Alasan Hayao Miyazaki Menolak Memberi Tanda Tangan Kepada Fans

August 31, 2013 6:48 pm
Alasan Hayao Miyazaki Menolak Memberi Tanda Tangan Kepada Fans

Bila suatu hari nanti kamu berkunjung ke Jepang dan secara kebetulan bertemu dengan Hayao Miyazaki lalu secara reflek kamu langsung meminta tanda tangan sutradara animasi ternama tersebut tapi ternyata ditolak olehnya, jangan bersedih dulu, karena dia memiliki alasan tersendiri untuk menolak memberikan tanda tangan kepada para fans.

Sebenarnya dulu sutradara yang terkenal dengan karya-karyanya seperti Spirited Away dan Nausicaa ini tidak begitu segan untuk memberi tanda tangan kepada para fansnya, namun karena suatu kejadian akhirnya sutradara satu ini enggan memberikan tanda tanganya.

Seperti dilansir oleh Rocketnews, ternyata yang menyebabkan Hayao Miyazaki menolak untuk memberi tanda tangannya adalah ketika dia mengetahui bahwa tanda tangannya dijual dengan harga yang sangat tinggi mulai dari 300.000 hingga 500.000 yen. Terkejut dan sedih karena tanda tangannya ternyata menjadi barang komersil, Miyazaki berjanji untuk tidak pernah memberi tanda tangan lagi kepada para fansnya.

Namun ketika bencana gempa bumi dan tsunami melanda Tohoku, Miyazaki memberi pengecualian. Saat itu dia bersedia memberi tanda tangan kepada anak-anak yang berada pada area tersebut. Karena sutradara tersebut berpendapat bahwa sekalipun saat itu tanda tangannya diperjualbelikan kembali setidaknya yang akan memperoleh uang adalah mereka yang benar-benar membutuhkannya.

Yahoo! Japan News via Rocketnews