“Shingeki no Kyojin” Bukanlah Manga Terbaik 2013

December 9, 2013 5:19 pm
“Shingeki no Kyojin” Bukanlah Manga Terbaik 2013

Bukan hanya satu, tapi Kyojin dikalahkan 5 manga shonen lain sehingga harus puas di posisi keenam. Apakah karena terlalu traumatis?

20131125konomanga2014_cover

Saudara dari “Kono Light Novel ga Sugoi!”, Edisi tahun 2014 dari “Kono Manga ga Sugoi!” yang merangkum manga paling populer sepanjang tahun 2013 baru saja dirilis. Di dalamnya kita bisa melihat manga mana yang paling populer menurut pembaca Jepang. Didalamnya terdapat kategori Shonen Terbaik, Shoujo Terbaik, Majalah Shonen Terbaik dan Majalah Shoujo Terbaik.

Ba2YLoSCEAAjFnB-375x500

Dalam fokus “Manga Shonen Terbaik”, kita mendapati Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom) karangan Yuuhei Matsui sebagai pemenang tahun ini. Rupanya penjualan 200 juta kopi saja tidak cukup untuk mendongkrak ranking Kyojin dalam poll ini. Perlu diingat bahwa penjualan sebesar 200 juta kopi adalah jumlah yang amat luar biasa untuk ukuran manga, hal yang hanya bisa dicapai oleh beberapa manga saja sepanjang sejarah.

Tapi kemenangan Assassination Classroom juga bukanlah tanpa alasan. Sejak debutnya Juli 2012, manga yang satu ini terus menerus mendapat rating tinggi di majalah “Shonen Jump!” dan telah menjadi salah satu manga yang penjualannya paling tinggi meskipun belum mendapat adaptasi anime.

51wRd7OZK3L._SL500_AA300_

Di nomor 2 kita mendapat manga yang mungkin lebih jarang didengar oleh penikmat manga tanah air, “Sakamoto Desu Ga?” yang biasa disebut “SWAGamoto” oleh pembaca luar Jepang merupakan manga yang menurut saya tidak kalah menarik. Saking absurd menariknya saya merasa tidak pantas untuk menulis sinopsis manga koplak tersebut.

Nomor 3, 4 dan 5 ditempati “Ahito” oleh Emon Sakurai, Juuhan Shuutai dari Matsuda Naoko dan Seven Deadly Sins yang ditulis oleh Suzuki Nakaba.

Berikut Ranking lengkap untuk kategori Shonen;

1. Ansatsu Kyoushitsu – Yuuhei Matsui
2. Sakamoto Desu Ga? – Sano Nami
3. Ahito – Emon Sakurai
4. Juuhan Shuutai – Matsuda Naoko
5. Seven Deadly Sins – Suzuki Nakaba
6. Shingeki no Kyojin – Isayama Hajime
7- Hikidashi ni Terrarium – Ryoko Kui
8- Amaama to Inazuma – Gido Amagakure
9- On’noji – Shi Kawayuki
10- Houseki no Kuni – Haruko Ichikawa

Banyak dari manga-manga diatas yang mungkin asing ditelinga kita sebagai pembaca luar Jepang. Mari berharap beberapa dari manga tersebut akan mendapat adaptasi anime atau diterbitkan di Indonesia.

Kono-Manga-ga-Sugoi-2013-730x268

Pemenang lain dari kategori yang sama adalah Terra Formars (2012), Black Jack (2011) dan manga kesukaan kita semua Shingeki no Kyojin rupanya pernah memenangkan ini di tahun 2010.

Penasaran pemenang kategori Light Novel? Lihat di artikel sebelumnya

Sumber: SGCafe

Gambar: Header “Haganai” Eps3 End Card