Inikah Akhir Dari Seri Anime Higurashi no Naku Koro ni?

November 6, 2013 5:00 pm
Inikah Akhir Dari Seri Anime Higurashi no Naku Koro ni?

Higurashi no Naku Koro ni adalah sebuah seri visual novel yang diadaptasi menjadi banyak anime, dimulai dari yang paling pertama, Higurashi no Naku Koro ni, sebagai TV series yang ditayangkan pada tahun 2006, hingga yang paling baru, Higurashi no Naku Koro ni Kaku: Outbreak, sebagai OVA yang episode pertamanya baru saja ditayangkan sekitar 2 bulan yang lalu.
Namun, meski OVA dari Kaku: Outbreak belum selesai, nampaknya Studio Deen akan berhenti mengadaptasi seri Higurashi no Naku Koro ni.

Higurashi no Naku Koro ni bermula sebagai sebuah seri Visual Novel bertema horror mistery yang ditulis oleh Ryukishi07 yang dirilis pada tahun 2002, yang kemudian dirilis arc-arc berikutnya secara episodik. Higurashi kemudian diangkat menjadi oleh Studio Deen di tahun 2006 menjadi anime TV series yang meliputi 6 arc pertama dari VNnya. Studio Deen kemudian melanjutkan ceritanya dengan mengadaptasi sisa arcnya menjadi season 2 TV series yang dinamakan Higurashi no Naku Koro ni Kai yang ditayangkan pada tahun 2007.

Dengan cerita yang menarik dan tingkat gore yang terhitung cukup tinggi pada waktu itu, Higurashi menjadi cukup populer dan menarik banyak perhatian (salah satunya saya). VN-VNnya diport ke PS2 dan PSP dengan grafik yang diperbagus dan dilengkapi dengan voiceover dari para pengisi suara animenya.
Kepopuleran Higurashi tidak sepenuhnya bagus, karena di Jepang pernah terjadi kasus pembunuhan oleh gadis SMA dengan menggunakan kapak. Hal ini dikaitkan oleh media ke adaptasi anime Higurashi no Naku Koro ni Kai yang saat itu sedang ditayangkan, yang kemudian menyebabkan Higurashi berhenti ditayangkan di beberapa stasiun TV di Jepang.

Selain itu, Higurashi no Naku Koro ni juga pernah diadaptasi menjadi live-action movie pada tahun 2008, tetapi sebaiknya yang satu ini tidak banyak dibicarakan, karena…

LOLOMGWTF

Walaupun cerita utamanya telah tamat, Higurashi no Naku Koro ni memiliki beberapa sidestory di visual novelnya yang terdiri dari beberapa cerita komedi dan cerita sampingan lain yang bisa jadi serius atau tidak. Studio Deen kembali menggarap side-story tersebut menjadi anime OVA sebanyak 5 episode berjudulkan Higurashi no Naku Koro ni Rei pada tahun 2009. Studio Deen juga merayakan 10 tahun seri Higurashi dengan membuat OVA Higurashi no Naku Koro ni Kira pada tahun 2011-2012. Saya sendiri kurang menyukai OVA Kira ini karena kesan fanservice berlebihan dan cerita yang tidak dibutuhkan dan konyol (di salah satu episodenya, Rika menjadi mahou shoujo untuk melawan pasukan kejahatan).

Tunggu, ini masih Higurashi kan!?

Pada awal 2013, Studio Deen mengabarkan bahwa mereka akan kembali mengadaptasi Higurashi menjadi sebuah seri OVA yang dinamakan Higurashi no Naku Koro ni Kaku: Outbreak. Tidak seperti adaptasi-adaptasi sebelumnya, nampaknya adaptasi kali ini menekankan action dan thriller, dan juga nampak seperti zombie survival. Episode pertamanya ditayangkan pada 26 September kemarin.

Namun, entah apa yang terjadi, situs resmi Higurashi Project dinyatakan tutup seminggu lalu pada 31 Oktober 2013. Selain Kaku: Outbreak, masih terdapat dua proyek Higurashi lainnya dan sebuah proyek Pachinko. Dengan ditutupnya situs Higurashi Project tersebut, nampaknya kedua proyek yang sampai saat ini belum dijelaskan juga dibatalkan.

hpclose

Higurashi no Naku Koro ni adalah salah satu anime yang membuat saya mendalami dunia anime. Meskipun begitu, saya mengakui bahwa adaptasi anime seri Higurashi sudah terasa lewat terlalu banyak dan terlalu dimilking. Mengingat buruknya adaptasi anime Umineko no Naku Koro ni untuk bagian pertama dan tidak adanya kabar lanjutannya hingga saat ini, dan juga VN Rose Guns Days yang baru mencapai season 3, saya rasa akan ada waktu yang cukup lama sebelum karya Ryukishi07 bisa sekali lagi tampil di layar TV.

Bila inilah akhir dari adaptasi anime Higurashi oleh Studio Deen, maka saya hanya dapat memberikan salam hormat terakhir dan mengucapkan terima kasih atas kenangannya dan karena telah membawa saya ke dunia anime.

Sumber: SeventhStyle