Saluran Televisi Khusus Hiburan Jepang Siap Mengudara di Indonesia Februari

January 1, 2014 12:49 am
Saluran Televisi Khusus Hiburan Jepang Siap Mengudara di Indonesia Februari

Mungkin akhirnya kini kalian akan punya alasan untuk kembali menyalakan dan menonton televisi kalian karena pemerintah Jepang akan mendanai sebuah saluran yang akan menayangkan anime, drama Jepang, program musik dan pariwisata di Indonesia pada bulan Februari ini.

Pemerintah Jepang mengalokasikan dana sebesar 15,5 Milyar Yen atau sekitar 1.8 Trilyun Rupiah untuk pembiayan saluran tersebut, biaya besar itu akan digunakan untuk biaya pembuatan subtitle maupun sulih suara, juga biaya promosi, kantor dan biaya produksi program. Selain di Indonesia pada bulan Februari saluran ini juga akan hadir di Thailand pada Januari, Kamboja pada April.

Saluran ini tampaknya merupakan kelanjutan dari program Cool Japan yang dicanangkan oleh pemerintah Jepang dan berbagai perusahaan untuk mempromosikan budaya modern Jepang termasuk manga dan anime keluar negeri. Program ini mempunyai pemikiran bahwa kekuatan jepang dalam bisnis dan hubungan internasional terletak dalam anime, manga, film, fashion serta bidang-bidang yang berkaitan dengan kesenian dan hiburan Jepang.

Koran Jepang Sankei Shimbun melaporkan bahwa pemerintah meluncurkan program saluran ini juga sebagai “kekuatan lembut” untuk membantu melawan citra negatif yang disebarkan oleh China dan Korea Selatan, terutama yang berkaitan dengan sengketa teritori dari ketiga negara tersebut.

f568819907a86e0ae9d7cfeb3b7219b0

via ANN