Comiket 84

August 16, 2013 5:58 pm
Comiket 84

Comic Market, atau disingkat sebagai Comiket, adalah sebuah event yang selalu diadakan 2 kali pada sekitar bulan Agustus dan pada bulan Desember setiap tahunnya. Comiket kali ini berlangsung di musim panas pada tanggal 10 – 12 Agustus 2013 dan saya menyempatkan diri saya kesana karena memang Comiket adalah acara yang tidak boleh dilewatkan untuk para otaku.

Comiket sudah lama diadakan di Tokyo Big Sight, lokasi yang memang selalu dipakai untuk berbagai macam acara. Untuk pergi ke Tokyo Big Sight, kalian bisa berhenti di stasiun Kokusai-tenjijo yang berada di jalur JR (Japan Railways).

Saya sampai di stasiun Kokusai-tenjijo pada pukul 7:50 dan seperti ini lah keadaan di stasiun. Orang-orang harus sabar mengantri untuk naek eskalator dan tidak ada tangga untuk naik.

Setelah naik ke atas, bisa terlihat berapa banyak orang-orang yang mengantri untuk keluar dari gerbang pembayaran elektronik. Stasiun pun dihias dengan berbagai macam iklan anime atau seri-seri lain yang sedang dipromosikan. Kalian bisa melihat beberapa di foto-foto berikut ini.

Seperti yang sudah pernah ditulis di artikel-artikel sebelumnya, Comiket musim panas ini adalah yang paling menyengsarakan para pengunjung karena harus berdesak-desakan di tengah teriknya matahari. Suhu asli yang hanya 36 derajat celcius pun bisa berubah menjadi 40 derajat lebih.

Para pengunjung boleh berjalan cepat untuk mencapai booth yang diinginkan tetapi mereka dilarang untuk lari karena dapat membahayakan orang lain dan mereka pun mau mengerti untuk mematuhi peraturan dari para panitia. Hal ini sudah menjadi kesadaran dari masing-masing pengunjung.

Keadaan persis di depan pintu masuk. Jika kalian lihat baik-baik, terjadi kemacetan manusia di depan pintu masuk karena lebih banyak orang yang masuk daripada yang keluar. Di area depan ini juga ada layar besar yang menampilkan iklan-iklan booth perusahaan resmi dan beberapa peringatan yang harus diingat oleh pengunjung yang datang ke Comiket pada musim panas ini.

Untuk para pengunjung yang tidak sempat membeli katalog Comiket atau ingin membelinya untuk kenangan dapat membeli langsung di lokasi tetapi antriannya lumayan panjang juga. Untuk masuk ke Comiket tidak harus ada katalog tetapi katalog ini akan memudahkan kalian untuk mencari tahu dimana circle-circle dan booth resmi favorit kalian agar kalian tidak nyasar. Kalian juga dapat mengakses katalog secara online disini.

Featured illustrator untuk katalog Comiket kali ini adalah Kantoku. Saya tidak membeli katalog karena awalnya saya tidak ingin membeli apa-apa tetapi akhirnya terbeli juga beberapa barang. Harga katalog Comiket selalu sama yaitu 2000 yen, tetapi biasanya jika dibeli di toko-toko, harganya sedikit lebih mahal menjadi sekitar 2400 yen.

Keadaan di dalam Tokyo Big Sight. Foto ini saya ambil sebelum masuk ke dalam area booth doujin.

Seperti inilah suasana di area booth doujin. Berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Para pengunjung yang ingin berhenti sejenak untuk istirahat atau menunggu teman diharapkan untuk menunggu di luar area booth doujin atau berdiri di pilar-pilar yang berada di ujung hall. Beberapa foto dari dalam area booth doujin yang dapat kalian lihat di bawah ini.

Jika terlihat dari atas, seperti inilah area booth doujin.

Antrian seperti foto di atas adalah antrian yang masih wajar karena antrian di booth yang ramai bisa lebih panjang sampai 3 kalinya. Kenalan saya ada yang mengantri 2 jam dari jam 10 pagi untuk 1 booth walaupun dia sudah sampai di lokasi Tokyo Big Sight sejak jam 7 pagi.

Di Comiket ternyata disediakan tempat penyimpanan barang untuk para pengunjung yang membawa koper untuk menyimpan barang mereka ataupun untuk para cosplayer.

Memang tidak ada yang namanya tidak antri ketika Comiket sedang berlangsung.

Antrian orang-orang yang ingin pergi ke area booth doujin dan perusahaan resmi di hall Barat. Saya selama 3 hari di Comiket belum sekalipun menyentuh area booth doujin di hall Barat. Karena saya banyak di area booth perusahaan resmi, saya akan meninggalkan kalian dengan foto-foto dari area situ.

Bagaimana dengan Comiket 84 kali ini? Apakah banyak dari kalian yang semakin ingin datang ke event ini?

Comiket kali ini dikunjungi oleh total 590.000 pengunjung; 210.000 pada hari pertama, 210.000 pada hari kedua, dan 170.000 pada hari ketiga. Jumlah ini membuat rekor baru setelah Comiket 76 pada musim panas 2009, yang mencatat 560.000 pengunjung selama 3 hari.

Untuk yang ingin lebih tahu tentang Comiket dan sejarahnya, silahkan mengunduh file PDF-nya disini (file adalah asli dari website Comiket dan berbahasa Inggris).

Dengan selesainya event Comiket pertama di tahun 2013 ini, saya akan meninggalkan kalian dengan hiasan-hiasan yang banyak ditempel di area Tokyo Big Sight selama event ini berlangsung. Selamat menikmati!