2 Remaja Ditangkap Karena Uang Palsu, Yang (Katanya) Sangat Jelek

November 8, 2013 9:12 pm
2 Remaja Ditangkap Karena Uang Palsu, Yang (Katanya) Sangat Jelek

2 Remaja di Osaka ditangkap oleh polisi setempat setelah laporan adanya tindak penukaran uang palsu. Masing-masing berumur 15 dan 16 tahun. Mereka ditangkap di Suita setelah berusaha menukar uang palsu senilai 1 juta yen.

Di Jepang, hal seperti ini tetap merupakan pelanggaran berat dan dapat dipidana hukuman penjara, bahkan untuk remaja berumur 15 tahun. Lucunya, mereka mendapat keringanan hukuman dan hanya divonis atas dasar “penipuan” yang lebih ringan hanya karena ternyata “uang palsu yang mereka buat hasilnya sangat jelek”.

Kronologisnya adalah sebagai berikut, tanggal 4 kemarin mereka pergi menuju warung rokok terdekat untuk menukar uang palsu mereka dengan uang sungguhan. Mereka tidak pergi ke Conbini karena katanya pasti ketahuan, karena itu mereka memilih warung rokok kecil.

10000_yenes_anverso

Mereka berniat menukar satu-satu uang 10.000 yen ke 1000 yen di warung tersebut, yang mana diberikan oleh penjaga warung berumur 76 tahun, sebelum akhirnya ia sadar dan langsung menelepon polisi. Saat berhasil ditangkap dan ditanyai, mereka mengakui perbuatannya.

Di Jepang, tidak sulit menemukan uang “mainan” yang hasil jadinya cukup bagus, seperti yang ada di Amazon ini yang dijual seharga 2700 yen segepok.

two

Tetapi polisi yang mengurus kasus ini mengatakan bahwa uang palsu yang mereka gunakan hasilnya “sangat jelek”. Saya juga penasaran, hasilnya sejelek apa sih? Sejelek header image artikel ini kah? Atau saking jeleknya sampai membuat 2 proklamator kita facepalm di uang kertas?

uang-palsu

Sumber dan Gambar header: Rocketnews