[Review] Persona 3 The Movie – #1 Spring Of Birth-

December 26, 2013 12:09 pm
[Review] Persona 3 The Movie – #1 Spring Of Birth-

Persona 3 The Movie #1 Spring Of Birth , salah satu anime movie yang paling dinanti-nantikan oleh para fans persona, yang merupakan awal dari trilogi movie Persona 3. Akan tetapi, apakah movie ini memenuhi ekspektasi para fans? Berikut adalah review singkat kami.

p3m

Seperti Adaptasi Pada Umumnya, Selalu Ada Detail Kecil Yang Dihilangkan
Movie pertama ini mengkover cerita mulai dari permulaan, sampai dengan Yamagishi Fuuka bergabung, atau dengan kata lain, siklus 3 kali full moon dalam gamenya, yang dikemas dalam film berdurasi 90 menit. Dengan keterbatasan waktu itulah, ada beberapa faktor dari gamenya yang tidak diceritakan di movie ini, seperti social link orang-orang yang tidak berhubungan dengan cerita inti, tidak ada diceritakan sama sekali.

p3m2
Fokus pada movie pertama ini paling banyak adalah untuk cerita Fuuka dan Junpei, sehingga bagian awal movie akan terasa agak cepat, untuk menceritakan lebih banyak tentang mereka.

p3m4

Character Development yang Baik
Sang protagonis, yang dinamakan Makoto Yuuki di anime ini, pada awalnya adalah seorang sosok yang tidak perduli kepada apapun, termasuk kehidupan ataupun kematian, tidak banyak berbicara (sama seperti di game), hanya menuruti saja apa yang dikatakan oleh orang lain, tanpa adanya kemauan dari dirinya sendiri untuk bertindak. Seiring berjalannya waktu, ia akhirnya menyadari pentingnya pertemanan dan juga mempunyai kemauan untuk melindungi semua orang dengan kekuatan yang dimilikinya.

p3m3

Aspek-Aspek Dari Gamenya Dipertahankan
Sama seperti Persona 4, salah satu keunggulan dari Persona 3 adalah soundtracknya. Movie ini tetap menggunakan soundtrack dari gamenya, bahkan ada beberapa yang diremix ulang untuk versi movienya. Selain itu, mereka juga menggunakan senjatanya untuk bertarung, tidak seperti Persona 4 yang kebanyakan hanya mengandalkan Persona mereka untuk bertarung.

Selain mempertahankan aspek game, penciptaan nuansa dunia yang gelap dan suram juga dibuat dengan baik, terutama pada saat pertama kali diperlihatkan tentang Dark Hour, memberikan kesan yang mengerikan menurut saya.

P3M-JP-Date_001

Verdict:
Saya sangat puas dengan movie ini. Meskipun saya merasa pacingnya agak cepat dan juga beberapa detail kecil dihilangkan, tetapi secara keseluruhan saya menganggap film ini amat layak untuk ditonton, terutama bagi kalian fans game Persona 3.

Akan tetapi, mungkin bagi kalian yang belum pernah memainkan Persona 3, mungkin akan cukup sulit untuk mengerti ceritanya hanya dengan menonton film ini, dan saya sarankan agar menontonnya bersama dengan teman kalian yang mengerti tentang Persona, atau mungkin menunggu kelanjutan filmnya, karena memang film ini dapat dikatakan masih merupakan permulaan dari semuanya.

p3m00

Natal yang dihabiskan dengan menonton P3 ;_;

Persona 3 The Movie – #1 Birth Of Spring-, mulai ditayangkan di bioskop-bioskop di Jepang mulai tanggal 23 November 2013, dan masih tayang sampai saat ini. Merupakan movie pertama dari trilogi Persona 3, yang rencananya movie keduanya, Midsummer Knight’s Dream, akan tayang pada musim panas 2014, yang kemungkinan besar akan menceritakan tentang Aegis, yang sempat muncul di penghujung film.