Sehari Di Akihabara 03 : “Lovelive! Akihabara Invasion!”

December 15, 2013 11:43 am
Sehari Di Akihabara 03 : “Lovelive! Akihabara Invasion!”

Kembali lagi ke seri jalan-jalan di Akihabara, kali ini seri yang cukup spesial karena saya sendiri seperti menjelajahi daerah-daerah di Akihabara yang belum pernah saya jelajahi, mulai dari kolong jembatan sampai dengan tempat parkir mobil!

IMG_1815

Iklan Lovelive! School Idol Festival di depan stasiun Akihabara

“Lovelive! School Idol Festival Jacks Akihabara”, yaitu suatu event untuk mempromosikan game Lovelive School Idol Festival, yang diadakan pada tanggal 13-14 Desember 2013. Beberapa hal yang termasuk di dalam event ini, antara lain :

  • Lomba High Score Challenge untuk game Lovelive School Idol Festival yang diadakan pada tanggal 13-14 Desember 2013. Pesertanya dipilih secara acak melalui pendaftaran via e-mail, dan masing-masing partisipan akan mendapatkan stiker gratis untuk hadiah partisipasi.
  • School Idol Festival Ita-chari (sepeda keranjang dengan gambar Lovelive!) mengelilingi Akihabara pada kedua hari tersebut. Beserta dengan para gadis-gadis cantik yang mengenakan baju seragam Otonogizaka Gakuen pula, tentunya.
  • Akan dipasang 9 poster ukuran besar dari kartu-kartu Lovelive School Idol Festival di berbagai tempat-tempat di Akihabara, terbatas untuk kedua hari tersebut.
  • Di berbagai layar dan billboard di Akihabara akan ditayangkan iklan-iklan Lovelive! School Idol Festival.

Sehubungan dengan adanya event itu, maka pada tanggal 14 Desember, saya memutuskan untuk pergi ke Akihabara, untuk mencari masing-masing poster yang terletak di seluruh penjuru Akihabara tersebut. Berikut adalah kisah perjalanan singkat saya hari ini.

DSC03336

Sesampainya di stasiun Akihabara, saya langsung ke arah Akihabara Radio Tower, dan menunggu para cosplayer yang mengenakan baju Otonogizaka Gakuen untuk tiba sambil membawa Ita-charinya. Tepat pukul 11.00, mereka datang sambil membawa Ita-chari Lovelive!

DSC03354DSC03332DSC03324DSC03315

Cantik-cantik bukan? Meski saya akan lebih senang apabila para seiyuunya yang datang ke sana, meskipun bila para seiyuu yang datang, saya yakin tidak akan sesepi ini..

Setelah selesai sesi foto-foto, mereka mulai mengelilingi Akihabara sambil membawa sepeda tersebut, dan dimulailah petualangan saya mencari poster-poster tersebut.

Lokasi poster-poster tersebut dapat dilihat di peta di bawah ini :

Lovelive School Fest Map

Melihat peta tersebut, terutama lokasi nomor 6, saya mulai meragukan apakah saya bisa menemukan semua poster tersebut, karena banyak tempat yang belum pernah saya datangi. Akan tetapi dengan modal Google Maps dan informasi dari official website, saya memulai pencarian saya.

1. Gamers Akihabara Main Branch – Kousaka Honoka

IMG_1805IMG_1658IMG_1662

Oke, ini toko yang paling mudah saya temui, karena merupakan salah satu toko yang saya sering datangi, terutama dengan adanya museum-museum seperti museum Infinite Stratos, Blazblue, Neptunia, dan Prisma Illya, saya selalu mendatangi toko ini setiap kali datang ke Akihabara.

Poster Honoka terletak tepat di depan pintu masuk, sehingga mudah sekali untuk ditemukan. Yang sangat disayangkan adalah poster tersebut digantung lumayan tinggi, sehingga agak sulit untuk difoto.

