Wawancara Mino Taro dan Uchida Akari Mengenai New Love Plus+

July 16, 2013 7:59 am
Wawancara Mino Taro dan Uchida Akari Mengenai New Love Plus+

New Love plus+ adalah sekuel baru dari seri Love Plus yang nantinya akan dirilis di 3DS. Bagi yang belum tahu, Love Plus adalah sebuah game dating simulation yang cukup unik karena setelah menamatkan cerita utama, pemain tetap dapat berinteraksi dengan para gadis yang sudah dijadikan pacar, baik secara real time ataupun secara in-game time. Seri Love Plus sendiri ada 2 sampai saat ini yaitu Love Plus di Nintendo DS dan New Love Plus di 3DS. Setelah sekitar kurang lebih 1,5 tahun dari seri terakhirnya, akhirnya diumumkan tentang pembuatan dari seri terbaru Love Plus yaitu New Love Plus+.

LP00

Uchida Akari dan Mino Taro

Pada kesempatan kali ini, Famitsu melakukan wawancara terhadap Uchida Akari, senior producer yang bertanggung jawab atas pengembangan seri ini. Selain Love Plus, beliau juga pernah menangani serial dating simulation lain dari Konami seperti Tokimeki Memorial Girl’s Side.

Mino Taro, desainer karakter Love Plus dan ilustrator untuk event graphic di dalam game juga turut diwawancara oleh Famitsu.

Seperti apa isi interviewnya? Silahkan disimak!

——————–

●Bukan hanya “+”, tetapi juga penekanan pada perubahan secara keseluruhan dan juga kemudahan bermain

 

— Sudah sekitar 1,5 tahun dari seri terakhir Love Plus yaitu New Love Plus. Kali ini, akan seperti apakah seri baru ini?

Uchida Akari (Uchida): Seperti judulnya yaitu Love Plus, ditambah dengan NEW dan juga “+”, kami akan membuatnya menjadi lebih mudah dan lebih menarik untuk dimainkan daripada sebelumnya.
Mino Taro (Mino): Fokus cerita tetap kepada tiga karakter yaitu Manaka, Rinko, dan Nene dengan lokasi di Towa no Shi (Kota Abadi). Pada dasarnya lokasi, waktu, dan karakter yang muncul akan tetap sama seperti seri-seri sebelumnya.

— Jadi, apa yang menjadi “+” dari seri sebelumnya?

Mino: Saat ini untuk bagian yang saya kerjakan yaitu 2D event graphic, saya sedang menantang diri saya untuk mengerjakan model ilustrasi yang baru. Untuk lebih jelasnya belum bisa saya sebutkan tetapi mirip dengan model yang sedang dikembangkan.

— Di semua seri sebelumnya, ada “dream event” yang didapat dengan cara menyentuh dan menggerakkan layar. Jadi apa yang berubah sekarang?

Mino:Yang pasti akan berbeda dengan “dream event” yang sudah ada sampai saat ini.
Uchida: Bukan hanya “+”, tetapi ada juga bagian yang “-” seperti kembali ke nol. Karena adanya penerapan sistem dan tampilan yang baru di seri sebelumnya, ada beberapa keluhan seperti menjadi agak susah untuk dimainkan. Bagian-bagian tersebut secara keseluruhan diperbaiki.

— Di dalam bagian-bagian yang diperbaiki, apa yang merupakan perubahan besar?

Uchida: Yang dulu harus dipegang secara horizontal dan vertikal, sekarang diubah hanya tinggal vertikal saja.
Mino: Meskipun dalam pembuatannya lebih merepotkan, tetapi karena lebih banyak yang suka secara vertikal, maka kami mencoba untuk menjawab ekspektasi mereka.
Uchida: Selain itu, kami fokus untuk memperbagus sistem dan hal-hal yang lainnya yang sudah ada.

— Mengapa memperbaiki sistem yang sudah ada lebih sulit dibandingkan dengan membuat yang baru?

Mino: Yang pasti, desain antarmuka penggunanya cukup sulit. Selain membuat orang menganggap “seperti inilah Love Plus seharusnya”, kami juga berusaha untuk merubah desainnya agar lebih bagus lagi.
Uchida: Selain itu, tambahan skenario yang banyak sekali untuk skenario masing-masing ketiga karakter utama.

 

Yukino Akira

— Saat ini, di game GREE “Love Plus Collection” terdapat karakter “pacar” yang keempat yaitu Yukino Akira. Apakah ia juga akan muncul di seri terbaru ini?

