Complete Review : Love Live! School Idol Festival

August 8, 2013 10:48 am
Complete Review : Love Live! School Idol Festival

Apa itu Lovelive! School Idol Festival ?

Love Live! School Idol Festival adalah smartphone game tentang Love Live! School Idol Project, yang dibuat oleh Bushimo, dengan genre Rhythm Action & Adventure, dan juga gratis, tetapi tetap memerlukan uang untuk membeli Loveca Stone yang dipergunakan untuk mengisi energi, dan lain-lain.

00

Game Love Live! School Idol Festival ini keluar lebih dahulu di iOS, dan baru setelah beberapa bulan dirilis untuk Android, dan dapat didownload di Japanese Store masing-masing device.

36 37Game ini sendiri terdiri dari 2 bagian, yaitu:

  • Story Part :  player dapat membaca cerita-cerita tambahan terkait para member School Idol μ’s (dibaca muse).  Story akan terbuka seiring dengan naiknya level para pemain, dan akan diupdate secara berkala setiap bulannya. Selain main story, juga terdapat side story dari masing-masing karakter dan juga para karakter-karakter tambahan di dalam game, yang dibuka dengan cara menaikkan kizuna (bond) masing-masing kartu sampai maksimum.
  • Live Part : inti dari game ini, yaitu rhythm game, player harus membuat unit yang terdiri atas 9 orang pilihan, yang dengan semakin kuatnya para member dapat meningkatkan high score player (tentunya juga dipengaruhi dengan skill bermain para player). Jumlah lagunya sendiri ada cukup banyak, saat ini sudah terdiri dari 17 lagu utama, 4 lagu spesial yang digilir kemunculannya tergantung hari, dan juga beberapa lagu khusus untuk event. Lagu-lagunya semua diambil dari album μ’s yang sudah dikeluarkan sampai saat ini.

Jadi, itulah sedikit gambaran tentang game ini, dan pada kesempatan ini, saya akan mengupas satu persatu tentang game ini, dan juga menginformasikan segala sesuatu yang perlu diketahui tentang game ini (sejauh yang saya tahu). Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat bersama (review ini dibuat berdasarkan versi iOS).02

Home Screen

Beginilah tampilan dari home screen setelah melewati Title Screen, kalian akan disambut dengan member yang dijadikan center (biasanya tentu saja member favorit, yang dalam hal ini adalah Honoka untuk saya :3), dan member tersebut akan sekaligus menjadi navigator kalian setiap kali memilih menu-menu selain Live.