2. Asobit City – Sonoda Umi

IMG_1807IMG_1709IMG_1708

Asobit City, terletak di jalanan yang dapat dicapai setelah melewati lorong yang berada di samping bangunan yang sedang dibangun, merupakan tempat menjual barang-barang hobby, CD, dan sebagainya.

Poster Umi juga terletak di depan toko, tetapi pada awalnya saya tidak melihatnya dan setelah selesai mengelilingi bagian dalam toko, baru saya menyadari bahwa posternya berada di depan. ^^

3. Tokyo Anime Center with Aruaru City – Koizumi Hanayo

IMG_1732

IMG_1737

IMG_1738
Tokyo Anime Center with Aruaru City, toko merchandise anime, yang pada saat ini sedang mengadakan pameran dari anime Nagi No Asukara, terletak di lantai 4 dari Akihabara UDX, gedung perkantoran yang juga biasanya digunakan untuk event-event besar seperti Gundam Expo dan Tamashii Nations Expo.

Poster Hanayo terletak di belakang kasir. Agak terpencil, sehingga saya kurang menyadarinya, dan pada saat saya mengambil fotonya, penjaga kasirnya sampai jongkok agar saya bisa mengambil fotonya. Maaf merepotkan ya, nona penjaga kasir.^^

4. Akihabara UDX Car Park – Hoshizora Rin

IMG_1809IMG_1721IMG_1720IMG_1717IMG_1716

Salah satu poster yang sangat merepotkan, karena saya tidak mengetahui di mana poster ini berada! Petunjuk yang diberikan hanyalah berada di tempat parkir, yang mana tempat parkir tersebut terdiri dari 3 tingkat (B1-B3), saya sampai naik turun beberapa kali karenanya. Kemudian saya melihat di lantai B1 ada ruangan manajemen parkir. Saya mencoba untuk pergi ke sana dan akhirnya menemukan posternya.

5. Wonder T-Shirts Festival Neo – Toujou Nozomi

IMG_1812

IMG_1745IMG_1749IMG_1748

Lagi-lagi, salah satu toko yang belum pernah saya dengar sebelumnya, dengan letak yang amat terpencil dan pintu masuk yang kecil, saya sampai harus mencari alamatnya menggunakan Google Maps, sampai akhirnya menemukan pintu masuknya. Wonder T-Shirts Festival Neo terletak di jalan belakang dari gedung Sofmap, dan merupakan toko yang menjual baju-baju anime dengan merk “Mars16”, dan seringkali merilis baju-baju Lovelive!

Poster Nozomi digantung di pinggiran toko, mudah ditemukan karena tokonya sendiri tidak terlalu besar.

6. Cafe Asan – Yazawa Nico

IMG_1757
IMG_1752

IMG_1754

Cafe Asan terletak di Aki-Oka Artisan, yaitu semacam shopping street yang berada di kolong jembatan. Sangat berbeda dengan kolong jembatan di Jakarta.

Nico adalah poster terakhir yang saya datangi, karena berada sangat jauh di ujung, dan sebelumnya memang saya belum pernah ke tempat ini, maka saya cukup terkejut pada saat datang ke daerah ini. Di kanan dan kiri dari jalanan di bawah kolong jembatan itu terdapat sederetan kios-kios dan juga restoran. Mungkin kalian yang tertarik untuk ke Akihabara bisa mencoba untuk pergi melihat-lihat tempat ini.

Poster Nico terletak di depan restoran, sehingga saya langsung memotretnya.

 7. Sanseido Book Store Atre1 Akihabara – Ayase Eli

IMG_1806IMG_1705IMG_1704IMG_1703

Jujur, saya pikir awalnya Sanseido itu toko kosmetik, karena saya teringat oleh merk kosmetik Shiseido, sampai saya sadar ada embel-embel Book store di belakangnya. Sanseido Book Store terletak di lantai 2 dari Atre 1 Akihabara, yaitu pusat perbelanjaan yang terletak di stasiun Akihabara.

