Isayama Hajime,”Referensi Menggambar Titan Adalah Dari Orang Mabuk”

September 24, 2013 9:40 am
Isayama Hajime,”Referensi Menggambar Titan Adalah Dari Orang Mabuk”

Belum lama ini sebuah acara TV di Jepang, Zip! yang ditayangkan di Nihon TV, nenampilkan special feature Shingeki no Kyojin. Pada acara tersebut Isayama Hajime, mangaka Shingeki no Kyojin menjawab beberapa pertanyaan tentang pembuatan manga Shingeki no Kyojin. Selain dirinya, dua orang fans manganya, yaitu pembawa acara radio Oriental Radio, Nakata Atsuhiko dan member dari idol group Nogizaka 46, Ikoma Rina, juga muncul di acara tersebut.

SNK INTERVIEW01 SNK INTERVIEW02 SNK INTERVIEW03

Acaranya bisa dilihat di sini :

Di dalam acara tersebut, ditampilkan beberapa cuplikan dari anime Shingeki no Kyojin, dan juga wawancara dengan Isayama Hajime, mangaka 27 tahun pengarang Shingeki no Kyojin, selain itu kita juga kita bisa melihat tempat kerjanya.

SNK INTERVIEW04 SNK INTERVIEW05

Seperti inilah tempat kerja yang merangkap sebagai tempat tinggal Isayama Hajime, pasti ini adalah kamar impian bagi kalian yang juga bercita-cita menjadi mangaka.

SNK INTERVIEW06 SNK INTERVIEW07 SNK INTERVIEW08

Saat disorot ke meja kerjanya, kita bisa melihat adanya Happi dari grup Momoiro Clover Z (Momokuro), yang biasanya ia kenakan pada saat bekerja. Ya, ternyata Isayama Hajime merupakan fans dari grup Momoiro Clover Z, bahkan di mejanya juga ada foto Momoiro Clover Z.

SNK INTERVIEW09

Untuk menggambar ekspresi muka para Titan, buku inilah yang ia gunakan. Berbagai macam ekspresi muka anak-anak untuk referensi bagi para artis.

Pada kesempatan itu juga Isayama-sensei membeberkan tempat yang menjadi inspirasi setting Shingeko no Kyojin, ternyata Hajime sensei mengambil dari tempat dirinya dibesarkan, yaitu Hitashi yang terletak di Prefektur Oita.

SNK INTERVIEW13

Isayama : Di tempat saya dibesarkan dulu, juga dikelilingi dengan gunung, dan saya yang pada saat itu masih di sekolah dasar, berpikir,”suatu saat, saya ingin pergi ke seberang gunung tersebut.” Maka dari itu, saya mencoba untuk mewujudkannya di manga.

SNK INTERVIEW11

Dan ternyata yang menginspirasi Isayama-sensei untuk menggambar para titan adalah orang mabuk,

Isayama : Saya dulu pernah kerja sambilan di warnet, dan pada saat itu saya melihat ada orang mabuk yang datang. Orang mabuk tersebut, memiliki kesadaran yang kurang dibandingkan dengan orang yang sadar, dan saya merasa kalau binatang paling menyeramkan adalah manusia. Dari sanalah, saya jadikan ide untuk menggambar titan.

Mungkin saja bila hari itu dirinya tidak bertemu dengan orang mabuk tersebut dia tidak akan kedapatan ide untuk menggambar manga yang sedang menjadi hit saat ini

SNK INTERVIEW17

Sosok Eren, meskipun masih kecil, merupakan laki-laki yang memiliki keberanian. Meskipun ia melihat hal-hal keji yang dilakukan oleh para Titan tersebut, bukannya takut, ia malah ingin membalas dendam. Apabila Eren adalah sosok lelaki pemberani namun ternyata Isayama-sensei tidak memiliki keberanian yang sama dengan Eren.

Isayama : Meskipun saya menggambarkan pemeran utama yang penuh keberanian, saya sendiri tidak memiliki keberanian seperti dia. Pada saat masih kecil, saya bermain-main di sungai di desa, semua teman-teman saya berani untuk terjun dari tempat yang tinggi, tetapi saya tidak berani. Setelah saya dewasa, yang berpikir seharusnya saya waktu itu ikut terjun juga ya.

SNK INTERVIEW10

Isayama : Tapi sebaliknya, mungkin apabila waktu itu saya ikut terjun, saya mungkin tidak akan membuat manga. Karena dengan menggambar manga, saya jadi bisa menggambar sesuatu yang tidak ada di dalam diri saya, sesuatu yang mungkin harusnya saya lakukan waktu dulu.

SNK INTERVIEW14

Sebagai penutup acara tersebut Isayama-sensei pun menyampaikan beberapa hal yang ingin disampaikannya dengan manga yang dibuatnya.

Isayama : Sekarang pun, saya sebenarnya masih orang yang pesimis, tetapi dengan menggambar manga dan membawanya ke penerbit, saya menjadi bangga dengan kehidupan saya. Meskipun sebelumnya semua pernah mengalami kegagalan dan masa-masa sulit, tetap saja lebih baik melakukannya, daripada tidak sama sekali.

Selain Isayama Hajime, kedua orang lainnya yang ikut dalam acara ini juga membicarakan Shingeki no Kyojin dari sudut pandang para fans, tentang betapa menariknya setting tempat dari manga ini, dan juga betapa hal-hal menarik lainnya, seperti keberanian eren dalam melawan para Titan, dan bahkan Ikoma sempat meniru adegan di opening Shingeki no Kyojin, pada saat Eren menebas leher salah satu Titan.

SNK INTERVIEW15 SNK INTERVIEW16 SNK INTERVIEW12

Yang menarik adalah adanya dakimakura Levi di samping Ikoma.

Shingeki no Kyojin, manga tentang pertarungan antara manusia melawan Titan, merupakan salah satu seri yang paling terkenal untuk saat ini.

Sumber :Yaraon via ANN