Seorang Hikikomori Telantarkan Mayat Ayahnya Selama Seminggu Lebih

December 13, 2013 11:48 am
Seorang Hikikomori Telantarkan Mayat Ayahnya Selama Seminggu Lebih

Seorang anak di Jepang membiarkan mayat ayahnya membusuk begitu saja di rumahnya selama lebih dari satu minggu, alasannya? Karena dia seorang Hikikomori.

hiki-0

Di Osaka, daerah Shimizu, pada tanggal 12 Desember, dari salah satu rumah susun bertingkat 5, seorang pria pengangguran berusia 34 tahun, menelpon polisi dan melapor, “Ayah saya meninggal.” Menurut kepolisian Osaka, sang ayah yang juga pengangguran berusia 68 tahun ditemukan tak bernyawa di atas kasurnya.

Menurut laporan, tidak ada luka luar yang mencolok dari mayat tersebut, dan sang anak berkata,”Ketika saya bangun pada tanggal 1 Desember, ayah saya sudah tidak bernafas, tetapi saya tidak melaporkannya, karena saya hikkikomori.”

Hikikomori sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut fenomena di Jepang dimana seorang menarik diri dari kegiatan sosial, bahkan hingga titik ekstrim dia akan mengisolasi dirinya sendiri.

Pihak kepolisian meminta penjelasan lebih lanjut kepada sang anak yang dijadikan tersangka karena telah mengabaikan mayat ayahnya. Pihak kepolisian juga melakukan otopsi atas mayat sang ayah. Sang ayah hanya tinggal berdua dengan anaknya, dan dikatakan dia menderita suatu penyakit dan sering pergi ke rumah sakit, sebelum akhirnya meninggal dunia.

03.02.07_10-02-53_NHK

「僕は引きこもり」と父の死通報せず 死体遺棄容疑で長男を聴取 via hachimakioku