Poster Eli diletakkan di sudut toko, beserta dengan buku-buku Lovelive!

8. Sofmap Amusement Building – Minami Kotori

IMG_1810IMG_1701IMG_1700IMG_1698

Sofmap Amusement Building terletak tidak jauh dari Gamers Akihabara, dan merupakan salah satu sofmap yang banyak menjual game dan juga CD-CD lagu.

Poster Kotori terletak di lantai tempat penjualan CD lagu, beserta dengan rak yang menjual CD-CD lagu Lovelive!

9. Akiba Sofmap Branch 01 – Nishikino Maki

IMG_1811

IMG_1696IMG_1695IMG_1694

Yang terakhir adalah Akiba Sofmap, tempat yang menjual CD-CD lagu-lagu Idol, dan juga merchandise anime yang terletak agak di tengah-tengah Akihabara, dekat dengan gedung Bellesalle Akihabara, yang juga seringkali digunakan untuk event-event seperti Fantasia Bunko 25th Anniversary Festival yang diadakan beberapa bulan lalu.

Sang Putri, Nishikino Maki,  yang akhir-akhir ini mencapai puncak popularitasnya dan juga menjadi pemeran utama dalam OVA untuk single terbaru mereka, berada di lantai 2 dari Akiba Sofmap ini, beserta dengan tumpukan CD single terbaru mereka.

Demikian petualangan saya mencari seluruh poster tersebut, meskipun sebenarnya urutan poster yang saya temukan tidak sesuai dengan apa yang saya tuliskan di atas. Yang sebenarnya adalah : Honoka – Maki – Kotori – Eli – Umi – Rin – Hanayo – Nozomi – Nico, dan waktu yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 1.5 jam untuk menemukan semuanya, terutama karena Rin dan Nozomi agak sulit untuk ditemukan.

Setelahnya, pada pukul 15.00, di depan gedung Akihabara Radio Tower, diadakan lomba Lovelive! School Idol Festival, yang diikuti oleh beberapa peserta yang terpilih melalui e-mail. Para Loveliver (sebutan untuk penggemar Lovelive!) yang beruntung mendaftar ulang pada saat jam 13.30 untuk mengikuti lomba ini. Untuk informasi, sebelumnya lomba ini juga pernah diselenggarakan pada saat Tokyo Game Show, dan karena cukup menarik perhatian para penggemar, lomba ini diadakan kembali.

IMG_1776IMG_1773

Para kontestan bermain dengan menggunakan tablet yang sudah disediakan, dan juga dengan lineup idol yang sudah disediakan, sehingga pemain yang memang memiliki skill dalam bermain, sudah pasti menjadi juara pertama (meski juga dipengaruhi dengan faktor trigger skill yang menggunakan persentase).

Setelahnya, pada pukul 16.00, Ita-chari kembali ke tempatnya beserta dengan para gadis-gadis dengan seragam Otonogizaka Gakuen, dan kemudian sesi foto-foto kembali dimulai.

DSC03337DSC03351DSC03346

Sesi foto-foto tersebut sekaligus mengakhiri perjalanan saya hari ini. Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan adanya event seperti ini, karena saya bisa mengetahui tempat-tempat di Akihabara yang belum pernah saya jelajahi.

Lovelive! School Idol Project sendiri memang cukup erat kaitannya dengan Akihabara, karena sekolah mereka terletak dekat dengan Akihabara, serta kuil yang mereka sempat pergunakan untuk latihan, Kanda Myoujin, juga terletak tidak jauh dari Akihabara.

Idol Group secara keseluruhan memang identik dengan Akihabara, maka dari itu kalian yang suka dengan Idol Group, seperti AKB48 dan lain-lain, jangan lupa juga untuk mengunjungi berbagai macam toko-toko Idol di Akihabara, pada saat kalian jalan-jalan ke Jepang.

Sampai jumpa di lain waktu, jangan lupa juga baca artikel-artikel Lovelive! School Idol Project lainnya di sini.