[Review Event] HelloFest #9 Hari Pertama

November 10, 2013 11:07 am
[Review Event] HelloFest #9 Hari Pertama

Gelaran HelloFest kembali digelar, bertempat di Stadion Renang GBK. Bila kemarin di twitter JOI, kalian melihat beberapa situasi selama perhelatan HelloFest hari pertama maka kali ini saya akan membuat semacam review gelaran ini dengan lebih banyak foto lagi.

Saya tiba di Stadion Renang GBK sekitar jam 12, setelah bertemu dengan dua orang teman saya mulai berkeliling untuk melihat-lihat ada apa saja di gelaran HelloFest #9 ini. Dimulai dengan memasuki tenda pertama yang merupakan theater area, setelah memilih spot yang pas untuk duduk sembari ngaso dan melihat beberapa penampilan cosplayer di panggung.

cosplayer-1

cosplayer-2

cosplayer-3

Seiring waktu theatre area mulai penuh orang dan udara mulai panas, saya memutuskan untuk meninggalkan theatre area dan menuju area kolam renang. Diluar theatre juga sudah banyak orang dan cosplayer yang berlalu lalang.

pengunjung-1

pengunjung-2

pengunjung-3

pengunjung-4

cosplayer-4

cosplayer-5

cosplayer-6

Di area kolam renang sendiri telah banyak orang. Area kolam renang yang luas berubah menjadi area photosession sejumlah cosplayer dikarenakan banyaknya cosplayer yang berkumpul di area ini, termasuk beberapa cosplayer cowok dengan mengenakan jaket Iwatobi dan juga cosplayer cewek sebagai Gou.

kolam-1

kolam-2

kolam-3

kolam-4

kolam-5

kolam-6

kolam-7

kolam-8

Saking terlalu ramainya orang dan cosplayer yang memenuhi area ini, banyak cosplayer yang duduk dipinggiran kolam renang dan kemudian terjadilah insiden helm menyelam akibat helm milik salah cosplayer yang berdandan ala tentara tersenggol temannya saat bersenda gurau dipinggiran kolam.

kolam-9

Saya kembali berkeliling area HelloFest sekalian membeli minum, suasana sore yang tidak terlalu panas menyebabkan membengkaknya jumlah pengunjung HelloFest. Banyak orang memenuhi area makanan dan toko kaos.

pengunjung-5

pengunjung-6

pengunjung-7

toko-1

cosplayer-7

toko-2

Tak jauh dari area makanan dan toko kaos, terdapat sebuah tenda yang berisi booth Re-On, toko mainan dan merchandise.

pengunjung-8

toko-3

toko-4

toko-5

reon

Keluar dari tenda tersebut, memasuki tenda berikutnya. Tenda ini berisi indie artist, merchandise (lagi) dan sebuah booth minuman bersoda.

pengunjung-9

pengunjung-10

toko-6

toko-7

toko-8

pengunjung-11

pengunjung-12

toko-9

toko-10

toko-11

toko-12

toko-13

toko-14

Dan kembali menemukan booth yang menjual mainan KW.

toko-15

toko-16

Kembali berjalan, menjauhi booth yang menjual mainan KW, saya menemukan booth studio animasi yang tampak milik salah satu rumah produksi yang biasanya memproduksi sinetron.

animasi-1

animasi-2

Saat sedang memotret suasana didalam tenda tersebut, saya menemukan booth yang sepertinya cukup menarik perhatian saya.

pengunjung-13

Terpampang jelas tulisan “Jomblo” dengan ukuran huruf yang besar sehingga menarik perhatian para jombloers untuk mampir ke booth tersebut. Booth ini mengusung moto “Jomblo, Semangat Persahabatan”

jomblo-1

jomblo-2

jomblo-3

Oke, jangan terlalu lama berada di booth tersebut. Move on dengan mengunjungi booth Battle of Surabaya.

surabaya-1

surabaya-2

surabaya-3

Ada pula booth Sonic yang menjual berbagai merchandise yang berhubungan dengan Sonic tentunya.

sonic-1

Sebuah booth milik seorang indie artist cewek yang membuka jasa art commission yang pada saat saya kunjungi, ia sedang menggambar sebuah sketsa.

artist-1

artist-2

Lalu ada booth milik indie artist lain yang menjual karya buatannya dalam wujud pin dan merchandise lainnya.

artist-3

Kembali memotret suasana tenda sembari berjalan untuk keluar dari tenda ini.

toko-17

toko-18

Diujung tenda masih terdapat booth milik beberapa indie artist, salah satunya adalah Si Juki dan juga sebuah booth studio animasi lokal.

juki-1

juki-2

animasi-3

Dan booth milik HelloMotion, sebuah akademi sekaligus studio animasi lokal.

hellomotion

Keluar dari tenda tersebut, saya menemui pintu masuk dari sisi lain Stadion Kolam Renang GBK.

pengunjung-13

pengunjung-14

Memasuki tenda lagi, saya sendiri lupa sudah memasuki berapa tenda yang ada di area Stadion Renang GBK ini. Tenda ini sendiri berisi dua booth sponsor, booth J4U, booth British Counsil, booth Console Game Classic, booth Star Wars.

british

j4u

Pada booth Game Console Classic, kalian bisa bermain game-game klasik sambil ditemani para maid.

game-1

game-2

game-3

Booth Star Wars, di booth ini kalian bisa mencoba sebuah flight simulator pesawat tempur luar angkasa.

starwars-1

starwars-2

Dan yang terakhir, diujung tenda. Sebuah booth video animasi yang menampilkan animasi-animasi karya peserta HelloFest.

video-1

video-2

Keluar tenda lagi dan masuk tenda lagi. Dan saya kembali masuk ke Theatre Area, namun saya tidak merasa de javu karena saya disambut oleh orang-orang yang sedang melakukan aktivitas tidur didekat pendingin ruangan.

tidur

Tak jauh dari lokasi itu, sedang ada sesi wawancara pendiri dan pengagas acara HelloFest ini.

wawancara

Suasana yang agak lowong dibagian belakang digunakan beberapa orang untuk berkumpul dan bermain kartu sementara yang lain sedang terpaku menyaksikan tayangan animasi karya animator lokal, sepertinya.

main

nonton-1

nonton-2

Keluar dari Theatre Area, saya terbawa arus menuju ke bagian lain Stadion Renang GBK dimana ada beberapa booth yang belum saya kunjungi.

booth-1

booth-2

booth-3

booth-4

Saya melihat booth ini menjual nendo, saya pun bertanya harga nendo yang dijual di booth ini dan setelah mengetahui harga nendo yang harganya tak sampai 350.000 rupiah di booth tersebut saya memutuskan untuk pergi. Thanks for displaying non-original items.

booth-5

Ternyata disisi lain Stadion Renang GBK ini juga banyak para cosplayer berkumpul.

cosplayer-8

cosplayer-9

cosplayer-10

cosplayer-11

cosplayer-12

cosplayer-13

Malam pun bersambut, screening film animasi karya 102 finalis HelloFest dimulai. Namun saya tak mendokumentasikan screening tersebut karena takut ketinggalan kereta.

screening-1

screening-2

screening-3

Yang menjadi penyesalan bagi saya adalah adanya barang-barang KW dan non-original yang dijual pada acara HelloFest #9 namun saya menikmati acara ini. Sekian review saya tentang acara HelloFest #9 pada hari pertama. Tunggu review saya tentang HelloFest #9 hari kedua.

Sorry. No data so far.