6 Alasan Kenapa Kita Ingin Tinggal di Jepang

November 19, 2013 3:00 pm
6 Alasan Kenapa Kita Ingin Tinggal di Jepang

Hampir semua pembaca JOI (termasuk staffnya sendiri) itu pasti mau pindah dan tinggal di Jepang, kerja disana, punya keluarga disana sampai mati. Atau setidaknya tinggal sementara disana. Tapi kenapa? Sebatas karena Jepang (Tokyo terutama) adalah surga animanga atau hobi lain yang kita sukai? Pasti ada yang punya alasan lain, terutama yang suka Jepang bukan karena animanga.

Pertanyaan yang sama dilontarkan di salah satu message board besar, dan inilah beberapa jawaban yang muncul:

Ikuti kata hati (atau kemana “Adik Kecil” menunjuk :v )
Salah satu alasan yang sebenarnya paling populer adalah karena “cinta” (cieee). Kebanyakan dari mereka yang akhirnya tinggal di Jepang adalah karena saat mereka berkunjung ke Jepang untuk liburan atau alasan lain yang sebenarnya tidak untuk waktu yang lama, mereka berkata bahwa mereka menemukan jodoh mereka disana. Dimana akhirnya mereka menikah dan membangun keluarga disana, dengan orang Jepang. Satu cerita unik adalah saat seorang member forum bercerita kalau akhirnya ia menikah dengan anak tempat dimana ia pernah tinggal untuk homestay di Jepang. Mereka menikah setelah beberapa lama menjalin hubungan jarak jauh setelah waktu homestay berakhir.

29javKiraraAsuka01

Tapi tidak semua cerita seindah itu, jawaban yang lebih “jujur” adalah karena mereka ingin “mencicipi JAV dengan tubuh mereka sendiri”. JOI sendiri tidak mengerti apakah alasan ini cukup kuat sehingga dapat membuat mereka tinggal permanen disana, tapi mungkin memang beberapa kalangan orang memang “sekuat” itu. Satu jawaban lain yang lebih sederhana adalah “karena ingin bisa beli JAV original dengan mudah, bukan download”.

Seriously guys?

Ingin tinggal di tengah-tengah budaya Jepang
Tidak semua, tapi memang kebanyakan dari kita ingin tinggal di Jepang demi anime, manga dan game Jepang. Beberapa orang rupanya berkeinginan cukup kuat hingga akhirnya dapat pindah dan tinggal di Jepang karena hal ini.

japan_festival_matsuri1_480

Alasan lain untuk yang bukan otaku animanga adalah karena mereka suka dengan hal lain dari Jepang. Biasanya lebih berupa budaya, sejarah, dan seni disana.

Mengejar Karir
Mungkin jika dilihat secara gamblang, Jepang memang lebih “makmur” secara ekonomi dibandingkan Indonesia. Dan dengan banyaknya perusahaan Jepang yang masuk ke sini, tidak heran jika satu atau dua teman kita ada yang dimutasi atau mendapat kesempatan bekerja disana. Dan jika mereka mau dan memang memungkinkan, tinggal disana. Seperti beberapa teman saya sudah tinggal di Jepang berkat perusahaan mereka.

japanese-worke-mentality

Meskipun beberapa jurnal ekonomi dunia menulis betapa Jepang sedang atau akan segera dilanda krisis berkepanjangan karena satu dan lain hal (kebijakan Imigran yang ketat, angka kelahiran yang buruk dan sumber daya yang menipis) tampaknya hal ini tidak membuat teman-teman kita yang sedang bekerja disana untuk mengambil apa yang ada di depan mata mereka (gaji lebih besar [dibandingkan standar gaji Indonesia] dan atmosfer pekerjaan yang berbeda). Mari berharap tidak ada lagi Bubble Economy seperti yang dilanda Jepang pada periode 1980-1990.

Lebih baik dari rumah
Mari bertanya pada diri kita sendiri, terutama bagi teman-teman yang sudah pernah pergi ke Jepang, mana yang lebih baik, tinggal di Jakarta, atau Tokyo? Betul, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi bagi beberapa dari mereka yang sekarang tinggal di Jepang, disana merupakan tempat tinggal yang jauh lebih baik dari rumah kita disini.

Japan-houses-6-13-hybrid-house

Kebersihan, keamanan, budaya masyarakat dan suasana yang lebih “nyaman” membuat mereka rela berusaha untuk dapat pindah ke Jepang. Alasan yang lebih unik adalah karena mereka menikmati status sebagai “gaijin” disana. Terutama bagi kita yang percaya mitos bahwa “gaijin itu diincar banyak cewek!”. Masalahnya memang kita terlihat seperti Gaijin buat mereka?

“Sekalian”
Beberapa yang lainnya berkata sebenarnya mereka tidak punya alasan khusus kenapa akhirnya pindah ke Jepang. Bagi yang masuk kategori ini biasanya mereka terbawa kondisi. Seperti karena sudah kepalang tanggung karena sudah bekerja selama 10-15 tahun di Jepang, ya sekalian pindah dan tinggal disana.

Alasan lain
Beberapa jawaban lain yang muncul sulit untuk dikategorikan atau bahkan dimengerti dengan akal sehat. Ada jawaban yang mengatakan bahwa mereka tertarik dengan Jepang setelah menonton salah satu video klip artis Jepang, ada yang suka (banget) dengan Jepang gara-gara board game “Shogun”, tapi yang lebih aneh adalah yang ini.

43115899

“Salah masuk gerbang di bandara. Oh well, yo wis lah”

Kami yakin pasti banyak sekali alasan selain itu. Apa alasanmu berbeda dari yang ditulis diatas? Ataukah kamu sudah tinggal disana? Silakan share jawabanmu di komen atau Facebook!

Sumber; rocketnews

Gambar: header