Hayao Miyazaki Ungkapkan Alasan Dibalik Keputusannya Untuk Pensiun

September 6, 2013 1:06 pm
Hayao Miyazaki Ungkapkan Alasan Dibalik Keputusannya Untuk Pensiun

Pada acara festival film venice yang lalu studio ghibli mengumunkan bahwa Hayao Miyazaki memutuskan untuk pensiun dari membuat film animasi, hari ini akhirnya sutradara terkenal tersebut mengungkapkan alasannya.

Pada siaran pers yang disiarkan secara langsung melalui situs niconico, Miyazaki mengatakan “saya sadar sejak dulu pernah mengatakan bahwa saya akan pensiun dan sebagian dari kalian pasti berpikir ‘lagi??’ tapi kali ini sungguhan”

Meski dirinya memutuskan untuk pensiun dari membuat film animasi untuk film layar lebar dirinya akan tetap datang ke studio setia harinya selama dia masih bisa mengemudikan mobil.

Miyazaki menyatakan bahwa dirinya membutuhkan istirahat dan tidak mau berjanji apa-apa. Begitupun ketika dirinya ditanya mengenai kemungkinan dirinya menjadi produser pada sekuel Nausicaa yang dirumorkan beberapa waktu lalu dia hanya menjawab “tidak”.

Menurut Miyazaki bila dirinya diminta untuk membuat film layar lebar lagi, akan membutuhkan waktu enam hingga tujuh tahun untuk merampungkannya. “Saya rasa hari-hari dimana saya membuat film layar lebar telah berakhir, bila saya mengatakan ingin membuat (film layar lebar) lagi aku akan seperti orang tua yang mengatakan hal bodoh.”

Miyazaki mengatakan dirinya akan lebih terlibat dalam museum studio ghibli “mungkin aku akan dipamerkan di museum tersebut,” canda Miyazaki.

Sumber:kotaku