Wonder Festival 2013 Summer

July 28, 2013 10:53 am
Wonder Festival 2013 Summer

Beberapa hari yang lalu dan kedepannya kalian pasti akan melihat banyak foto figure-figure baru dari Wonder Festival atau yang biasa disingkat WonderFest bertebaran di Internet, mungkin banyak diantara kalian yang jadi penasaran, sebenarnya apa sih WonderFest itu? Jurnal Otaku bakal tulis sedikit latar belakang event satu ini.

Pertama kali diadakan tahun 1984 oleh Kaiyodo, Wonder Festival merupakan event yang diadakan dua kali setahun, sama seperti comiket (comic market), pada musim panas dan musim dingin. Bisa dibilang wonderfest merupakan event doujinnya para sculptures, pembuat garage kits, statue, figure, pernak pernik yang berhubungan dengan anime dan game. Sama seperti buku doujin yang jumlahnya terbatas, garage kit yang dijual di wonderfest oleh para scluptures juga memiliki jumlah yang terbatas.

Selain itu yang membedakan lagi dengan doujin-doujin di comiket, semua garage kits yang dibuat untuk diperjual belikan pada WonderFest harus memperoleh ijin terlebih dahulu dari pemegang hak cipta. Berbeda dengan comiket yang sedikit lebih bebas mengenai permasalah hak cipta.

Namun sama seperti comiket, seiring perkembangan industri anime semakin banyak perusahaan besar yang memanfaatkan WonderFest sebagai ajang untuk showoff produk-produk baru yang akan segera mereka rilis, dan juga tidak sedikit yang menjual figure limited pada saat WonderFest berlangsung.

Wonder Festival 2013 Summer kembali diadakan pada hari ini, tanggal 28 Juli 2013, penasaran figure apa saja yang akan muncul? Ikuti berita Wonder Festival 2013 di Jurnal Otaku.

sumber: Wonder Festival Website, foto: dannychoo.com

Sorry. No data so far.