Kampanye Keamanan Mendengarkan Musik Menggunakan Karakter Moe

December 26, 2013 2:30 pm
Kampanye Keamanan Mendengarkan Musik Menggunakan Karakter Moe

Jaman sekarang, di Jepang sepertinya segala sesuatu dimoefikasi, mulai dari maskot-maskot untuk software komputer, maskot untuk transportasi, sampai hal-hal penting seperti maskot kampanye kepolisian Osaka untuk menanggulangi kejahatan, dan sekarang ada maskot untuk menciptakan lingkungan yang tepat dan aman untuk mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone, dengan slogan Safe Listening.

safelistening04

Safe Listening, sesuai dengan namanya, yaitu merupakan situs yang dibuat untuk menginformasikan kepada kita, terutama yang sering mendengarkan musik melalui headphone ataupun earphone, untuk menikmati musik dengan cara yang benar, dan juga membenarkan kebiasaan mendengarkan musik kita yang seringkali salah, misalkan mendengarkan musik dengan volume yang tinggi dan untuk jangka waktu yang lama. Untuk lebih mendekatkan diri kepada para pembaca, dipakailah maskot yang bernama Sakamoto Mone.

safelistening02

Sakamoto Mone, seorang gadis SMU dengan tanggal lahir 27 Oktober, golongan darah AB. Makanan kesukaannya antara lain adalah takoyaki, genghis khan dan makanan-makanan pedas. Sebagai image character untuk kampanye ini, gadis ini juga tentunya memiliki hobi mendengarkan musik.

safelistening03

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendengarkan musik, antara lain :

  • Safe Listening Environments : intinya adalah, jangan menggunakan kedua earphone pada saat sedang berjalan, terutama pada saat menaiki sepeda atau motor, karena dengan mendengarkan musik tersebut, kita jadi kurang awas dengan keadaan sekitar, seperti mobil, metromini atau angkutan umum lain yang tiba-tiba lewat di samping kita, atau mungkin seburuk-buruknya kita bisa mengalami kecelakaan karenanya.
  • A Warning About Volume : penyesuaian volume dalam mendengarkan musik amatlah penting, terutama untuk kesehatan telinga kita. Pada saat berada di lingkungan yang berisik, boleh saja kita menaikkan volume agar bisa mendengarkan musik, tetapi pada saat kita berada di lingkungan yang sepi, volume juga harus disesuaikan, karena tanpa sadar kuping kita mengadaptasi dengan volume musik yang kita dengarkan.
  • Give Your Ears a Rest : kebanyakan mendengarkan musik dalam waktu lama akan menjadi sumber masalah pendengaran, seperti berkurangnya kemampuan pendengaran dan juga kesulitan dalam membeedakan suara yang besar dan kecil. Jadi, istirahat sangatlah penting, meskipun hanya sekadar pergi ke toilet atau untuk minum kopi, untuk menjaga kualitas pendengaran kita.

Tentunya, seperti iklan layanan masyarakat pada umumnya, kampanye ini juga disponsori oleh beberapa toko-toko penjual headphone, antara lain Fujiya Avic, E-earphone dan Aiuto.

safelistening05

Bagi kalian yang suka dengan karakter Sakamoto Mone ini, di websitenya juga disediakan wallpapernya untuk diunduh, bisa kalian lihat di sini. Safe Listening juga memiliki facebook pagenya di sini.

Sumber : Safelistening