Kamen Rider Gaim Adalah Jebakan Dari Urobuchi!?

October 19, 2013 9:00 am
Kamen Rider Gaim Adalah Jebakan Dari Urobuchi!?

Sudahkah anda menonton Kamen Rider Gaim episode pertama dan kedua? Bagaimana menurut anda? Terlalu ceria untuk karya “Urobutcher”? Kebetulan baru-baru ini Ryuta Tasaki, sutradara dari Kamen Rider Gaim, dan Gen Urobuchi sendiri baru saja diinterview di majalah tentang pekerjaan mereka di Kamen Rider Gaim, dan (sesuai dugaan) nampaknya masa-masa ceria di Gaim nantinya bisa berubah drastis.

ryutatasaki

Ryuta Tasaki, yang di bawah ini diinterview oleh majalah Uchuusen

Uchusen: Kapan anda pertama kali diminta untuk mengerjakan Kamen Rider Gaim?

Ryuta Tasaki: Aku pertama kali ditelpon oleh Takebe sekitar musim panas tahun lalu. Aku baru saja menyelesaikan tugasku di Akibaranger dan Nintama Rantarou. Pada waktu itu sudah ditentukan kalau penulisnya adalah Urobuchi. Motif samurai, buah, dan gembok juga sudah ditentukan waktu itu.
U: Tapi kenapa ada tarian di seri ini?
RT: Tarian itu idenya Urobuchi. Urobuchi ingin memasukkan tema remaja beranjak dewasa menjadi bagian dari seri ini. Sepanjang tahun, anda dapat melihat para remaja ini berkembang dan berpindah dari atas panggung. Mereka akan mulai melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda dan semakin menjadi seperti orang dewasa yang bertanggung jawab. Tariannya ada untuk sesuatu yang para remaja itu gemari, tetapi saat serinya berlanjut dan mereka menjadi semakin dewasa, para karakter akan pindah melakukan hal-hal lain

gaim-1
U: Tim dansanya itu melambangkan peperangan Sengoku, ya?
RT: Ya, para karakter akan menggunakan kekuatan Rider mereka untuk memecahkan masalah tim dansa mereka. Orang-orang dewasa akan menganggap mereka sebagai anak-anak kecil yang bermain dengan mainan, namun itu nantinya akan berubah.
U: Mengapa Gaim memiliki setting di kota fiktif yang dikendalikan oleh perusahaan besar?
RT: Itu juga karena Urobuchi. Kouta akan berubah secara drastis, jadi setting ini memberikan lebih banyak ruang untuk kreatifitas. Karena itu, dibutuhkan sebuah figur otoritas di atas Kouta dan lainnya.

gaim-2
U: Mengingat Urobuchi masih baru pertama kali mengurus Kamen Rider, bagaimana menurut anda tentang hasil kerjanya?
RT: Anehnya, awal ceritanya sangat standar. Tapi aku rasa ceritanya mudah dimengerti untuk penonton baru. Tetapi meskipun episode pertamanya mudah dimengerti, ada banyak twist yang akan terjadi, itu semua hanyalah jebakan yang pintar.
U: Apakah anda meminta Gaku Sano untuk berakting dengan gaya tertentu?
RT: Itu kebanyakan adalah tugas Urobuchi, karena dia penulisnya. Tapi aku memang ingin agar dia menjadi karakter yang lebih lucu, karena Haruto dari Kamen Rider Wizard itu tipe karakter tampan dan serius.

Kota

U: Bagaimana dengan Takebe? Apakah dia memberi anda perintah khusus?
RT: Sejak Kamen RIder W, seri Riderselalu memiliki 2 Rider. Takebe ingin membuang ide ini, karena itu dia menekankan multiple Rider. Takebe ingin membuate image baru untuk Kamen Rider. Urobuchi yang menyukai Kamen Rider Ryuki juga menyukai ide multiple Rider ini. Jadi Takebe menyuruh kami untuk menggunakan multiple Rider dan membuat Kamen Rider Gaim lebih seperti drama.