  1. EXP : menunjukkan jumlah experience points yang dibutuhkan untuk naik Rank, dan juga experience points yang ada saat ini. Dengan menaikkan Rank, LP akan terisi penuh, dan juga ada efek-efek lain seperti meningkatkan maksimum LP, maksimum friend yang bisa ditampung, dan juga membuka story baru yang akan berujung dengan terbukanya lagu-lagu baru.
  2. LP : Live Points, yaitu poin yang dibutuhkan untuk bermain. 1 poin akan terisi kembali setiap 6 menit (dengan kata lain, dalam 1 jam akan terisi 10 poin). Poin yang dibutuhkan untuk bermain sebuah lagu bervariatif, tergantung dari tingkat kesulitan, mulai dari yang terendah 4 LP, sampai dengan yang tertinggi untuk saat ini adalah 25 LP.
  3. LP Replenish : Tombol untuk mengisi LP. dengan menggunakan 1 Loveca Stone, LP dapat terisi sampai full.
  4. Rank :Menunjukkan Rank saat ini.
  5. Menunjukkan jumlah gold yang dimiliki saat ini. Gold dibutuhkan untuk meningkatkan level para member.
  6. Menunjukkan jumlah LCS (Loveca Stone) yang dimiliki saat ini.  LCS bisa dibeli, dan juga bisa didapatkan di dalam game dengan beberapa cara, seperti :
    • menaikkan Kizuna (Bonds) dari masing-masing member yang sudah digabungkan sampai max. Melakukan hal tersebut akan membuka side story dari member tersebut, dan setelah membaca side story tersebut, player akan mendapatkan 20.000 G dan 1 LCS.
    • dengan mencapai kondisi tertentu pada saat memainkan sebuah lagu, player juga akan mendapatkan bonus-bonus seperti Gold atau LCS (bisa dicek setiap memilih lagu).
    • dengan mengikuti event dan mencapai poin tertentu.
    • pada hari ulang tahun para member μ’s, semua player akan mendapatkan 5 LCS.
    • sebagai kompensasi maintenance tiba-tiba dan tak terjadwal (biasanya 3 LCS).
    • dan perayaan-perayaan lainnya.
  7. Present History : Tempat untuk mengambil present, baik itu dari hasil login harian, maintenance tiba-tiba, ulang tahun member, atau pada saat mendapatkan member tetapi slot untuk penampungan tidak muat, maka akan masuk ke sini.
  8. New Information :Untuk melihat berita tentang teman-teman, seperti sejauh apa progress teman-teman kita, apa kartu SR dan UR yang mereka dapatkan, dan juga digunakan untuk melihat mail dari teman-teman kita.
  9. Friend : Digunakan untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan teman, baik itu melihat list teman, list teman-teman yang masih menunggu untuk diaccept friend requestnya, dan sebaliknya.
  10. Objective : Untuk melihat tujuan selanjutnya yang perlu dicapai untuk membuka lagu-lagu baru.
  11. Event : Event yang sedang berlangsung akan muncul di sini, dan akan membawa ke layar event.
  12. Member yang dijadikan center dari main unit akan muncul di sini, dan juga akan mengeluarkan sebaris perkataan yang menjelaskan keadaan, ataupun perkataan-perkataan acak. Dengan menyentuh member ini juga akan membuat mereka berkata hal-hal lain, seperti misalnya “hentikan!” dan lain-lain (apabila terlalu sering disentuh :3)
  13. Home : Menekan tombol ini akan menampilkan home screen seperti di atas.
  14. Story : akan masuk ke menu cerita
  15. Club Member : akan masuk ke menu Club Member
  16. Live : akan masuk ke menu Live
  17. Invite : akan masuk ke menu Invite
  18. Shop : akan masuk ke menu Shop
  19. Others : akan masuk ke menu Others

Sebelum masuk lebih jauh ke masing-masing menu, yang pertama perlu diperhatikan adalah keterangan dasar member, yang dapat dilihat sebagai berikut :

07Member Information Screen

  1. Menunjukkan peringkat kartu member. terbagi atas beberapa tingkatan, yaitu :
    • N (Normal */**) : para member-member selain member μ’s, yang didapatkan dengan mudah, dari menyelesaikan lagu, atau invite member menggunakan friend point. Member-member ini juga tidak memiliki skill, sehingga kegunaan utamanya nantinya adalah untuk dikorbankan untuk menaikkan level dari para member utama. Maksimum level untuk * adalah 30 dan ** adalah 40.
    • R (Rare ***/****) : para member μ’s, yang kadang bisa didapatkan dari normal member invite menggunakan friend point, tetapi agak jarang. Illustrasi yang dipergunakan untuk kartu-kartu ini merupakan illustrasi standar masing-masing member yang sering digunakan di official website atau di majalah-majalah.berbeda dengan yang normal, kartu rare masing-masing sudah memiliki skill. Maksimum level untuk *** adalah 40 dan **** adalah 60.
    • SR ( Super Rare *****/******) : para member μ’s,  yang bisa didapatkan dari hadiah event, atau dengan menggunakan special member invite menggunakan LCS. Selain itu juga, biasanya didapatkan dari kode yang diberikan sebagai bonus tie-up produk, seperti majalah G’s, buku guide Lovelive! School Idol Festival, bonus dari membeli booster pack kartu Weiss Schwarz Lovelive!, dan sebagainya. Illustrasi yang digunakan biasanya adalah gambar-gambar baru yang digambar khusus untuk game ini, atau sebagian gambar yang pernah dimuat di majalah. Maksimum level untuk ***** adalah 60 dan ****** adalah 80.
    • UR (Ultra Rare *******/********) : para member μ’s yang bisa didapatkan hanya dari special member invite menggunakan LCS, dan juga dari kode yang terdapat pada masing-masing BD dari anime Lovelive! School Idol Project. Illustrasi yang dipergunakan juga gambar-gambar baru khusus untuk game ini, sedangkan untuk UR dari BD menggunakan illustrasi dari cover depan masing-masing BD. Maksimum level untuk ******* adalah 80 dan ****** adalah 100.
  2. Menunjukkan nama dan tipe member. Ada 3 tipe yaitu : Smile (warna Merah), Pure (warna Hijau) dan Cool (warna Biru), sama dengan tipe lagu juga ada 3, sehingga perlu dibuat 3 unit berbeda untuk masing-masing lagu, sehingga skor yang dihasilkan makin tinggi.
  3. Menunjukkan Level, Experience Points dan Kizuna Points. Kizuna dapat dinaikkan dengan cara membawa member tersebut sebagai anggota untuk live, sedangkan level dapat dinaikkan dengan menu latihan.
  4. Menunjukkan poin HP yang dimiliki, dan juga kekuatan member tersebut untuk masing-masing parameter (Smile, Pure dan Cool).
  5. Special Skill : menunjukkan skill yang dimiliki member, dan juga seberapa besar kemungkinan skill itu akan keluar pada saat bermain.
  6. Center Skill : menunjukkan skill yang dimiliki pada saat member tersebut menjadi center, dan pada saat member tersebut dipergunakan oleh orang lain untuk menjadi Guest.
  7. Menjadikan kartu sebagai favorit/ melepas kartu dari favorit.
  8. Menjual Kartu.
  9. Tingkatan Bintang Kartu.
  10. Indikator apakah kartu sudah max kizuna, max level, dan tipe kartu. (Max Kizuna dan Max Level baru akan muncul setelah kartu telah digabungkan)

