Kepala Editor Majalah Manga Dewasa Ditahan

July 26, 2013 9:46 pm
Kepala Editor Majalah Manga Dewasa Ditahan

Akira Ota, Kepala Editor Core Magazine, majalah manga dewasa ditahan polisi pada hari kamis.

Departemen polisi kota Tokyo dan kepolisian Tomisaka melaporkan bahwa mereka telah menahan Akira Ota, 55 Tahun, yang merupakan kepala departemen editor penerbitan Core Magazine dan dua orang lainnya dengan tuduhan membawa dan menjual majalah manga cabul yang berisikan adegan dewasa dan seks tanpa sensor yang cukup.

Ketika dikenakan tuduhan tersebut Akira Ota dan satu orang lainnya membantah pernyataan tersebut “Kami tidak berpikir majalah tersebut cabul!” Satu orang lainnya dilaporkan menerima tuduhan tersebut.

Ketiga tersangka dituduh menjual 24500 kopi majalah manga Comic Mega Store yang didalamnya terdapat adegan seks pria dan wanita bulan maret yang lalu. Mereka juga dikenai tuduhan menjual sekitar 36000 kopi Nyan 2 Club, majalah yang berisikan foto-foto dewasa oleh pembacanya. Kedua majalah telah ditandai dengan label 18+

Kedua majalah tersebut menggukan sensor mosaic minimal di beberapa area, tapi kepolisian Tomisaka mengatakan bahwa mereka telah memperingati secara verbal staff majalah tersebut bahwa kedua majalah tersebut tetap bisa dianggap tidak pantas. Jiji Press melaporkan bahwa Core Magazine mendapatkan keuntungan sekitar 17 Juta Yen dari penjualan setiap bulannya.

megastore

Core Magazine menyatakan tidak dapat memberikan komentar saat ini. Jin Toriyama, sutradara dan penulis novel dewasa pada April lalu melaporkan bahwa Comic Mega Store akan dihentikan untuk waktu yang tidak dapat ditentukan dikarenakan investigasi polisi, begitu juga dengan majalah Nyan 2 Club.

Negara Jepang memang tidak melarang penjualan film ataupun majalah dewasa, namun ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah penerapan sensor pada area tertentu.

sumber: JijiPress via ANN