Capcom Belum Akan Bangkrut, Terima Kasih “Monster Hunter 4” dan “Ace Attorney 5”

November 1, 2013 8:00 pm
Capcom Belum Akan Bangkrut, Terima Kasih “Monster Hunter 4” dan “Ace Attorney 5”

Beberapa minggu lalu kita dikejutkan dengan kondisi keuangan Capcom yang cukup parah, sehingga banyak membuat senang para gamer yang antipati dengan C(r)apcom “Bangkrut aja sekalian biar tahu rasa!”. Tapi tampaknya Capcom masih selamat dari Karma itu.

capcom

Laporan tahun fiskal Capcom terbaru menunjukkan bagian besar dari profit yang akhirnya masuk dan sementara menyelamatkan Capcom adalah berkat penjualan Monster Hunter 4 dan Ace Attorney 5 yang bisa dibilang sangat sukses. Ace Attorney 5 telah memenuhi target penjualan perusahaan. Sementara Monster Hunter 3 Ultimate terjual sebanyak 2.2 juta kopi diseluruh dunia, Monster Hunter 4 telah memenuhi target penjualan yang harusnya baru tercapai pada Maret 2014, yaitu 2.8 juta kopi di Jepang.

aa5

Di lain pihak, Resident Evil Revelation juga telah terjual sebanyak 1 juta kopi untuk seluruh platform. Pada pers, Capcom pernah mengatakan bahwa game itu gagal memenuhi target beberapa bulan lalu, tapi sekarang penjualannya dirasa sudah cukup. Pada Maret 2014, Capcom berharap Resident Evil masih akan terjual sebanyak 200.000 kopi.

Berkat Monster Hunter 4 yang luar biasa, juga metode bisnis C(r)apcom yang kita semua tahu dan familiar, pendapatan bersih Capcom naik 20% sejak tahun lalu.

Meskipun mungkin sekarang mereka masih gigit jari soal Megaman yang sekarang menjadi Mighty no.9 oleh Inafune.

Sumber: Siliconera