Di Jepang, Udon Akan Dijadikan Sumber Listrik

August 9, 2013 9:37 am
Di Jepang, Udon Akan Dijadikan Sumber Listrik

Disaat seisi dunia sedang heboh mencari sumber energi alternatif, Jepang sudah selangkah lebih cepat dengan membuat prototype Pembangkit Listrik Tenaga Udon. Whut?!

Pembaca Jurnal Otaku Indonesia pasti tidak asing lagi dengan mi tebal khas Jepang yang biasanya kalau dijual di Indonesia menggunakan kuah shoyu dan berharga sekitar 40-50 ribu rupiah ini. Sebuah perusahaan listrik di Jepang membuat suatu instalasi pembangkit listrik dengan menggunakan Udon sisa yang dikatakan dapat menghidupkan listrik 50 rumah!

kakeudon

Udon sisa akan ditampung dalam sebuah tanki setinggi 8 meter dan berdiameter 8 meter untuk manjalani proses fermentasi sehingga dapat menghasilkan gas Metana. Metana inilah yang digunakan untuk memutar turbin sehingga dapat menghasilkan listrik. Percobaannya akan dimulai oleh penggagasnya, “Chiyoda Manufacturing Company” pada bulan September di kota Takamatsu, Prefektur Kanagawa di Shikoku.

udon-tank

Mereka percaya dapat menghasilkan gas metana cukup untuk memutar turbin selama 24 jam sehari dan menghasilkan energi sebesar 180.000 kilowatt-jam setahun, disinyalir kira-kira cukup untuk 50 rumah. Tapi darimana udon sisa itu?

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka telah melakukan kerjasama dengan perusahaan udon lokal untuk menyediakan udon sebagai bahan proses gas Ethanol, tetapi ternyata udon sisa pembuatan ethanol pun masih sangat banyak-1.5 ton tiap hari! Selain untuk pembuatan metana, Chiyoda dapat sekaligus mengurangi limbahnya, dan juga berlaku untuk para restoran yang dapat “membuang” udon sisanya untuk produksi listrik. Daur ulang yang sangat efektif!

2010-03-24-UdonSoup

Tentu saja, metana tidak 100% sumber energi ramah lingkungan, tapi dibandingkan dengan bahan bakar karbon lainnya, metana dapat dikategorikan sangat bersih! Meskipun ya, metana menghasilkan polusi dalam bentuk yang “lain”… saran dari JOI; hindari tawaran tinggal di dekat tanki metana.

Sumber: Shikoku News dan Itai News