Interview Penulis Skenario Dangan Ronpa Mengenai Game Terbaru Mereka

December 11, 2013 12:00 pm
Interview Penulis Skenario Dangan Ronpa Mengenai Game Terbaru Mereka

Setelah adaptasi anime dan port kedua gamenya ke PS Vita (yang entah kenapa translasi Inggrisnya hanya meliputi game pertama), Danganronpa akan mendapatkan game spinoff berjudul Danganronpa: Another Episode di PS Vita yang memiliki genre action-adventure. Baru-baru ini Famitsu mengadakan interview dengan penulis skenario Spike Chunsoft, Kazutaka Kodaka, mengenai game terbarunya itu.

dri

“Sebenarnya aku belum banyak memikirkan hal-hal seperti ‘Aku ingin membuatnya di hardware ini’ atau ‘Aku ingin membuat fungsi ini’,” ucap Kodaka. “Seperti yang sebelumnya Aku bilang, Aku ingin membuat game yang bisa Aku nikmati seandainya Aku adalah player biasa”.

Famitsu kemudian menanyakan apakah itu juga merupakan salah satu dasar pembuatan Danganronpa

“Benar, atau setidaknya kurang lebih seperti itu,” balas Kodaka. “Aku benar-benar membayangkan apa yang akan kupikirkan seandainya Aku adalah player biasa. Di masa depan, ketika Aku sudah berumur sekitar 80 tahunan, setelah Aku lupa kalau aku pernah membuat game ini, Aku sangat ingin menyobanya sendiri.”

Famitsu kemudian melanjutkan dengan menanyakan apakah Danganronpa: Another Episode adalah game yang ia sendiri ingin buat.

“Ya, aku selalu ingin mengerjakan game action-adventure dan juga membuat skenarionya, jadi aku memperkirakan game ini akan menjadi tantangan di kedua bagian itu,” jawab Kodaka.

“Game pada jaman ini sudah menjadi lebih murah ketimbang pada jaman Super Famicom. Tapi itu tidak berarti orang akan dengan mudah membeli semuanya, jadi jelas kalau seri yang populer akan terjual lebih banyak. Mengingat itu, aku yakin bahwa Danganronpa memiliki awal yang baik, tapi karena sekarang anime dan semacamnya sudah membuatnya semakin populer, sekarang adalah waktu yang baik untuk berpetualang dengan game-game spin-off.”

“Ketimbang membuat sekuel atau spin-off yang tidak banyak berbeda dengan aslinya, kami membuat game dengan tantangan akan ingin membawa seri ini lebih jauh daripada apa yang para fans harapkan.”

Kemudian, Famitsu menanyakan seberapa jauh pengerjaan game spin-offnya.

“Gamenya masih dalam pengerjaan, tapi plotnya kurang lebih sudah selesai, dan saat ini kami sedang dalam fase membuatnya menjadi skenario,” ujar Kodaka. “Baru-baru ini aku menunjukkan plotnya ke anggota staff baru, karena aku merasa moodnya agak berbeda dibandingkan dengan dua game pertamanya, dan merasa skenarionya juga akan terasa berbeda, tetapi aku merasa lega ketika mendengar mereka mengatakan ‘Yap, ini Danganronpa.’ ”

“Untuk sebuah game action, game ini akan memiliki jumlah skenario yang cukup besar, dan aku yakin para fans akan puas. Sebagai sebuah game spin-off, game ini akan berbeda dari kedua game Danganronpa pertama, tapi kami mengerjakan sesuatu yang tetap memiliki karakteristik seri ini, yang mana Aku yakin sejauh ini kita kerjakan dengan baik,” ujar Kodaka.

“Untuk sekarang kami juga ada beberapa bagian action untuk diselesaikan, tapi akan ada karakter-karakter baru, dan kami sangat ingin menunjukkan mereka. Silahkan tunggu pengunguman kami berikutnya.”

Danganronpa: Another Episode akan dirilis di PS Vita. Game pertamanya, Danganronpa: Trigger Happy Havoc, akan dirilis dalam bahasa Inggris di PS Vita pada 11 Februari 2014.

Sumber: Siliconera