Membungkuklah Pada Idolmu! Level Baru Pemujaan Idol Oleh Fans Arashi!

November 22, 2013 2:57 pm
Membungkuklah Pada Idolmu! Level Baru Pemujaan Idol Oleh Fans Arashi!

Kita sering lihat para fans dari grup idol mengekspresikan kecintaan dan kekagumannya pada idol-idol mereka, mulai dari mengirimkan hadiah, membuat tarian khusus sampai, terkadang, menjadi stalker sang idola tersebut. Namun kali ini fans dari grup pop Arashi melakukan sesuatu yang lain, mereka, dogeza!

6

Dogeza yang juga bisa diartikan dengan ‘membungkuk sampai menyentuh tanah‘ dilakukan oleh orang Jepang untuk meminta maaf pada orang penting atau atasan karena sebuah kesalahan besar yang telah kita lakukan. Aksi ini menuai banyak reaksi, terutama kritik pedas dari dunia twitter.

arashi1

Grup mega pop Arashi memang sedang melakukan tur nasional mengelilingi Jepang, dimulai dari Nagoya Dome seperti ditunjukkan foto diatas, kemudian Sapporo Dome, Kyocera Dome di Osaka, Tokyo Dome dan terakhir di Fukuoka Dome.

arashifanIni adalah kipas yang menjaga fans tetap dingin…. atau malah panas membara, terserahlah

Level dedikasi para fans yang sangat ekstrim kepada grup Arashi kemudian melahirkan julukan baru untuk mereka, para fans Arashi sekarang dikenal dengan ‘Arasick‘. Para Arasick ini membanjiri media sosial dengan foto-foto mereka melakukan dogeza, entah itu di stadion tempat konser, rumah, restoran, kuil khusus buatan sendiri, sampai cut-out anggota Arashi yang sedang mempromosikan kulkas.

ku-xlarge (2) ku-xlarge (1)ku-xlarge (4) ku-xlarge (3) ku-xlarge

Banyak situs Jepang yang menyatakan kalau dogeza di depan pernak pernik Arashi merupakan sesuatu yang sedang menjadi trend, namun mayoritas fans Arashi tidak melakukannya, tapi hanya sebagian kecil (yang urat malunya putus).

9

 Namun, para Arasick yang kemudian melakukan dogeza di depan Nagoya Dome mengakibatkan twitter dan matome naver dibanjiri reaksi-reaksi yang bervariasi – yang didominasi oleh reaksi negatif tentunya.  Karena sudah pasti, aksi seperti ini yang dilakukan di tengah publik sangat mengganggu dan membuat rasa tak nyaman bagi pejalan kaki lain.

ku-xlarge (5)

Para pengguna internet menganggap aksi para Arasick ini merendahkan, meresahkan, bahkan memalukan. Beberapa menyebut aksi ini tidak baik untuk nama Johnny & Associates (agensi talenta yang merepresentasikan para idol lelaki) dan juga untuk nama Arashi sendiri. Karena dengan aksi-aksi semacam ini, nama baik idolnya pun bisa ikut tercoreng.

Source: Rocketnews, Kotaku