Uchida: Untuk orang-orang yang menanti-nantikannya, yang bisa saya katakan hanya ia akan muncul di seri ini tetapi bukan sebagai salah satu pacar.
Mino: Bagi kami, seri utama Love Plus adalah Manaka, Nene, dan Rinko sampai penghabisan. Jika Akira juga dimasukkan sebagai “pacar”, sudah seharusnya ada karakter baru yang lain dan mereka bertiga menjadi karakter utama di seri kedua. Untuk yang ingin kencan dengan Akira dapat memainkan Love Plus Collection.

 

Tema kali ini adalah “wisata sekolah(?)”. Perkembangan apa yang akan terjadi disana?

LP01

LP02

LP03

— 3 ilustrasi di atas adalah yang sudah dikeluarkan saat ini. Apa maksud dari gambar-gambar tersebut?

Uchida: Apa ya? (tertawa)
Mino: Seakan-akan sesuatu yang misterius tetapi sebenarnya gambar-gambar ini merupakan gambar yang memang dipersiapkan untuk pengumuman kali ini.

— Situasi di dalam tiga ilustrasi ini seakan-akan tidak ada hubungannya sama sekali

Uchida: Seperti terpencar di waktu yang berbeda? Memang sengaja dibuat seperti itu tetapi ini adalah faktor baru yang akan kami ungkapkan disini.

— Seperti di Love Plus+, apakah akan ada lagi event bepergian ke suatu tempat yang jauh?

Uchida:  Ya, akan ada meskipun akan dikejar-kejar waktu. Dari dulu saya selalu terpikir untuk membuat event semacam wisata sekolah di dalam game.

— Tetapi bukan wisata sekolah yang sesungguhnya?

Uchida: Jika kita berbicara mengenai wisata sekolah di kehidupan sekolah, keberadaannya yang besar itu kira-kira sebanyak 10 lembar dari masa muda kita, bukan? Tetapi kenyataannya, ketiga perempuan tersebut semuanya berbeda tingkatan. Contohnya Nene yang harus dibuat turun kelas atau tidak naik kelas. Hal ini tidak bisa kami lakukan. Karena itu sebagai gantinya, kali ini kami mengimplementasikan sistem baru.
Mino: Untuk detilnya belum bisa diumumkan. Bukan wisata sekolah sesungguhnya tetapi saya pikir sebuah gambaran seperti wisata sekolah.
Uchida:
Sebenarnya masih banyak faktor baru lainnya yang sedang saya pikirkan, tetapi saat ini “wisata sekolah(?) sudah memakan banyak waktu sehingga saya akan mengumpulkan lebih banyak lagi materi lain untuk publikasi selanjutnya.

— Apakah terpikira kira-kira kapan akan mulai dijual?

Uchida: Saya pikir rasanya baik untuk dijual setelah cuaca dingin telah lewat tetapi sebelum terlalu hangat. Kali ini saya akan berusaha agar tidak terlalu lama.

— Sebagai penutup, bisa beritahukan ke fans, apa yang patut dinanti-nantikan?

Uchida: Pertama-tama, untuk para pemain yang memainkan seri ini agar berpikir “ini menarik sekali ya”. Secara pribadi, saya ingin merasakan kembali pengembangan bersama-sama dengan saran dari pelanggan yang saya sangat rasakan saat pengembangan Love Plus+. Sistem seperti jalan-jalan dan karakter lokal suatu daerah yang bisa dinikmati oleh semua orang di satu negara secara bersama-sama membuat kami melakukan sesuatu untuk menjawab ekspektasi tersebut. Sekarang ini, dengan menggunakan jejaring sosial, para pemain bisa ikut memberikan masukan dalam pengembangan secara real time, misalnya seperti semua orang bisa melakukan countdown secara bersama-sama dengan meriah.
Mino:
Saya ingin membuat suatu karya dimana para pembeli merasakan bahwa mereka bersyukur telah membeli karya ini. Maka dari itu, kali ini selain bagian yang saya tangani, saya juga ikut berpartisipasi dalam bagian lain. Ini merupakan karya berharga yang pengembangannya melibatkan saya dari awal sehingga saya berusaha untuk mengantarkan hasil yang baik kepada para pemain. Judul ini adalah judul sorotan dari Love Plus Production, sehingga saya akan berusaha dengan seluruh tenaga untuk mengembangkannya, Jadi saya mohon agar kalian menantikan game ini.

Sumber : Famitsu