Gunung Sakurajima Meletus, Abunya Langsung Dijual

August 21, 2013 10:38 am
Gunung Sakurajima Meletus, Abunya Langsung Dijual

Pada tanggal 18 Agustus yang lalu Gunung Sakurajima yang berada di kawasan Kagoshima, bagian selatan Jepang meletus. Letusan tersebut memuntahkan abu vulkanik setinggi 5.000 meter dan menutupi daerah sekitarnya. Namun ternyata bagi sebagian orang abu vulkanik tersebut dicoba dijadikan uang dengan menjualnya dalam bentuk abu kalengan.

tarumizu

Orang-orang tersebut menjual abu vulkanik kalengan dari sakurajima dengan harga 100 Yen satu kalengnya. Dengan merek “Hai! Douzo!!”, yang merupakan sebuah pelintiran kata dari ‘hai’ yang bisa berarti “ya” atau “abu”. Sehingga namanya bisa diartikan sebagai “Ini untukmu!” atau “Ini Abu! Silahkan!” Seperti dikutip dari rocketnews, bahkan bagian labelnya pun penuh dengan candaan seperti informasi jumlah abu di dalam kaleng tersebut: “100cc berkat dari langit yang tidak diinginkan” dan bahan bakunya: “Abu dari Sakurajima, penderitaan warga Tarumizu.”

Ini bukan pertama kalinya abu kalengan tersebut dijual karena abu kalengan semacam itu telah dijual semenjak tahun 2010 sebagai suvenir bagi turis-turis yang mengunjungi kota tersebut. Pada letusan kali ini “Hai! Douzo!” juga menjual kaleng premium edisi terbatas abu vulkanik tersebut bersama dengan kaleng regulernya. Ada yang berminat membeli?

sumber: rocketnews