Jangan Heran Jepang Sulit Berbahasa Inggris, Media Belajarnya Saja Seperti Ini

December 24, 2013 10:27 am
Jangan Heran Jepang Sulit Berbahasa Inggris, Media Belajarnya Saja Seperti Ini

Banyak depiksi di manga dan anime bahwa Bahasa Inggris itu sulitnya nauzubillah bagi orang Jepang. Karakter yang bisa bahasa Inggris itu kalau bukan blasteran pasti pintar atau genius. Benarkah sesulit itu buat mereka?

Mungkin sebenarnya tidak separah itu, tapi memang benar sebagai salah satu bahasa internasional utama yang dipakai banyak orang di seluruh dunia, tingkat penerimaan masyarakan Jepang terhadap bahasa Inggris masih cukup rendah, seperti yang didepiksikan oleh salah satu iklan mi instan ini. Banyak cara dilakukan untuk bisa meningkatkan level bahasa Inggris orang Jepang, seperti les dan media pembelajaran non-formal.

Beberapa diantaranya adalah video Youtube dan Twitter. Bagi kita pun ada beberapa channel atau akun twitter dimana kita bisa mendapat twit reguler tentang kalimat sederhana atau grammar dasar untuk belajar bahasa Inggris. Jepang juga punya, meskipun tidak seperti yang dibayangkan.

Salah satu akun twitter yang menyediakan kalimat sederhana untuk belajar bahasa Inggris adalah @NISE_TOEIC yang dimotori oleh Nakayama-san. Nakayama juga adalah seorang pembuat buku belajar bahasa Inggris, yang isinya kira-kira seperti ini;

barbed-wire

Sudah merasa cukup aneh? Lihat dulu twitternya;

teoic1

Saking anehnya, koleksi twit dalam akun itu pun dibuat menjadi buku! Tidak heran sih, memang menarik dan membuat kita ingat dan hafal beberapa kata Inggris! Tapi apakah kita benar akan memakainya itu urusan lain.

Malas baca? Gimana kalau video online learning? Yang dibawakan oleh 3 cowok bule topless?

herbal-essences-trio

Kenalkan Ricky, Matt dan Justin! 3 cowok bule seksi ini akan mengajarimu berbahasa Inggris yang baik dan benar di beberapa situasi yang biasa kita temui seperti nyasar di bandara asing, kencan, dan jalan-jalan! Silakan lihat 7 video yang pasti akan membantumu(wanita) untuk belajar bahasa Inggris!

Twit dan Video itu mungkin hanya sedikit dari banyak media pembelajaran bahasa Inggris bagi orang Jepang, dan patut dicatat bahwa saya percaya Jepang punya kurikulum sungguhan yang ampuh untuk meningkatkan standar penggunaan bahasa Inggris untuk masyarakatnya.

Untuk mengetahui standar bahasa Inggris di masyarakan Jepang akhir-akhir ini, silakan lihat contoh tes bahasa Inggris untuk kelas UNIVERSITAS dibawah ini;

28a54a2d 823677f3

… Tampaknya kita masih harus belajar sedikit bahasa Jepang kalau-kalau kita nyasar saat berkunjung ke Tokyo.

Sumber: Rocketnewsdan Herbal Essence JP Youtube
Gambar: header