Pacific Rim Tidak Begitu Heboh di Jepang

August 18, 2013 8:33 am
Pacific Rim Tidak Begitu Heboh di Jepang

Mungkin banyak yang memperkirakan bahwa Pacific Rim, film terbaru Guillermo del Toro akan laku keras di Jepang, mengingat film tersebut menyuguhkan mecha berukuran besar bertarung melawan kaiju, salah satu genre populer di Jepang. Namun ternyata film tersebut pada weekend pertamanya mendapat hasil yang biasa saja.

pacific-rim-1

Meski Guillermo Del Toro begitu gembira di Jepang, hasil filmnya ini tidak begitu menggembirakan. Seperti ditulis oleh website variety. Pada weekend pertamanya, film yang terinspirasi oleh Kaiju jepang ini ‘hanya’ memperoleh pendapatan 3,04 Juta US$ dengan 134.506 penonton. Bahkan dibawah film “World War Z” yang dibintangi oleh Brad Pitt, yang juga baru ditayangkan weekend ini di Jepang dengan perolehan pendapatan 3.38 Juta US$.

Apakah ini menandakan Jepang sudah tidak begitu tertarik dengan genre Kaiju? Mungkin. Karena film “Godzilla” terakhir pada tahun 2004, “Godzilla: Final Wars” hanya mendapatkan perolehan penghasilan total 13 Juta US$. Karena hal tersebut Toho selaku studio film belum memiliki rencana untuk membuat film Godzilla berikutnya, berbeda dengan Hollywood yang merencanakan untuk merilis “Godzilla” Reboot pada bulan Mei 2014 yang disutradarai oleh Gareth Edwards.

Disutradarai oleh Guillermo Del Toro, pacific rim ini juga melibatkan dua artis asal Jepang, Rinko Kikuchi dan Ashida Mana. Namun berbeda dengan di Jepang, pada penayangan perdananya di China, Pacific Rim berhasil memperoleh pendapatan hingga 47,46 Juta US$, bahkan hingga minggu keduanya film tersebut berhasil memperoleh pendapatan hingga 33,9 Juta US$.

Dengan budget hampir mencapai 200 Juta US$, Pacific Rim telah memperoleh sekitar 344 Juta US$ dari penayangannya.

sumber: variety