10 Aturan Onsen Yang Baik

October 23, 2013 3:05 pm
10 Aturan Onsen Yang Baik

Eh, kata teman-teman yang ke Jepang kemarin, kalau masuk onsen kita harus bugil ya? Pakai baju renang boleh gak? Jadi kita rame-rame nyemplung terus gak mandi lagi begitu? Bingung di onsen harus ngapain? Berikut daftar etika untuk ngonsen yang nyaman.

1. Wajib Bugil

Yes, kamu harus melepaskan semua pakaianmu di ruang ganti dan hanya bermodalkan sebuah handuk kecil untuk menutupi private part kamu. Kalau kamu merasa bangga, gak usah ditutupi juga gak masalah sih. Gak ada yang lihat juga.

2. Bilas/Mandi Sebelum Berendam

Jadilah otaku yang classy~ tetap mandi dan segar apalagi kalau mau berendam di kolam rame-rame. Gunanya bilas juga untuk membiasakan diri dengan temperatur air kolam yang bisa mencapai 40 derajat. Satu hal lagi, jangan lompat atau menyelam ke dalam kolam kecuali mau dikeroyok masal.

3. Sambil Berendam, Beri Salam #PantunGagal

Boleh sambil ngobrol dengan yang lain, tak ada larangan untuk berbincang di dalam onsen. Mungkin orang Jepang akan malu-malu tapi sebuah kata ‘halo’ akan merubah semuanya (apaan sih).

4. Slow But Sure

Disarankan masuk ke dalam kolam dimulai dari kaki sampai lutut dulu, lalu pinggang, baru terakhir sampai leher agar badan kamu bisa menyesuaikan dengan temperatur kolam.

5. No Handuk Dalam Tub

Ketika sedang berendam, handuk tidak boleh masuk ke dalam air. Jadi bisa diletakkan di atas kepala atau samping kolam. Air kolam biasanya agak butek (karena kandungan mineral, bukan debu habis ngojek seharian di Jakarta), jadi private part kamu tak terlihat. Tapi kalau masih minder juga, kamu boleh tutupin dengan tangan kamu atau silangkan kaki.

6. Don’t Swim

Sebesar apapun kolamnya, no, tidak boleh. Oh ya, sabun juga tidak diizinkin masuk kolam.

7. Untuk Dewasa

Ada beberapa tempat yang mengizinkan untuk kita minum sake atau bir selagi berendam tapi ingat jangan minum terlalu banyak apalagi minum air kolamnya.

8. Berendam Secukupnya

Kalau kamu sudah mulai berkeringat atau pusing, segera keluar dari kolam sebentar baru berendam lagi. Onsen bukan tempat untuk uji ketahanan / lama-lamaan.

9. No More Shower

Setelah berendam tidak disarankan untuk mandi karena kolam onsen mengandung mineral yang akan hilang kalau kamu membilasnya.

10. Selesai

Lap kering badan kamu sebelum masuk ke ruang ganti dan minumlah air, susu, atau bir supaya badan kamu gak dehidrasi.

Bingung terlalu banyak peraturan? Ingat saja tiga prinsip dasar: bugil total, mandi dulu, dan silakan berendam. Yak! Kamu sudah siap untuk menikmati onsen!

Therma Romae Illustration via Avvesione Anime Blog

Content via See Japan