Manga Of The Week: RiN

July 23, 2013 5:53 pm
Manga Of The Week: RiN

RiN, manga tentang ambisi seorang pemuda untuk menjadi mangaka yang dibuat oleh Harold Sakuishi.

Setelah sebelumnya membuat manga BECK yang menceritakan perjalanan sebuah grup band, kali ini pengarang dengan nama asli Takahiro Sakuishi memulai serialisasi baru, manga berjudul RiN yang mulai diserialisasikan tahun 2012 lalu dan hingga saat ini baru ada 8 chapter cerita. Jika di manga sebelumnya harold sakuishi memperlihatkan perjuangan tokoh utama dan kawan-kawannya menjadi rock star, di manga ini pembaca akan melihat perjuangan seorang mangaka meniti karir

“Is this will be another Bakuman?” mungkin ada diantara kalian yang akan berpikir seperti itu ketika mulai membaca manga tentang mangaka, tapi jangan salah, karena this is totally not a bakuman rip-off, tapi juga gak seaneh moero pen.

Norito Fushimi, murid SMA yang biasa-biasa saja, tidak ada hal yang spesial dari dirinya, kecuali satu hal, dia begitu menyukai manga dan selalu mendapati dirinya sedang membaca ataupun menggambar manga, keinginannya? Menjadi seorang mangaka. Karena keinginannya tersebut Fushimi dengan penuh semangat mendatangi Taurus, sebuah perusahaan penerbitan favoritnya dengan harapan manga buatannya dapat diterbitkan di majalah mereka. Namun setelah editor penerbit tersebut melihat naskah manga buatan Fushimi bukan tawaran penerbitan atau bahkan secerah harapan, melainkan hantaman keras kata-kata dari sang editor “Mungkin lebih baik berhenti (mencoba jadi mangaka)”. Meskipun demikian Fushimi tidak menyerah, sekembalinya dari kantor penerbit tersebut dirinya bertekad untuk tetap fokus dan berusaha menjadi mangaka profesional, kembali ke awal dan mempelajari semua dasar manga.

rin manga 3

Harold Sakuishi tampaknya tidak ingin manga ini hanya menceritakan ambisi seorang pemuda untuk menjadi mangaka, karena dia menambahkan satu unsur lain kedalam RiN yaitu, misteri supranatural. Ishidou Rin, seorang murid SMA yang bekerja sebagai model di suatu agensi. Rin memiliki kemampuan unik yaitu kemampuan psikis, dia dapat melihat masa depan dan juga melihat arwah orang yang sudah meninggal. Seorang mangaka dan seorang model berkemampuan psikis, apa yang akan terjadi ketika kedua orang tersebut bertemu, inilah awal mula cerita RiN.

Setelah berlatih dan berlatih selama liburan musim panasnya, Fushimi akhirnya berhasil. Naskah manga buatannya berhasil mendapat penghargaan pada lomba ‘Sawamura Eichi Award’ yang diadakan majalah Taurus dan pada saat malam penghargaan lomba tersebut dirinya bertemu dengan pria yang akan menjadi saingannya di dunia manga, Taki Kaito, pemenang penghargaan utama pada lomba tersebut.


Rin, Fushimi dan Taki

Sama halnya dengan Beck dimana tokoh utama mendapat ‘penghilatan masa depan’ mengenai karir yang sedang ditekuninya. Di RiN, sang gadis berkekuatan psikis, Rin mengatakan bahwa kelak di suatu hari Fushimi dan Taki akan membuat manga bertema sama dengan ‘TORUS’, judul manga yang dibuat oleh Sawamura Eichi sesaat sebelum meninggal. Sawamura Eichi merupakan seorang mangaka hebat di penerbit Taurus, sebegitu hebatnya hingga namanya diabadikan sebagai penghargaan lomba.

rin cover

Bila kalian menyukai manga yang menceritakan tentang mangaka, dengan sedikit bumbu misteri dan sedikit lebih dewasa dari Bakuman, Rin bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kalian baca.