Acara, Cosplay, dan Press Conference di GBWC Indonesia 2013

October 28, 2013 9:00 am
Acara, Cosplay, dan Press Conference di GBWC Indonesia 2013

Acara Gunpla Builders World Cup 2013 untuk daerah Indonesia baru saja berakhir. Selain perlombaan di mana karya-karya gunpla milik anak bangsa Indonesia kita diadukan (di mana pemenangnya akan dibawa ke Jepang untuk diadukan hasil karyanya dengan pemenang dari negara-negara lain), terdapat juga isi-isi acara lain.

Gunpla Coaching
gbwcid 2013

gbwcid 2013 gbwcid 2013

Penonton dapat berpartisipasi dalam acara ini. Peserta akan diberi gunpla-gunpla grade AG dari seri AGE secara gratis, dan akan dipandu untuk merakitnya langsung di tempat. Terdapat juga satu segmen di mana guidenya mengajarkan para peserta tentang cara untuk membuat panel line (scribing) di sebuah gunpla.

Cosplay
gbwcid 2013

gbwcid 2013 gbwcid 2013
gbwcid 2013 gbwcid 2013
gbwcid 2013 gbwcid 2013

Terdapat juga sebuah photosession bersama 2 cosplayer yang diundang ke acara ini. Salah satunya bercosplay sebagai Gundam 00 Qan[T], dan satunya lagi bercosplay sebagai versi mecha musume dari Full Armor Unicorn Gundam.

Press Conference
gbwcid 2013
gbwcid 2013
Diadakan juga sebuah press conference bersama Terrence Choo, Managing Director dari Kidz Station; dan Takayoshi Oyama, perwakilan dari Bandai. Bapak Choo menyatakan kebahagiaannya dalam kesuksesan acara GBWC di Indonesia yang dengan ini telah diadakan untuk ke-3 kalinya.
Berikut kilasan dari bagian tanya-jawab yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia:

Q: Berapa lama persiapan untuk acara GBWC ini?
Choo: Karena acara pada tahun ini berpindah dari tempat GBWC tahun lalu diadakan (Gandaria City), kami agak memakan waktu lebih lama daripada biasanya, yaitu 4 bulan.

Q: Apa keunggulan GBWC Indonesia tahun ini dibanding yang sebelumnya?
Oyama: Bisa dibilang semuanya lebih bagus. Tempatnya lebih luas, dan peserta yang mendaftarkan karyanya juga lebih banyak dibanding tahun lalu.

Q: Apakah Kidz Station bisa memasukkan semua gunpla-gunpla terbaru secepat mungkin, termasuk kit dari seri yang sedang ditayangkan, Gundam Build Fighters?
Choo: Saat ini Kidz Station memiliki 61 cabang di seluruh Indonesia, dan di akhir tahun ini masih akan dibuka cabang-cabang baru. Kami mengakui kalau kami tidak bisa mengejar penjual-penjual online, tetapi kami menjamin setidaknya 50% dari cabang-cabang kami akan memiliki stok yang paling terbaru yang kami dapatkan.

Q: Bagaimana pendapat Bandai tentang market gunpla di Indonesia?
Oyama: Kami terus melihat peningkatan dari penjualan gunpla di Indonesia. Market di Indonesia terus bertumbuh tiap tahunnya.

Q: Di AFAID 2013 kemarin, nampak ada beberapa gunpla limited yang dijual di acara tersebut. Apakah ada rencana untuk kembali menjual gunpla-gunpla limited di acara-acara di Indonesia?
Oyama: Penjualan gunpla-gunpla limited di AFAID 2013 kemarin terhitung sukses. Untuk event berikutnya, kami akan membawa lebih banyak lagi gunpla-gunpla limited ke Indonesia.

Q: Apa ekspektasi anda untuk ke depannya?
Oyama: Saya memperkirakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu market gunpla terbesar di Asia.
Choo: Pada GBWC tahun lalu, Indonesia berhasil memenangkan GBWC di kategori junior. Saya harap tahun ini Indonesia akan kembali menang.