Penjelasan masing-masing menu :

03Story Screen

Storynya sendiri dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Main Story : Cerita utama yang terbuka seiring dengan progress rank, dan juga akan membuka lagu-lagu baru
  2. Side Story : Cerita sampingan masing-masing member yang terbuka dengan menaikkan level kizuna member. Dengan menyelesaikan masing-masing side story, player mendapatkan 1 LCS dan 20.000 Gold.

04Club Member Screen

  1. Unit Management : digunakan untuk mengatur unit yang akan dipergunakan dalam live.
  2. Training : digunakan untuk meningkatkan level para member.
  3. Special Training : digunakan untuk penggabungan 2 member yang sama untuk dijadikan awakened form.
  4. Change Club : digunakan untuk menjual member untuk dijadikan gold.
  5. Club Member List : digunakan untuk melihat list para member club.

05Unit Management Screen

Pada tampilan ini, player dapat mengatur unit yang diingikan sesukanya. menukar member dilakukan dengan menekan gambar mmber yang ingin diganti.

  1. Main : mengindikasikan unit yang dipilih saat ini merupakan main unityang dijadikan default pada saat memulai permainan.
  2. Center Skill : menuliskan efek dan nama dari center skill member.
  3. Unit Name : menunjukkan nama unit.
  4. Menunjukkan center dari masing-masing unit. Terdapat 5 slot unit yang bisa dibuat.
  5. Formation Change : digunakan untuk mengganti formasi member.
  6. Unit Name Change : digunakan untuk mengganti nama unit.
  7. Auto-Assign : digunakan untuk membuat unit secara otomatis, dapat dipilih mau membuat unit Smile/Pure/Cool, dan akan langsung dibuat secara otomatis untuk tim paling optimal.
  8. Decide as Main : menetapkan unit yang sedang dipilih sebagai main unit.

06Training Screen

Di training screen, sebelumnya player perlu memilih dahulu member yang akan dilatih, baru kemudian akan muncul layar seperti di atas. Untuk menaikkan level, player perlu mengorbankan member-member lain kepada member yang akan dinaikkan levelnya, disertai juga dengan sejumlah gold yang harus dibayar untuk menaikkannya.