gaim-3
U: Bagaimana rasanya menyutradarai episode pertama dari Kamen Rider setelah cukup lama?
RT: Aku mengerjakan beberapa episode Wizard, rasanya cukup menyenangkan untuk bekerja dengan tim Kamen Rider. Tapi menjadi sutradara utama terasa lebih sulit, ketika aku menyerahkannya ke sutradara lain, aku ingin imagenya tetap terjaga. Tapi semua orang punya visi dan interpretasi yang berbeda tentang naskahnya. Dan para aktor yang belum pernah tampi di acara Rider mungkin akan kesulitan mengikuti gaya ini, yang menyebabkan mereka bekerja lebih banyak.
U: Apa tujuan pribadi anda untuk Gaim?
RT: Aku rasa inilah acara di mana kita bisa mengubah Kamen Rider menjadi sesuatu yang lebih bagus. Masalahnya, itu tidak sepenuhnya bergantung kepadaku. Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat acara ini menjadi sukses. Kru film, staf yang mengurus mainannya, dan orang-orang yang mengurus creative processnya. Semua orang harus bisa melaksanakan tugas mereka dengan baik agar acara ini menjadi sukses.
Karena inilah kami mengambil hal-hal sukses di seri-seri sebelumnya. Takebe meminta Urobuchi untuk kembali ke awal Heisei. Kami telah membuat banyak referensi ke seri-seri awal Heisei. Contohnya, jumlah Rider yang banyak seperti di Ryuki, Smart Brain di Faiz dan Yggdrasill di Gaim. Orang-orang yang menyukai Kamen Rider mungkin dapat langsung menangkap referensi-referensi tersebut. Tapi sejujurnya, itu semua adalah jebakan dari Urobuchi. Ia membangun sebuat cerita yang sudah biasa bagi para penggemar, hanya untuk dihancurkan dengan twist baru dan mengejutkan.
Tidak cukup kalau hannya mengambil hal yang sukses dari seri-seri terdahulu. Itu tidak menarik dan lebih baik anda menonton acara tersebut langsung.
U: Bagaimana reaksi anda ketika pertama kali melihat Orange Arms milik Gaim?
RT: Urobuchi sangat terkejut. Aku sendiri sudah terbiasa dengan ini. Aku ingat dulu aku terkejut ketika aku pertama kali melihat Ryuki dan Faiz. Sekarang aku tinggal menunggu kostumnya selesai dan lihat bagaimana gerakan Takaiwa saat mengenakannya. Kalaupun desainnya keren, tidak ada gunanya kalau kita tidak bisa membuatnya tampak keren saat bergerak. Kamilah yang bertugas agar mereka tampak keren, sekalipun desainnya tidak keren. Tapi harus kuakui, kuping pisang di Baron itu cukup mengejutkan.
Aku tidak akan pernah berpikir untuk menggabungkan baju zirah dengan buah-buahan untuk mainan. Tapi itulah yang menarik. Bagaimana caranya kami mmebuat hal seperti itu menjadi menarik dan menyenangkan untuk para penonton?

gaim-4
U: Menurut anda, apa highlight dari episode 1?
RT: Mungkin adegan yang paling pertama. Gaim menaiki kuda itu jauh lebih keren daripada yang kubayangkan. Sekitar Juli, ketika sudah dipastikan Gaim akan menggunakan armor buah, kami harus membuat adegan berubah yang menarik.
Hal lain yang aku ingin agar penonton perhatikan, jumlah Rider di acara ini. Aku yakin anda bisa mencari sendiri Rider favorit anda. Saat ini, Rider yang paling populer di antara para staf adalah Gridon. Aku suka dengan palu kecil yang dimiliki Gridon. Aku yakin orang dewasa juga akan suka dengan Gridon, atau bahkan mungkin bisa bersimpati dengannya. Perhatikan Gridon baik-baik saat ia muncul nanti.

gaim-5
U: Pertanyaan terakhir, apakah ada komentar untuk film Fateful Sengoku Movie Battle yang akan datang?
RT: Film itu merupakan perayaan acara ke-15 Rider Heisei. Ke-14 Rider sebelumnya akan tampil sebagai Warrior God Rider. Anda boleh berharap untuk yang satu ini. Kami telah menggunakan set Edo milik Toei untuk adegan yang sangat spesial.

