Mantan Pekerja di PLTN Fukushima Buat Manga Tentang Kejatuhan Fukushima

November 5, 2013 1:00 pm
Mantan Pekerja di PLTN Fukushima Buat Manga Tentang Kejatuhan Fukushima

Hampir semua orang Jepang mengingat tragedi bocornya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima. Salah satu pekerja yang bekerja disana membuat manga tentang pengalamannya yang menyeramkan itu.

Takita Kazuto, salah seorang pekerja yang yang bekerja di PLTN Fukushima setelah Tsunami dan Gempa menimpa area itu membuat manga berdasarkan catatan pekerjaan dan pengalaman pribadinya disana.

ichiefu

Manga ini berjudul “1F: Fukushima Daiichi Genshiryoku Hatsudenjo Rōdōki (1F: Fukushima Daiichi Nuclear Power Plant Work Log)”. 1F dimaksudkan sebagai kode unit reaktor nuklir yang bocor pada saar kejadian itu terjadi. Manga ini debut di edisi majalah Morning milik Kodansha edisi 48 dan juga D Morning, versi digital dari majalah yang sama.

Pada tanggal 3 Oktober one-shot dari “1F” diterbitkan, keputusan untuk membuat seri panjangnya langsung diputuskan karena reaksi masyarakat yang sangat besar terhadap seri itu.

AP_fukushima_water_tanks_nt_130903_16x9_992

Takita Kazuto adalah mantan pekerja di PLTN Fukushima setelah gempa dan tsunami Tohoku 2011. Ia menerima penghargaan utama di “34th Manga Open”, kompetisi manga dari majalah Morning untuk mencari bakat baru.

Tragedi Fukushima adalah peristiwa bocornya reaktor nuklir Fukushima sebagai akibat dari Gempa dan Tsunami Tohoku tanggal 11 Maret 2011. Peristiwa itu adalah bencana nuklir paling parah di dunia setelah peristiwa Chernobyl.

Sumber: Mantan Web via ANN