Apakah Hayao Miyazaki Akan Benar-Benar Pensiun?

September 2, 2013 10:46 pm
Apakah Hayao Miyazaki Akan Benar-Benar Pensiun?

Pengumuman dari Studio Ghibli bahwa Hayao Miyazaki akan pensiun dari pembuatan film animasi mengagetkan banyak pihak. Namun ini bukan pertama kalinya sutradara animasi terkenal tersebut memutuskan untuk pensiun dari dunia perfilman.

Sebelumnya, setelah membuat film Princess Mononoke, Miyazaki juga pernah berencana untuk pensiun dengan mengatakan bahwa Princess Mononoke akan menjadi film terakhirnya. Film yang dirilis pada tahun 1997 tersebut sukses besar dan berhasil memperoleh Japan Academy Prize untuk kategori Best Picture. Dalam film tersebut Miyazaki sendiri menggambar lebih dari 80,000 frame animasi.

Setelah mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun setelah menyelesaikan Princess Monoke, Miyazaki sering menghabiskan waktunya bermain dengan anak perempuan dari sahabatnya. Anak perempuan dan sahabatnya itulah yang menginspirasinya untuk kembali bekerja dari pensiunnya dan membuat film animasi yang menjadi salah satu karya Studio Ghibli yang paling dikenal oleh semua orang, Spirited Away. Tidak hanya memenangkan Japan Academy Prize, film tersebut juga memenangkan Golden Bear Award pada Berlin Film Festival dan memperoleh piala Oscar pada Academy Award untuk kategori Best Animated Feature.

Memang hingga saat ini Miyazaki sendiri belum mengumumkan alasan sesungguhnya mengapa dia memutuskan untuk (kembali) pensiun kali ini. Tapi mengingat usianya sudah 72 tahun dan tubuh yang tidak sesehat dulu lagi mungkin dua alasan tersebut lebih dari cukup alasan bagi sutradara tersebut untuk pensiun dan menikmati hari tuanya.

Hayao Miyazaki akan mengumumkan lebih jelas alasan mengapa dia akan pensiun pada press conference yang akan diadakan di Tokyo pada hari jumat ini.