urobuchigen

Gen Urobuchi, ketika diinterview oleh majalah The Kamen Rider
Q: Berapa banyak hal yang sudah ditentukan ketika anda menerima mengerjakan Gaim ini?
Urobuchi: Gimmick sabuknya, tema gembok, buah, dan jaman Sengoku. Pada tahapan ini ada banyak desain kostum yang dibuat. Aku dengar mereka sempat merencanakan agar semua Rider adalah samurai, di helm mereka akan ada kanji yang membedakan mereka. Tapi itu tidak cukup, sehingga baju zirah Barat dan Cina dimasukkan.
Q: Jadi ini bukanlah perang Sengoku biasa?
Urobuchi: Untuk bagian “perang”nya, akan ada semacam gaya raja dan anak buahnya, tapi dalam bentuk Rider Battle. Masalahnya aku memang agak ingin agar setiap Ridernya akur, tetapi aku putuskan tidak begitu. Itu karena aku menyukai Kamen Rider Ryuki.
Selain itu, cukup wajar bagi para Rider untuk saling bertarung. Kamen Rider yang pertama bertarung dengan Shocker Rider. Tidak hanya itu, secara teknis Kamen Rider juga adalah monster Shocker. Itu semua tergantung penggunanya akan bagaimana mereka menggunakan kekuatan mereka. Pada dasarnya itu adalah pertarungan antara monster jangkrik dengan monster laba-laba. Dengan kata lain, Kamen Rider adalah monster, dan Rider Battle sebenarnya adalah Monster Battle.

gaim
Q: Naskah anda pacingnya terasa sangat cepat, apakah anda sempat mengalami masalah dengan itu?
Urobuchi: Tidak juga. Aku diberitahu kalau ini adalah acara anak-anak. Aku harus memastikan agar anak-anak tidak merasa bosan.
Karena itu, aku ingin agar hal-hal terjadi dengan cepat. Ada juga banyak mainan yang harus dijual, jadi aku harus menulis sambil mengingat itu. Jadi aku membuat Kamen Rider Gridon menjadi karakter yang sangat menyenangkan.
Q: Bagaimana menurut anda tentang para aktor sejauh ini?
Urobuchi: Mereka luar biasa. Sungguh suatu kehormatan telah bekerja bersama mereka. Mereka semua sangat berbakat. Yutaka Kobayashi biasanya sangat bersemangat, tetapi ketika ia berakting sebaga Kaito Kumon, rasanya seakan-akan dia adalah orang yang berbeda. Inilah yang menakjubkan tentang Tokusatsu. Di anime aku tidak akan pernah bisa meraih ekspresi yang sama, dia benar-benar menghidupkan kata-kataku. Ini benar-benar sesuatu yang menyegarkan untukku.
Dan juga di sini lebih mudah untuk para aktor untuk berimprovisasi langsung. Contohnya ketika Kouta sedang bermain-main dengan sabuknya di kamarnya. Gaku Sano memainkan adegan itu dengan sempurna, bahkan lebih bagus dari yang kubayangkan. Sejauh ini aku menemani mereka untuk melihat langsung syutingnya, yang mana adalah pengalaman yang luar biasa untukku.

henshin

Q: Apa maksud dari adegan pertama di episode 1?
Urobuchi: Itu hanya contoh ringan tentang apa yang akan terjadi di pertengahan akhir seri ini. Akan ada beberapa hal berat yang akan terjadi. Itu adalah salah satu kemungkinan di masa depan. Jadi mungkin tidak akan terjadi persis seperti di adegan pertana, tapi bukan berarti itu tidak akan terjadi. Seperti yang mungkin anda duga, adegan berikutnya antara Kouta dengan anak kecil itu referensi ke Kamen Rider Kuuga.

gaim-6
Q: Terakhir, apa yang paling ingin anda lakukan dengan Kamen Rider Gaim sebagai sebuah acara?
Urobuchi: Aku ingin agar ini menjadi panduan bagi anak-anak untuk tumbuh dewasa. Aku juga tumbuh sambil menonton film Tokusatsu, dan mereka masih menjadi bagian dari hidupku. Ketika anak-anak menghadapi sebuah dilema, aku ingin agar mereka berpikir, “Apa yang akan tokoh itu lakukan?”.

Sumber: Henshin Justice & Henshin Justice