Direktur Nintendo, Satoru Iwata: Kami Akan Tetap Melanjutkan Semangat Yamauchi

September 20, 2013 9:01 am
Direktur Nintendo, Satoru Iwata: Kami Akan Tetap Melanjutkan Semangat Yamauchi

Satoru Iwata, Direktur Nintendo saat ini, memberi komentar singkat setelah Hiroshi Yamauchi, mantan Direktur Nintendo, meninggal dunia.

Seperti yang ditulis oleh Kotaku, Melalui perwakilan Nintendo, Satoru Iwata mengatakan:

Nintendo akan tetap melanjutkan semangat Yamauchi dengan menghormati, pendekatan kami untuk hiburan, nilai-nilai yang telah ia ajarkan kepada kami — bahwa ada manfaat dalam melakukan sesuatu yang berbeda — dan pada yang saat yang sama, mengubah Nintendo sesuai perubahan waktu.

Hiroshi Yamauchi merupakan mantan Direktur Kawakan Nintendo diantara tahun 1949 hingga 2002. Dialah yang mengembangkan console-console yang menjadi cikal bakal terkenalnya Nintendo, seperti NES. Saat itu Yamauchi memutuskan untuk berhenti kuliah untuk mengambil posisis kakeknya yang menderita stroke. Dia memimpin Nintendo melewati masa transisi besar dari pembuat mainan dan kartu anak-anak hingga menjadi sebuah perusahaan game yang luar biasa hebat di Dunia.

Tidak hanya Direktur Nintendo saat ini yang memberi komentar mengenai kematian dirinya, ucapan belasungkawa pun datang dari Direktur Pokemon, Junichi Masuda melalui twitternya.


Saya baru mengetahui berita bahwa mantan presiden Nintendo Hiroshi Yamauchi, telah meninggal dunia. Dialah yang menciptakan Famicom, dan juga dunia bisnis game di Jepang dan membuatnya menjadi bagian yang diakui industri game di seluruh dunia. Dia juga mencintai Pokemon. Yamauchi, hari ini kita telah melampaui satu juta preorder untuk XY… Saya berdoa dari lubuk hati terdalam untuk kebahagian anda di dunia berikutnya.

Yamauchi meninggal dunia pada usia 85 tahun di rumah sakit setelah berjuang melawan penyakit Pneumonia yang dideritanya.