Produksi Anime Bisa Lebih Singkat dan Hemat

August 16, 2013 7:31 pm
Produksi Anime Bisa Lebih Singkat dan Hemat

Aplix IP Holdings, sebuah perusahaan pengembang software yang bertempat di Jepang, menyatakan bahwa mereka dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi anime tv series hingga 1/3 dari biasanya, atau sekitar 3 bulan lebih cepat.

Seperti dikutip dari Nikkei, mereka mengklaim telah menemukan sebuah metode baru untuk mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi anime. Karena waktu yang dibutuhkan lebih singkat biaya yang dikeluarkan untuk produksi anime tersebut pun otomatis berkurang, diperkirakan perusahaan yang menggunakan metode tersebut dapat menghemat biaya hingga 100 Juta yen ketimbang menggunakan metode produksi konvensional. Aplix mengatakan metode produksi terbaru ini akan cocok digunakan untuk perusahaan yang ingin menggunakan anime sebagai media promosi.

Aplix IP Holdings merupakan induk perusahaan dari studio anime yang sudah tidak asing lagi belakangan ini, Anime International Company (AIC). Biasanya, studio tersebut membutuhkan tiga orang spesialis untuk mempercepat revisi pekerjaan dari puluhan sampai ratusan orang yang menggambar untuk animasi dari karakter tertentun.

Jika dibandingkan dengan metode konvensional, metode ini akan mengurangi jumlah revisi dalam jumlah yang sangat besar dan mempersingkat waktu pengerjaan. Karena studio perekaman suara, alat mengedit, sistem transmisi dan lain-lainnya akan dikumpulkan di dalam perusahaan sendiri sehingga mengakibatkan waktu produksi lebihoptimal. Teknik ini telah digunakan langsung untuk membuat seri anime sejumlah 13 episode yang rencananya akan ditayangkan mulai bulan september yang akan datang.

AIC adalah perusahaan animasi yang telah memproduksi anime-anime terkenal seperti “Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai”, “Persona 4”, dan lain-lain. Aplix mengakuisisi AIC sebagai anak perusahaan pada Maret 2011.

sumber: nikkei, diterjemahkan oleh randy