Menurut Seorang Pakar Inilah Yang Menjadi Karakteristik Orang Jepang

October 24, 2013 8:00 pm
Menurut Seorang Pakar Inilah Yang Menjadi Karakteristik Orang Jepang

Negara Jepang terkenal dengan berbagai hal, dan mungkin salah satunya adalah karakteristik dari orang-orang Jepang.

Diantara kalian yang pernah berkunjung ke negara tersebut pasti sudah bisa menebak-nebak apa saja karakteristik orang-orang Jepang dan seperti dikutip dari Rocketnews, kali ini seorang pakar bernama Gregory Clark menjelaskan pendapatnya mengenai karakteristik orang-orang Jepang, dan inilah beberapa diantaranya:

1. Mentalitas Kelompok

Menurut Clark, orang Jepang cenderung menempatkan kepentingan kelompok diatas diri sendiri dan cenderung mengikuti perintah dari atasan. Menurut Clark hal tersebut sedikit berbahaya, salah satunya bisa dilihat di tempat kerja mereka.

Salah satu alasan mengapa pegawai Jepang begitu sering lembur dikarenakan menurut pandangan tradisional apabila mereka meninggalkan kantor sebelum rekan kerja mereka atau terutama bos mereka meninggalkan kantor, bahkan ketika mereka telah menyelesaikan tugas mereka.

2. Kejujuran Terhadap Orang Lain

Apabila kalian ketinggalan barang di sebuah tempat di Jepang, besar kemungkinan barang kalian tidak akan berpindah tempat dari tempat tersebut atau dapat kalian temukan di pos polisi terdekat. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Clark, betapa jujurnya orang Jepang dapat dibuktikan dengan hal yang terlihat sederhana tersebut.

3. Tertib dan Bersih

toilet

Contoh paling nyata dari karakteristik ini adalah betapa rapihnya antrian di Jepang. Selain itu juga apabila kalian berkunjung ke hotel dan kebingungan ketika melihat toilet kalian penuh dengan tombol-tombol aneh, ingatlah, hal tersebut disebabkan anggapan para desainer jepang yang menganggap hal tersebut penting untuk kebersihan dan orang Jepang menghargai perhatian dan layanan kebersihan semacam itu.

4. Lebih Memilih Melakukan Pekerjaan Dengan Tangan

resume

Kontras dengan teknologi-teknologi tinggi Jepang yang diakui dunia. Jepang masih senang melakukan beberapa hal dengan cara yang tradisional, salah satu contohnya adalah ketika menulis sebuah lamaran kerja. Apabila di Indonesia sudah sangat biasa menulis surat lamaran dengan mengetik di komputer, di Jepang kalian harus membuat surat lamaran tersebut menggunakan tangan dan pena.

5. Kelompok dan Gaya Manajerial Keluarga

office

Berkaitan dengan poin pertama mengenai mentalitas kelompok. Orang Jepang terkenal dapat bekerja dengan baik di dalam sebuah Kelompok. Juga perusahaan Jepang sering menyatakan keinginan adanya komunikasi terbuka antara pegawai biasa dengan manajernya dan hal tersebut mempengaruhi desain interior kantor.

Di Jepang, kebanyakan Manajer tidak memiliki ruangan kantor terpisah dari bawahan mereka. Malahan, seluruh kelompok duduk di dalam ruangan yang sama dan bahkan tidak jarang di meja yang sama.

6. Pentingnya Rasa Malu

tepco

Di Jepang salah satu hinaan terberat yang bisa kalian berikan kepada seseorang adalah dengan mengatakan “haji shirazu,” atau “kamu tidak memiliki rasa malu.” Sekali lagi hal ini berhubungan dengan mentalitas kelompok yang kuat. Orang Jepang biasanya khawatir apakah tindakan yang mereka lakukan dapat mempengaruhi orang lain, dan karenanya ketika terjadi sebuah kesalahan, hal tersebut harus ditanggapi dengan serius.

Sehingga tidak mengherankan bahwa orang Jepang memiliki empat kata umum yang bisa digunakan untuk mengatakan “Aku minta maaf” (Gomen nasai, Sumimasen, Osore iremasu, dan Moshiwake Gozaimasen)

Memang tidak hanya enam hal diatas yang menjadi karakteristik orang Jepang namun bisa dibilang hal-hal tersebutlah yang mungkin akan paling kalian ingat dari orang Jepang, untuk lebih banyak lagi ciri karakteristik orang Jepang bisa kalian lihat di website rocketnews