  1. Member yang akan dilatih, beserta informasi dasar seperti level, jumlah exp yang dibutuhkan untuk naik level, dan juga parameter Smile, Pure dan Cool.
  2. Training Partner : tempat para member yang akan dikorbankan berada.. ;_; member yang dikorbankan akan hilang dan menjadi exp point untuk member yang akan dilatih… Betapa kejamnya dunia Idol ;_;
    Selain exp, skill level juga dapat ditingkatkan dengan mengorbankan member yang memiliki skill yang sama dengan member yang akan dilatih. Max Skill level adalah lv. 8.
  3. Gold Needed : gold yang dibutuhkan untuk melatih. Semakin tinggi level member yang digunakan sebagai tumbal, semakin tinggi pula jumlah gold yang dibutuhkan. untuk member tumbal lvl 40 akan dibutuhkan sekitar kira-kira 34.000 gold, yang tergolong cukup besar. D:
  4. Current Gold : menunjukkan jumlah gold yang dimiliki saat ini.
  5. Change Partner : digunakan untuk mengubah partner yang akan ditumbal (apabila berubah pikiran).
  6. Start Training : memulai latihan.. Dengan kata lain menghilangkan para partner dan menjadikannya bagian dari member yang akan dilatih. Experience points yang didapat berbeda tergantung dari tipe member yang dikorbankan (tipe yang sama akan menghasilkan experience points yang lebih tinggi), level, dan juga tingkat kesuksesan dari latihan.

11a

Special Training Screen

Menu ini digunakan untuk menggabungkan dua unit yang sama, dan menjadikannya awakened form. Status dan kizuna point dari member yang diatas akan dibawa langsung ke awakened form tersebut, jadi pastikan member yang pertama dipilih memiliki status lebih tinggi daripada yang kedua. Jadi, agar lebih menguntungkan, member yang kedua tidak perlu dinaikkan sama sekali, baik level atau kizuna pointnya, karena tidak akan memberikan pengaruh apapun. Dengan menjadikannya awakened form, keunggulan yang didapat antara lain :

  • Meningkatkan max level dari member tersebut, sekaligus meningkatkan bintangnya.
  • Meningkatkan HP dari member, setelah member dinaikkan satu level dari maksimum level sebelum digabung (contohnya untuk kartu Rare, max level sebelum digabung adalah 40. Pada saat kartu tersebut menjadi awakened form, dan dinaikkan 1 level, kartu tersebut akan naik HPnya sebesar 1)
  • Meningkatkan Max kizuna, dan apabila member ini dipenuhi kizunanya, maka akan terbuka side story karakter tersebut.

12Friend Screen

Menu ini digunakan untuk memanage teman, karena dengan kekuatan persahabatan juga, player akan mendapatkan boost pada saat memilih lagu, tergantung dengan siapa center dari teman yang dipilih.

    1. Friend List : menu yang digunakan untuk melihat list teman- teman yang ada
    2. Friend Request Sent List : menu yang digunakan untuk melihat list calon teman-teman yang masih pending (sudah dikirim request tapi belum ada respon)
    3. Unapproved Friend Request List : menu yang digunakan untuk melihat list calon teman-teman yang masih belum kita berikan jawaban
    4. Search ID : menu yang digunakan untuk mencari teman berdasarkan ID mereka, dan juga melihat ID kita sendiri.

13Friend List Screen – Merah untuk kirim Mail, Biru untuk menghapus friend

14Friend Request Sent List Screen – Merah untuk kirim Mail, Kuning untuk cancel request

15Unapproved Friend Request List Screen – Merah untuk menerima, Ungu untuk menolak

16Search ID Screen : Atas adalah nomor ID player, sedangkan di bawah adalah tempat untuk mengisi ID yang ingin dicari

18Invite Screen

Sumber pendapatan utama dari game ini : Member Invite. Menu ini digunakan untuk invite para member secara random, bisa melalui menggunakan loveca stone atau dengan menggunakan point, yang tentu saja hasil invite dari loveca stone akan lebih bagus daripada menggunakan poin.

