Manga Reborn Komunitas Scanlation Legal Pertama dari Jepang

August 13, 2013 7:25 pm
Manga Reborn Komunitas Scanlation Legal Pertama dari Jepang

Selama ini tidak jarang masalah legalitas manga scanlation menjadi bahan perdebatan. Di tengah ketidakjelasan tersebut Manga Reborn hadir untuk menjawab persoalan tersebut dengan membuat sebuah komunitas scanlation legal untuk pertama kalinya.

Dikembangkan oleh Beyond Perspective Solution (BPS). Sebuah perusahaan yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo. Semenjak tahun 2012 team Manga Reborn telah bekerja keras untuk membuat situs yang dapat menjembatani jarak antara mangaka dan para penggemar. Impian mereka adalah membuat sebuah tempat dimana mangaka dan penerbit dapat menampilkan hasil karya mereka secara langsung kepada para penggemarnya, dan para penggemar juga dapat berkomunikasi dengan mangaka favoritnya. Tidak hanya itu Manga Reborn juga menawarkan sebuah tempat dimana para penggemar dapat menerjemahkan dan melakukan proses fan-scanlation manga-manga berlisensi secara legal!

manga-reborn-1

Dengan adanya dukungan dari pemerintah Jepang dan kepercayaan dari penerbit, Manga Reborn berjanji untuk menjadi perintis perkembangan baru dalam era digital baru untuk mendukung industri manga global. Daripada melakukan tindakan kriminal terhadap para mangaka dengan melakukan scanlation tanpa izin yang resmi, Manga Reborn membuka kesempatan bagi para penggemar untuk melakukan scanlation manga favorit mereka secara legal.


mrpage-layout-shuhou_13mrpage-layout_13

Saat ini Manga Reborn baru saja memasuki tahap beta kedua, memang karena adanya lisensi yang harus diurus tidak memungkinkan semua manga yang ada di jepang ditawarkan oleh Manga Reborn, namun saat ini mereka sudah mulai menawarkan beberapa judul terkenal seperti “Black Jack ni Yoroshiku,” (Give My Regards to Black Jack) karya Shuho Sato “The Kabocha Wine” (The Pumpkin Wine) karya Mirura Mitsuru dan manga karya Yagami Ken dan Morinaga Ai serta masih banyak lagi manga lainnya yang bisa kalian baca dan terjemahkan sendiri sesuai keinginan.

Secara bertahap mereka akan menambah lebih banyak lagi judul manga yang ditawarkan, namun karena mendistribusikan manga yang diterjemahkan oleh fans masih merupakan masalah yang rumit bagi banyak penerbit, perwakilan Manga Reborn belum bisa menjelaskan judul dan penerbit mana saja yang akan bekerja sama dengan Manga Reborn nantinya.

mrpage-layout-shuhou_09

Manga Reborn juga menawarkan kesempatan bagi para mangaka profesional agar karyanya diterjemahkan keberbagai bahasa oleh komunitas untuk bisa menggapai lebih banyak lagi pembaca. Para mangaka pun memiliki kontrol penuh untuk menetapkan harga manga mereka dan bagaimana manga tersebut akan dijual atau cukup didistribusikan biasa saja secara cuma-cuma.

Tidak hanya itu, apabila kalian memiliki bakat membuat manga ataupun sudah membuat manga sendiri. Kalian dapat menerbitkan manga karya kalian tersebut langsung pada website Manga Reborn. Karena Manga Reborn tidak ingin membatasi manga yang dapat ditampilkan di Manga Reborn, tidak hanya dari jepang mangaka dari negara manapun dapat menerbitkan manga karyanya. Manga kalian juga dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa oleh komunitas.

Manga Reborn mengundang semua penggemar dan mangaka, terutama mereka yang mau bekerjasama dengan tulus untuk memperbaiki kualitas dan jangkauan manga global. Manga Reborn berkeinginan membangun sebuah komunitas dimana seluruh mangaka, penerjemah dan scanlator dari seluruh penjuru dunia dapat berkumpul dan berbagi keahlian dan pengalaman mereka.

Jadi, apabila kalian berminat untuk mengenal dan mengetahui lebih lanjut mengenai Manga Reborn segera kunjungi websitenya di mangareborn.jp, apabila kalian masih mempunyai pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar karena apabila memungkinkan Jurnal Otaku akan mencoba menyampaikannya langsung kepada pihak Manga Reborn.

MANGAREBORN Copyright © BPS INC. All rights reserved