T-JOY Akan Bawa Anime Lain ke Layar Lebar Indonesia Setelah Pokemon The Movie

November 3, 2013 6:19 pm
T-JOY Akan Bawa Anime Lain ke Layar Lebar Indonesia Setelah Pokemon The Movie

Ketika acara premiere screening Pokemon the Movie: Genesect and the Legend Awakened berlangsung, Jurnal Otaku Indonesia mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Mio Kihara, Corporate Strategy Team dari T-JOY.

T-JOY sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang mengkhususkan diri pada distribusi bioskop digital di Jepang, di luar negeri mereka lebih memusatkan distribusi anime.

Bagaimana pendapat anda dengan penonton Pokemon di Indonesia?

Reaksinya bagus sekali, ya! Saya kaget saat anak-anak serentak berteriak “Pika!” saat Pikachu berbicara. Saya percaya bahwa kami membuat keputusan yang baik saat memutuskan untuk merilis versi dub Indonesianya. Pada awalnya kami bingung antara merilis versi subtitle Indonesia atau dub Indonesia, tapi karena pertimbangan kami jatuh pada banyaknya anak-anak yang akan menonton, kami memutuskan untuk merilis dub.

t-joy-2

antrian premiere screening Pokemon the Movie: Genesect and the Legend Awakened

T-Joy pernah mengadakan J-IMPACT beberapa waktu lalu di Jakarta. Targetnya berbeda sekali ya, karena J-IMPACT lebih ditujukan ke remaja dan kali ini Pokemon, ke anak-anak. Ada alasan tertentu mengapa memilih target baru yaitu anak-anak untuk event kali ini?

Oh ya, itu pertanyaan bagus. Perusahaan kami (T-JOY) pada dasarnya adalah distributor film Jepang untuk lokal Jepang dan juga Internasional. Untuk luar negeri kami lebih memusatkan distribusi anime untuk remaja dan dewasa. Anime dewasa serius ya (seperti Steins;Gate, Madoka etc.) bukan “dewasa” dalam artian itu. Hahaha. JIMPACT adalah event pertama untuk konsep seperti itu dan Pokemon Company tertarik untuk membawa movienya kesini. Jadi mereka meminta kami untuk membawanya ke Indonesia. Jadi itulah yang membuat perbedaannya.

t-joy-1

beberapa judul anime yang didistribusikan oleh T-JOY

Jadi yang sebenarnya berniat membawa Pokemon Movie ke Indonesia bukan T-JOY, tapi Pokemon Company ya?

Ya, karena disini, Pokemon sudah memiliki TV series dan juga merchandise. Tapi tidak pernah Movie seperti ini. Sebenarnya mereka ingin membawa semua Pokemon Movie kesini tiap kali ada movie baru muncul. Tapi baru sekarang mereka menemukan partnernya untuk membawa Pokemon Movie kesini, yaitu kami. Itulah poinnya.

Lalu apa yang akan T-JOY lakukan setelah ini? Apakah membawa movie anime lain seperti yang tadi disebutkan?

Kami sedang mendiskusikan judul apa lagi yang bisa kami bawa kesini. Tapi maaf saya belum bisa memberi tahu detailnya.

Oh kalau begitu apakah berikutnya akan jadi event single movie seperti ini atau showcase seperti JIMPACT?

Kemungkinan besar akan jadi single movie seperti ini. JIMPACT lebih ke arah kegiatan bisnis, dan waktu itu kami mendapat sokongan dari METI (Kementrian Ekonomi, Industri dan Perdagangan Jepang) jadi itu berbeda. Itu lebih seperti Japanese Content Week oleh pemerintah Jepang, yang dibantu oleh kami. Sementara Pokemon ini, tidak ada campur tangan pemerintah. Murni dari kami dan juga Pokemon Company.

Apakah berikutnya T-JOY juga akan membawa Live Action Show seperti Kamen Rider ke sini?

Live Action, ya. Perusahaan kami sebenarnya adalah bagian dari Toei dan tokusatsu memang populer disini, jadi kami juga ingin membawa Kamen Rider kesini.

Bagaimana market Indonesia menurut anda? Apakah cukup berpotensi?

Disini sangat menarik. Tapi jujur, untuk masuk ke pasar Indonesia sangat sulit, karena masih maraknya pembajakan dan beberapa masalah lain. Tentunya kami sadar bahwa Indonesia adalah salah satu pasar yang sedang berkembang pesat saat ini. Tapi kami masih butuh waktu.

Ok, terima kasih banyak atas waktunya! Semoga sukses untuk screening Pokemonnya!

Terima kasih banyak!

foto: g4ronk, image from t-joy