  1. Tempat untuk iklan member-member baru, diupdate secara teratur. Saat ini yang diiklankan adalah UR Maki dan Nico, beserta SR Rin, Eli, Honoka dan Umi dengan seragam musim panas, yang apabila digabungkan akan menjadi versi baju renang.
  2. Special Member Invite : digunakan untuk invite para member, menggunakan Loveca Stone, dengan minimal mendapatkan Rare, dan tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan SR dan UR (meski kemungkinannya kecil). Terdapat 2 paket yaitu 1 member untuk 5 LCS, bagi orang yang kurang sabar,  dan 11 member untuk 50 LCS, untuk orang yang sangat penyabar (atau memiliki banyak uang untuk membeli LCS)
  3. Special Invite Bonus : setiap invite 1 member, bintangnya akan terisi 1, sampai penuh maka akan didapatkan 1 LCS gratis.
  4. Get Loveca Stone : tombol yang digunakan untuk membawa ke menu pembelian LCS
  5. Regular Member Invite : digunakan untuk invite para member menggunakan Invite Friendship point, yang didapatkan dari assist teman, atau juga dari menyelesaikan trophy setiap bermain lagu baru. sekali invite 100 point, maksimal sekali tarik 1000 point.

19Shop Screen

Menu yang digunakan untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan LCS

  1. Recover LP : sama fungsinya seperti tombol recover LP di atas kanan.
  2. Get Loveca Stone : fungsinya sama seperti tombol serupa di layar Invite Member.
  3. Increase Member Limit : player dapat menggunakan LCS untuk menambahkan limit member sebesar 3 orang per 1 LCS.

21Others Screen

Menu yang digunakan untuk yang lain-lainnya, antara lain :

  1. Friend : sama fungsinya dengan tombol Friend di layar awal.
  2. Album : digunakan untuk melihat kartu-kartu yang sudah pernah didapatkan, dan dapat juga digunakan untuk melihat kartu mana yang sudah max level dan max kizuna (untuk memudahkan player).
  3. Album Rewards : digunakan untuk mengambil bonus-bonus dari kondisi-kondisi tertentu.
  4. Profile : untuk melihat profile player
  5. Announcement : digunakan untuk melihat pengumuman-pengumuman, dan juga dapat digunakan untuk memasukkan kode kartu bonus dari majalah/BD/lainnya.
  6. Ranking : Untuk melihat ranking global player
  7. Game Settings : digunakan untuk beberapa setting seperti menghilangkan cut-in, dsb.
  8. Sound : digunakan untuk mengatur settingan suara (Voice, Sound Effect, BGM)
  9. Gift List : untuk melihat hadiah yang telah diterima sebelumnya.
  10. Purchase History : untuk melihat rekor pembelian yang telah dilakukan sebelumnya.
  11. Help : untuk menampilkan help
  12. Hint : untuk menampilkan hint, seperti objectives, invite, dan lain-lain

Ada sisa 2 menu lagi di bawah yaitu Privacy Policy dan Support.

22Album Rewards Screen

Berisikan hadiah-hadiah yang dapat diambil, antara lain dengan mengumpulkan berbagai macam member akan meningkatkan jumlah member yang bisa ditampung, sedangkan dengan mengumpulkan awakened member, max kizuna awakened member dan max level awakened member masing-masing akan memberikan player LCS.

23Game Settings Screen

Salah satu menu terpenting pada saat ingin membawa account ke device baru.

  1. Password untuk recover account : Tombol di kiri adalah untuk memunculkan password yang akan diberikan kepada user untuk digunakan untuk recover account di device baru/ untuk carry over save ke device baru. Catat di tempat yang aman. Sedangkan tombol di kanan digunakan untuk memasukkan password yang telah diberikan tersebut.
  2. Untuk mengatur Text Speed : Slow, Normal, Fast
  3. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Live Cut-In, yaitu untuk menonaktifkan tampilan para idol pada saat mengeluarkan skill, sangat membantu untuk memudahkan membaca pattern tanpa tertutup. Dengan menonaktifkan live cut-in, tulisan combo juga akan menjadi transparan.
  4. Menu untuk merubah nama.

