Hayao Miyazaki Memutuskan untuk Pensiun Dari Membuat Film Animasi

September 2, 2013 12:06 am
Hayao Miyazaki Memutuskan untuk Pensiun Dari Membuat Film Animasi

Kabar mengejutkan datang dari Studio Ghibli, pada tanggal 1 September ini studio tersebut mengumumkan bahwa Hayao Miyazaki akan pensiun dari membuat film animasi.

Secara tidak terduga pada acara Venice Film Festival, dimana animasi terbaru karya Ghibli The Wind Rises ditayangkan dan dinominasikan untuk beberapa penghargaan. Direktur Studio Ghibli Kouji Hoshino mengumumkan bahwa Hayao Miyazaki akan pensiun membuat film animasi.

Mengingat bahwa sekarang Miyazaki telah berumur 72 tahun, sebetulnya wajar-wajar saja bagi dirinya untuk memutuskan pensiun, namun sebagai fans dari karya-karyanya kabar ini tetap saja mengejutkan dan sedikit menyedihkan.

Pada interviewnya dengan NHK di bulan Juli lalu, Miyazaki mengatakan bahwa mengerjakan film animasi layar lebar menghabiskan seluruh waktunya dan berdampak buruk pada kesehatannya. Miyazaki juga mengatakan bahwa setiap kali dirinya membuat sebuah film animasi, dia selalu menganggap film tersebut akan menjadi film terakhirnya. Studio Ghibli akan mengadakan Press conference pada hari jumat untuk menjelaskan lebih lanjut alasan Miyazaki memutuskan pensiun.

miyazaki

rocketnews