Universitas Hikikomori Untuk Membantu Para Hikikomori

December 16, 2013 5:02 pm
Universitas Hikikomori Untuk Membantu Para Hikikomori

Sesuai dengan namanya “Universitas Hikikomori”, adalah sebuah sesi kelompok yang dimulai oleh para Hikikomori – introvert ekstrim yang lebih memilih untuk hidup sendiri jauh dari kehidupan sosial untuk jangka waktu yang panjang – sebagai langkah awal untuk memulai berinteraksi dan berbagi rasa dengan orang lain yang mengalami masalah yang serupa.

Guru Hikikomori dan siswa akan mengadakan sebuah sesi di “Universitas” tersebut. Meskipun hingga saat ini masih belum ada jadwal rutin, sesi tersebut sudah diadakan di Tokyo dan Fukuoka dan dukungan untuk Universitas tersebut semakin bertambah di seluruh Jepang.

Sesi pertemuan tersebut tidak hanya bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat pada kesulitan yang dihadapi para Hikikomori, tetapi juga dimaksudkan agar para hikikomori bisa melihat perspektif yang berbeda dari diri mereka sendiri.

Meski awalnya sesi pertemuan lebih diarahkan sebagai sebuah sesi konseling, dimana setiap orang dapat berbagi masalah dan kesulitan yang dihadapinya, mereka juga memutuskan untuk memperkenalkan gagasan sebuah sesi pembelajaran dan cara berpikir yang bermanfaat bagi para hikikomori.

Biaya kuliah untuk tiap sesi bervariasi dan bergantung pada kemampuan keuangan para siswa dan juga kepuasaan mereka atas tiap sesi. Pertemuan terakhir universitas tersebut diadakan pada bulan September dan dihadiri oleh 20 peserta dan mereka juga membahas sebuah proposal untuk kelanjutan “komunitas hikikomori.” Ide dasar untuk membuat sebuah komunitas tersendiri di daerah berpenduduk jarang dan mereka ingin mendapatkan peluang untuk bekerja di rumah melalui Internet.

Saat ini, panitia telah menerima 80 email yang menyatakan dukungan dan keinginan untuk bergabung dengan sesi berikutnya.

800px-Hikikomori_,_Hiasuki,_2004

Di Jepang Hikikomori memang masih menjadi masalah tersendiri, menurut wikipedia, pemerintah Jepang memperkirakan bahwa pada tahun 2010 terdapat 700.000 penduduk yang hidup sebagai Hikikomori dengan umur rata-rata 31 tahun, beberapa diantaranya bahkan sudah di usia 40 tahun dan sudah menjalani hidup sebagai Hikikomori selama 20 tahun.

via JDP