24Announcement Screen, scroll ke paling bawah untuk memasukkan serial code

25Profile Page – Menampilkan berapa banyak lagu yang sudah diselesaikan, dan member dengan kizuna point tertinggi

EVENT PAGE

28Di Event screen, dapat dilihat nama event, yang saat ini sedang berlangsung adalah event Tameiki Princess, dengan hadiah SR Eli, dengan periode event mulai dari tanggal 5 Agustus sampai dengan 15 Agustus. Di halaman ini juga player dapat melihat berapa besar jumlah point yang dibutuhkan untuk mendapatkan hadiah selanjutnya, berapa jumlah event point (yang pada event ini adalah batu diamond) yang bisa dipergunakan, serta jumlah point saat ini.

Selain itu juga, tiga tombol di samping kanan, masing-masing menunjukkan penjelasan aturan, Event Ranking dan juga Hadiah Event

38 39Tampilan Ranking

29Tampilan Hadiah Event

Hadiah event ada 3 macam, yaitu yang berdasarkan dengan point event, ranking point event dan ranking score untuk lagu event, masing-masing dengan hadiah yang berbeda.

LIVE PART

08Live Screen – Song Selection

Akhirnya kita sampai kepada Live Part. Setelah semua persiapan selesai, saatnya mulai bermain (akhirnya!). Tampilan di atas menampilkan lagu-lagu di special section

  1. Jumlah Event Point yang dimiliki (Hanya ada pada saat event), yang digunakan untuk memainkan lagu event, sehingga bisa meningkatkan event point yang dipergunakan untuk mendapatkan hadiah-hadiah dari event, seperti Loveca Stone, atau bahkan member SR. Event point didapatkan dari bermain lagu-lagu biasa yang menggunakan LP.
  2. Menampilkan Trophy yang sudah didapatkan untuk lagu yang akan dipilih, mulai dari Score, Max Combo dan Play Count.
  3. Menampilkan tingkat kesulitan yang dipilih.
  4. Menampilkan tipe lagu (Sweet/Pure/Cool)
  5. Pilih tingkat kesulitan lagu.
  6. Menampilkan tingkat kesulitan lagu dan juga point yang dibutuhkan untuk memainkan lagu tersebut.
  7. Menampilkan high score player.
  8. Melihat ranking secara global.

31Guest Selection

Tampilan yang muncul setelah memilih lagu, menampilkan teman kita atau orang lain yang bisa digunakan untuk memberikan boost kepada point kekuatan kita untuk lagu yang akan dimainkan, juga akan memberikan bonus friendship point setelah lagu selesai.

32Unit Selection Screen

Setelah memilih Guest, player akan memilih unit yang akan dipergunakan untuk lagu yang akan dimainkan. Besaran jumlah point bosst memiliki hitungan sebagai berikut (diambil dari Lovelive School Idol Festival Wiki) :

Sf = Si + K + pembulatan ( Si * (C1 + C2) )

  • Si = jumlah point kekuatan yang tertera di menu Unit Management, sesuai dengan tipe lagu yang dipilih
  • K = total jumlah Kizuna point untuk member yang sesuai dengan tipe lagu yang dipilih
  • C1 = Multiplier untuk Center Skill unit sendiri (sesuai dengan tipe lagu yang dipilih)
  • C2 = Multiplier untuk Center Skill Guest unit (sesuai dengan tipe lagu yang dipilih)

Multiplier Skillnya antara lain adalah sebagai berikut (*Hanya berlaku untuk kartu-kartu standar dari special invite atau event, untuk kartu UR dan SR dari kode, center skillnya biasanya tidak sesuai dengan tipe kartu) :

  • R : 〇〇〇〇Pが少しUPする – meningkatkan sedikit poin dari tipe yang sama dengan tipe kartu (misalnya Smile akan meningkatkan Smile poin sedikit) – Multiplier 0.03 / 3%
  • SR : 〇〇〇〇PがUPする – meningkatkan poin dari tipe yang sama dengan tipe kartu. – Multiplier 0.06 / 6%
  • UR : 〇〇〇〇PがかなりUPする – meningkatkan banyak poin dari tipe yang sama dengan tipe kartu. – Multiplier 0.09 / 9%

Sedangkan untuk boost + yang diberikan menggunakan rumus sebagai berikut :

Sf + {K + pembulatan ( Si * (C1 + C2) )}

UR nicoContoh Perhitungan : misalkan satu unit terdiri dari 9 UR+ Nico yang ada di atas, dengan kekuatan Smile 5.280, Kizuna point 1.000, Center Skill Smile Princess (9%), guest member UR Nico, Center Skill Smile Princess (9%), dan memainkan lagu tipe smile juga.

