Miyazaki Berbicara Panjang Lebar Mengenai Keputusannya Untuk Pensiun

September 7, 2013 9:48 am
Miyazaki Berbicara Panjang Lebar Mengenai Keputusannya Untuk Pensiun

Di hadapan lebih dari 600 wartawan dan 70 kru kamera televisi dari seluruh dunia, Hayao Miyazaki berbicara panjang lebar mengenai keputusannya untuk pensiun dari membuat film animasi layar lebar, “Saya tahu saya sudah bilang saya akan pensiun berkali-kali di masa lalu. Banyak dari anda pasti berpikir, ‘Lagi?’ Tapi kali ini saya cukup serius.”

Dalam konferensi pers yang berlangsung selama nyaris dua jam tersebut, Miyazaki meyakinkan bahwa dirinya kali ini akan benar-benar pensiun dari membuat film animasi, “Ini tidak akan pernah terjadi lagi.” Sepertinya keputusan sutradara terkenal tersebut untuk pensiun memang sudah bulat.

Sutradara yang mungkin paling terkenal dengan karyanya yang berjudul Spirited Away ini menyatakan bahwa dirinya akan berhenti membuat film animasi layar lebar setelah film terakhirnya, yang baru saja rilis bulan Juni yang lalu “The Wind Rises“.

spirited-awau

Pada konferensi pers yang diadakan di Tokyo tersebut Miyazaki juga berbicara panjang lebar, bukan hanya mengumumkan dirinya pensiun, namun juga beberapa hal yang ada di dalam benaknya. “Saya ingin menyampaikan pesan kepada anak-anak bahwa hidup ini layak dijalani. Pesan ini tidak akan pernah berubah.”

Miyazaki juga mengatakan bahwa dirinya tidak bisa lagi bekerja selama 12 hingga 14 jam sehari seperti dulu; sekarang dia hanya mampu bekerja maksimal tujuh jam sehari, dan menyerahkan pekerjaannya kepada orang lain bukanlah gayanya.

“Kalau saya bisa, saya sudah pasti melakukannya. Tapi bukan seperti itu saya bekerja,” dia mengatakan, “Aku harus meletakkan pensilku dan pulang.” Miyazaki memang terkenal memilih menggunakan animasi yang digambar susah payah dengan pensil ketimbang menggunakan bantuan komputer. Bahkan sebisa mungkin dia menghindari sentuhan grafis komputer pada animasi karyanya. “Kalian tidak dapat melakukan apa-apa pada masalah yang disebabkan oleh bertambahnya usia,” kata Miyazaki.

Masa depan Studio Ghibli yang didirikan oleh Miyazaki dan Isao Takahata pada tahun 1985 akan terletak di tangan para staf muda. Miyazaki mengatakan, “Saya selalu ingin melakukan sesuatu selain animasi,” katanya. “Ada begitu banyak hal yang ingin saya lakukan. Bayangan saya mengenai istirahat mungkin tidak sama dengan apa yang orang lain bayangkan. Saya pikir kalau hanya berbaring saja malah akan terasa melelahkan.”