Kemampuan untuk mempurifikasi bagian tubuh dari oni yang telah terpotong untuk dihilangkan dari dunia ini, sehingga tidak bisa diregenerasi lagi. dapat dilakukan dengan menahan tombol R.

ss (2013-07-03 at 12.09.51)
Oni no Me : Kekuatan untuk melihat kebenaran, dengan mempertajam indera, mereka dapat melihat kekuatan jiwa dari oni tersebut. Selain itu juga dapat digunakan untuk melihat part mana yang akan putus. Dilakukan dengan menekan tombol select.

Battle System
Untuk mengalahkan oni, yang diperlukan adalah menghabiskan kekuatan jiwa mereka. Pada saat normal state, semua serangan hanya akan masuk ke fisik mereka. Selama mereka masih memiliki kekuatan jiwa, maka mereka tetap bisa terus bertarung.
Untuk itu, player perlu memotong part dari oni agar serangan mereka dapat tembus ke kekuatan jiwa oni tersebut. Part yang sudah terpotong, dapatditarik kembali oleh para oni, dan berakibat part tersebut akan regenerasi pada kekuatan penuh.
Hal ini dapat dicegah dengan Onibarai, sehingga kita akan mendapatkan loot berupa part tersebut dan juga mencegah para oni menarik kembali part tersebut.

Controls :
L : Reset kamera
L ditahan : Lock-on Monster
R ditahan : Tamafuri stance / Onibarai
R + analog kiri : lari
R + salah satu dari keempat tombol : menggunakan Tamafuri
D-pad : atur kamera
Analog Kiri : Berjalan
Analog Kanan : atur kamera
Select : Oni no Me
Start : Menu
Kotak : serangan lemah
Segitiga : serangan kuat
X : menghindar
O : jurus spesial (menggunakan stamina), berbeda tergantung senjata
O + Segitiga : Onichigiri

Ad-hoc / Online play

2013-07-01-164439
Untuk adhoc/ online play, dapat mengakses batu warna hijau besar yang terletak di rumah atau di depan markas. karena game ini dirilis untuk Vita dan PSP maka adhocnya juga bisa cross antara PSP dan Vita, sedangkan online play hanya terbatas untuk vita. Yang paling penting adalah online playnya tidak menggunakan online pass.

Misc
Selain mengumpulkan part dari melawan monster, sebagian part juga bisa dibeli di toko kelontong di desa, dan di sana juga kita bisa membeli tiket yang bisa digunakan untuk masuk ke pemandian, yang bisa memberikan kita skill sementara untuk satu quest.

2013-07-02-234239
Selain itu juga, kita bisa bertemu dengan para NPC lain di pemandian, dan meningkatkan hubungan kita dengan mereka.

  2013-07-02-221224 2013-07-02-172731 2013-07-01-002551
Cara lain untuk mendapatkan item adalah dengan mengirimkan binatang (tenko)yang ada di rumah kita untuk mencari item, atau dengan menyumbang di pohon suci.

2013-07-02-234217
Untuk segi musik dan cerita, saya cukup menyukainya. Grafiknya juga cukup indah, dengan latar tempat yang menawan. Battlenya sendiri cukup fast-paced, dan mungkin cukup mudah untuk pemula, karena beberapa kemudahan yang diberikan seperti :

– NPC character sendiri cukup berguna, dan kekuatannya mungkin menyamai karakter utama, meski pada saat sudah cukup jauh, saya mulai merasakan kekuatan mereka agak melemah dibandingkan sebelumnya (karena musuhnya bertambah kuat)
– NPC membantu dalam Onibarai, sehingga tidak perlu repot-repot melakukan Onibarai sendirian terus menerus.
– Pada saat down, masih bisa dihidupkan oleh NPC/ Player lain (Seperti di God Eater). Quest fail apabila 3x mati total (tidak dihidupkan oleh NPC/player lain).
– Ada list onidan juga list barang-barang yang didrop oleh mereka.
– Oni tidak pernah lari ke map lain apabila sudah bertemu dengan player.

Sekian review dari saya, secara pribadi saya cukup menyukai game ini, terutama karena penantian menunggu Monster Hunter yang tak kunjung datang di PS Vita, dapat terpuaskan dengan adanya Toukiden. Game ini sendiri akan dilokalisasi ke barat pada Q4 2013, tetapi tanggal pastinya belum diumumkan. Apabila ada yang tertarik untuk mencoba, demo game ini ada di reg. Jpn PSN, selamat mencoba!

Sumber Gambar : Toukiden Official Website, Personal Screenshot