Si = 5.280 x 9 = 47.520K = 1.000 x 9 =  9.000
C1 = 9%
C2 = 9%

Sf = 47.520 + 9.000 + (47.520 * (9%+9%)) = 65.074
Total poin = 65.074 + (47.520 * 18%) = 73.628

33Result Screen – Menampilkan jumlah combo dan score

34Result Screen – Kizuna Bonus – Menampilkan pembagian kizuna point

35Event Bonus – Menampilkan jumlah event point yang dimiliki, yang didapatkan dan juga hadiah yang akan didapatkan setelah mencapai point tertentu

Tips Bermain :

  • Usahakan untuk memaksimalkan kizuna para member normal terlebih dahulu, karena dengan side story mereka, LCS dapat cepat dikumpulkan, karena kizuna point mereka cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan R ke atas, dan lagi mereka lebih mudah didapatkan.
  • Setelah memaksimalkan kizuna mereka, maksimalkan level mereka, untuk kemudian dikorbankan ke normal lain, untuk meningkatkan jumlah member dengan level maksimum, agar bisa mengambil album bonus dengan cepat = bisa meraup LCS lebih cepat.
  • Usahakan untuk memperhitungkan exp point yang dibutuhkan untuk naik level, sehingga pemakaian LP dapat digunakan secara optimal, karena setiap kali naik level, LP akan terisi penuh. Semakin besar LP yang dibutuhkan akan menghasilkan exp point yang semakin besar, juga event point yang didapat.
  • Event song juga dapat dipergunakan untuk menaikkan level pada saat LP sedang habis.
  • Sebisa mungkin membuat grup yang kuat dan setipe, karena perhitungan total kizuna point untuk tipe yang sama dengan lagu juga diperhitungkan untuk parameter.
  • Pada saat event, usahakan untuk bermain setiap saat tanpa menyia-nyiakan waktu dan LP. SR event kemungkinan sudah pasti bisa didapatkan asalkan rajin bermain setiap harinya, kemungkinan bisa didapat sehari atau dua hari sebelum event berakhir (dengan asumsi memainkan lagu event Hard, dan juga setiap saat bermain lagu biasa dengan cost 15/25).
  • Perhitungkan minimal LCS yang dibutuhkan untuk masuk ranking (demi mendapatkan SR kedua) dalam event, pertimbangkan apakah lebih menguntungkan untuk membuang LCS demi event atau disimpan untuk special member invite yang menggunakan 50 LCS. Pengalaman sebelumnya, untuk bisa masuk peringkat di bawah 6.000 harus menggunakan sekitar 25 LCS atau mungkin lebih, tergantung event siapa.
  • Pada saat event, usahakan pilih difficulty yang cocok dan bisa di full combo dan full score (SS), sehingga point yang didapat juga lebih optimal, dibandingkan mendapatkan skor dan kombo yang kurang baik di difficulty tinggi. lagu-lagu event dengan 4x point (yang juga menggunakan 4x lipat point yang dibutuhkan), bisa digunakan untuk menghemat waktu. Perlu diingat, lagu tersebut tidak masuk dalam perhitungan ranking event.
  • Masing-masing member memiliki kelebihan masing-masing, ada member yang kuat untuk parameter tertentu. Jadi, member yang kuat untuk masing-masing parameter adalah sebagai berikut (Diambil dari status untuk R max level):
    • Smile : Honoka, Rin dan Nico
    • Pure : Kotori, Hanayo dan Nozomi
    • Cool : Umi, Maki dan Eli

Sekian review dan tips dari saya, semoga membantu bagi orang yang sudah bermain, atau yang memiliki minat untuk bermain. Apabila ada pertanyaan atau komentar, silahkan langsung komentar di bawah. 🙂

Extra – beberapa tarikan Special Invite selama ini :

0111 0112

Sumber :School Idol Festival Official Site, Lovelive atwiki, English Wiki, Personal Screenshot