[Midseason Review] Kamen Rider Gaim

November 25, 2013 7:33 pm
[Midseason Review] Kamen Rider Gaim

Kamen Rider merupakan seri yang tiap tahunnya selalu ada seri baru. Tetapi Kamen Rider terbaru ini, Gaim, menarik perhatian dari banyak orang karena ceritanya ditulis oleh Urobuchi, penulis VN dan anime yang terkenal cukup “gelap” (Saya no Uta, Madoka Magica, Psycho-Pass, Fate/Zero, dll). Apakah seri ini berhasil menjawab balik hype dari para pengikut Urobutcher? Berikut review kami setelah menonton hingga episode 6.

Kamen Rider dengan tema buah-buahan!?

mrgaim1n

Pengertian baru dari “ketimpa duren”.

Selain tema perang feudal dan baju zirah, tema utama yang mencolok dari Kamen Rider Gaim ini adalah tema buah-buahan. Ya, ini pasti hal yang paling pertama yang bikin orang-orang langsung ketawa/kecewa/tidak mau nonton/dll. Tapi sebelum anda memutuskan untuk melongkapi seri yang satu ini karena konsepnya, coba pikir dulu baik-baik, sebab:

  1. Kostum Rider nampak lebih bagus setelah bergerak. Memang ada beberapa pengecualian, terutama tegantung selera masing-masing (Onooreeee Diiikeeeiiidooooo), tetapi kostum Kamen Rider selalu nampak lebih menarik ketika bergerak ketimbang dilihat di gambar atau potongan majalah (Thank you, suit actor Takaiwa Seiji-san)
  2. Kecuali beberapa Arms seperti Pine & Ichigo Arms, anda tidak akan sadar kalau armornya itu desainnya diambil dari buah-buahan seandainya tidak disebut
  3. Karakter di serinya sendiri juga merasa kalau konsep “buah sebagai motif armor” itu konyol kok :p

mrgaim2

“WANJENG ITU ORANG KEPALANYA KETIBAN PISANG RAKSASA!?!?”
Keluar dari format biasa
mrgaim3

Lebih sering Rider-vs-Rider ketimbang Rider-vs-Monster.

Seperti yang disebut di interview Urobuchi, Kamen Rider Gaim nampak ingin keluar dari format-format yang sudah umum dengan Kamen Rider modern. Tidak seperti Kamen Rider lainnya, Gaim tidak mengikuti format biweekly monster di mana suatu monster muncul di satu ep lalu dikalahkan di ep berikutnya dengan atau tanpa form/jurus/rider baru. Sampai episode 6, kira-kira baru muncul 2 non-grunt monster (yang langsung dikalahkan di episode kemunculannya) dan Rider yang muncul sudah mencapai 7 (!) Rider.

Selain itu, bahkan konsep musuhnya sendiri juga beda. Walaupun ada sebuah organisasi besar yang nampaknya melakukan sesuatu di balik layar, sejauh ini tidak nampak kalau mereka adalah musuh utamanya (selain menyebarkan belt). Bahkan para Rider lebih sering bertarung dengan sesama Rider lain untuk perebutan daerah kekuasaan grup breakdance (Ya, ini juga konsep yang mungkin tidak umum untuk penggemar Kamen Rider).

Ideologi vs Ideologi
mrgaim4

Masing-masing Rider memiliki ide sendiri kenapa mereka harus bertarung.

Seperti seri-seri Urobuchi lainnya, inti kisahnya tidak hanya sekedar “Good-vs-Evil” (malah sampai sekarang masih belum jelas pihak antagonisnya itu siapa meskipun Zangetsu nampak cukup mengancam), tetapi tentang perbedaan ideologi dari para karakternya.
Di seri ini berkisah kalau para kelompok penari jalanan itu memiliki daerah kekuasaan masing-masing, dan cara untuk merebut daerah grup lain itu (entah kenapa) bukan dengan adu joget, tetapi dengan adu Pokemon Invess, monster-monster dari dimensi lain yang bisa dikendalikan dengan menggunakan Lock Seed. Pertarungan ini menjadi semakin kacau ketika kelompok-kelompok break dancer ini mendapat Sengoku Driver yang bisa menggunakan Lock Seed tersebut untuk berubah menjadi Kamen Armored Rider.
Ya, para Rider di KR Gaim tidak bertarung untuk keadilan atau menyelamatkan orang, mereka bertarung untuk melindungi dan/atau menambah daerah kekuasaan mereka dari Rider/grup penari lainnya, seperti tema perang feudal.

Pertarungan ideologi ini paling nampak di tokoh utama, Kouta (Kamen Rider Gaim), yang memiliki pemikiran di mana yang kuat harus melindungi yang lemah, dengan saingan utamanya, Kaito (Kamen Rider Baron), yang memiliki pemikiran di mana untuk menyelamatkan diri sendiri, orang tersebut harus menjadi kuat dengan sendirinya.

Mengingat kebiasaan Urobuchi, biasanya karakter tipikal tokoh utama anime yang semangat dan membela keadilan di kisah-kisahnya itu biasanya akan:

    1. Mendapat character development yang luar biasa

urobuchilive
Atau

    1. Mati konyol

urobuchidie

Kita lihat deh gimana nanti hasilnya.

Verdict: MUST WATCH
Kamen Rider Gaim membawakan konsep yang cukup JUICY fresh dan menghibur. Karakter-karakternya juga sangat menarik (siapa sangka Kurokage dan Gridon itu ternyata karakter lawak?). Nampaknya Kamen Rider Gaim tidak akan sekedar terkenal karena ditulis oleh Urobuchi.
Dan mengingat Urobuchi seringkali menyiapkan “jebakan” dari awal cerita (ini juga sempat disebut di-interviewnya), kita juga mungkin harus perhatikan jebakan-jebakan dan simbolisme-simbolisme dari Urobuchi.

gaim1banana2nutsPISANG DAN DUA BIJI