Apartemen Khusus Mangaka Muda Berbakat Dibuka di Kyoto

September 6, 2013 3:20 am
Apartemen Khusus Mangaka Muda Berbakat Dibuka di Kyoto

Bila di Tokyo ada sebuah komplek apartemen legendaris yang dinamakan Tokiwa-so dimana dulu pernah tinggal beberapa mangaka berbakat di apartemen tersebut. Kali ini apartemen serupa juga akan dibuka di Kyoto, hanya untuk mangaka muda pria berbakat.

Dulunya apartemen tokiwa-so di Tokyo ditinggali oleh mangaka-mangaka briliant yang menjadi legenda yaitu Osamu Tezuka, Shotaro Ishinomori, Fujio Akatsuka dan Fujiko Fujio. Sekarang dengan bantuan dana sebanyak 13,8 Juta yen dari pemerintah kota Kyoto organisasi non-profit NEWVERY ingin membuat apartemen serupa di Kyoto Daichii.

Dengan biaya sewa hanya berkisar antara 45ribu hingga 50 ribu yen perbulannya apartemen ini akan menyediakan juga kuliah dari mangaka profesional dan membantu penyewa apartemen tersebut untuk membangun hubungan bisnis dengan editor yang berasal dari perusahaan penerbitan. Bagi kalian yang juga ingin mencoba melamar untuk tinggal di tempat tersebut dipastikan persaingannya akan sangat ketat, dan sejauh ini baru ada tiga yang baru terpilih untuk mengikuti interview terakhir.

oldtokiwa-2oldtokiwa-`1

Apartemen tokiwa-so di Tokyo sebelum dirobohkan pada tahun 1982

Pemerintah kota Kyoto pun sudah merancanakan untuk mendirikan apartemen Tokiwa-so Kyoto Daini kedua untuk perempuan. Mereka akan menerima pendaftaran mulai bulan ini. Gubernur Kyoto, Daisaku Kadokawa berharap bahwa akan banyak mangaka muda yang tumbuh dan berkembang dari apartemen Tokiwa-so tersebut.

Beberapa tahun belakangan ini, Kyoto memang telah melakukan upaya untuk memupuk industri manga dan anime, salah satunya dengan diadakannya Kyoto International Manga Anime Fair yang pertama dan diadakan tahun lalu dan event keduanya akan diadakan minggu ini. Kota tersebut juga telah menjadi pusat pendidikan manga, dengan lebih dari 1.000 Mahasiswa yang belajar manga dan animasi di beberapa Universitas kota tersebut. Proyek apartemen Tokiwa-so ini juga merupakan salah satu upaya kota tersebut untuk membantu calon-calon mangaka berbakat menggapai mimpi mereka.

Asahi via ANN