“Bapak” Hatsune Miku Dianugrahi Medali Kehormatan Pita Biru Oleh Jepang

November 3, 2013 3:12 pm
“Bapak” Hatsune Miku Dianugrahi Medali Kehormatan Pita Biru Oleh Jepang

Salah satu penghargaan individual tertinggi dari Jepang diberikan kepada Presiden dari Crypton Future Media dan juga “Bapak” dari Hatsune Miku, Itou Hiroyuki.

Layaknya pengangkatan bangsawan dari kerajaan Inggris, Itou dianugrahi Medali Kehormatan (褒章, Houshou) dengan Pita Biru yang dianugrahi kepada “Seseorang yang berkontribusi besar dalam bidang kesejahteraan masyarakat dan pendidikan”. Sebagai bagian dari penghargaan, Itou dan beberapa penerima medali lainnya akan bertemu dengan Kaisar Jepang.

20131102-728379-1-l

Koran lokal Sport Hochi menyatakan bahwa “Tidaklah berlebihan jika kita menyatakan bahwa Hatsune Miku adalah Idol Jepang yang paling populer di dunia”. Crypton membuat VOCALOID, sebuah software yang membuat orang-orang bisa membuat ‘musik’ sesukanya dari 0 dan menjadi salah satu tren paling populer di dunia. Meskipun demikian Itou mengatakan bahwa ia merasa canggung disandingkan bersama dengan beberapa figur hebat yang telah berkontribusi sangat besar di Jepang.

ranju-hosho

Lebih jauh Sports Hochi menyatakan, bahwa meskipun di tengah-tengah peraturan hak cipta yang semakin ketat, Hatsune Miku tetap memberi kebebasan penuh bagi para kreator dan pencipta berbagai karya baru tanpa mementingkan profit. Crypton pertama kali merilis Hatsune Miku sebagai bagian dari software Character Vocal Series yang didasari oleh teknologi VOCALOID 2 Yamaha.

Penerima penghargaan lain yang merupakan pelaku di bidang Animanga adalah Otomo Katsuhiro, sang mangaka Akira, Steambot Boy, dan Memories. Otomo-sensei menerima Medali Kehormatan dengan Pita Ungu bulan ini. Terakhir kali penerima penghargaan ini adalah pelaku Animanga adalah tahun 1998 yang dimenangkan oleh co-founder Studio Ghibli, Takahata Isao.

Sumber: NHK via ANN