“Vocaloducer” Dapat Membuat Lagu Dari Lirik Buatanmu Secara Otomatis

October 23, 2013 8:14 pm
“Vocaloducer” Dapat Membuat Lagu Dari Lirik Buatanmu Secara Otomatis

YAMAHA Corporation mengembangkan sebuah program yang diberi nama Vocaloducer, dengan program tersebut siapapun dapat membuat lagu hanya dengan beberapa klik di komputer.

program yang akan dirilis pada musim dingin ini memungkinkan pengguna memasukkan lirik lagu buatan mereka dan menambahkan melodi yang digenerate oleh komputer. Vocaloducer menggunakan algoritma spesial buatan YAMAHA yang akan membuat melodi secara otomatis dengan mempertimbangkan masukan user dari tiga piliha utama, yaitu rhytm patterns, pitch variation dan chord progression. Setelah menentukan ketiga kategori tersebut komputer akan mengenerate melodi secara otomatis.

Diperkirakan, program ini dapat menghasilkan sekitar 18000 melodi yang berbeda didasarkan pada kombinasi ketiga pilihan diatas. Program ini juga akan memungkinkan pengguna untuk memilih suara karakter vocaloid mana yang digunakan.

Sayangnya program ini tidak tersedia untuk instalasi pribadi dan hanya dapat diakses pada server yang disediakan oleh YAMAHA. Pengguna akan diminta memasukkan lirik dan spesifikasi lagu yang mereka inginkan secara online dan akan bisa mendownload hasilnya.

1310210401

YAMAHA belum mengumumkan kapan mereka akan merilis program ini namun bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut prototipenya akan dipamerkan pada acara Autumn Web& Mobile Marketing Expo yang akan berlangsung pada tanggal 23-25 Oktober dan diadakan di Makuhari Messe International Exhibition, Chiba.

「ボカロ曲」の自動作曲技術『VOCALODUCER™』を開発 via ANN, image source