JOI ke Jepang Day 0: “Nugrahadi Goes to Japan”

October 31, 2013 3:00 pm
JOI ke Jepang Day 0: “Nugrahadi Goes to Japan”

Minggu lalu saya, Nugrahadi, mendapat kehormatan pergi ke Jepang untuk memenuhi undangan dari Kementrian Perdagangan, Industri, dan Ekonomi Jepang, atau biasa dikenal dengan Ministry of Economy, Trade, and Industry Japan (METI Japan). Dan inilah catatan perjalanan saya.

Karena saya yakin pasti pertanyaan soal undangan ini akan banyak dimulai dengan pertanyaan “Kok bisa sih?!”, saya mulai dengan sedikit flashback dan ringkasan singkat mengenai kenapa saya bisa diundang mewakili JOI.

Y29mZXN0YTAYpg

Undangan saya berasal dari salah satu program pemerintahan Jepang untuk memperkenalkan dan memperluas pengaruh budaya Jepang, tradisional, dan pop culture. Pasti setidaknya pernah dengar program “Cool Japan”? Ya, program ini merupakan bagian dari agenda Cool Japan yang bernama “CoFesta”

CoFesta adalah rangkaian acara yang diadakan di Tokyo dan beberapa kota besar lainnya dan yang paling kita kenal adalah Tokyo International Anime Festival. Selain itu ada juga Tokyo International Music Market, Tokyo International Film Festival, dan lain-lain.

Mulai tahun ini, CoFesta berusaha mengundang figur berpengaruh dari berbagai negara untuk diundang dan dibawa melihat Jepang dari perspektif berbeda. Diharapkan para figur ini dapat membantu mereka untuk mempromosikan konten dari animanga, fashion, teknologi, dan lain-lain.

MainPicture

Jurnal Otaku Indonesia sebagai salah satu situs Jepang di Indonesia yang bertumbuh pesat dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini dipandang sebagai salah satu media yang berpotensi untuk mengembangkan kepopuleran konten Jepang di Indonesia.

Bersama wakil dari Universitas Indonesia bernama Namira dan Tony dari Binus, kami bertiga pun mendapat undangan dan terbang ke sana tanggal 20 Oktober kemarin!

Simply put, it’s JOI’s fault. Selama 4 hari saya menghadiri berbagai acara CoFesta sebagai salah satu wakil Indonesia dan JOI. Selain Indonesia, diundang juga wakil dari Malaysia, Singapura, Filipina, dan Prancis. Secara keseluruhan ada 13 orang yang diundang dan kami bersama-sama bertualang di Tokyo.

Ngapain aja saya disana? Ketemu siapa aja? Lanjut ke artikel bagian berikutnya!