Kantai Collection Adalah Game Paling Fenomenal di Jepang

January 2, 2014 4:24 pm
Kantai Collection Adalah Game Paling Fenomenal di Jepang

Jika berbicara game yang paling “wah” di 2013, mungkin banyak orang berpikir GTA V, atau mungkin lebih ke perang konsol, atau mungkin game lain yang informasinya tidak tersentuh oleh saya yang notabene bukan gamer ini. Tapi di Jepang, jelas sekali siapa yang menyingkirkan semua itu.

kancole-1

Game web browser simpel bernama Kantai Collection(Kancolle) yang muncul dengan sopan pada kuartal awal tahun 2013 menghempaskan semua game baru itu.  Tanpa angin tanpa hujan marketing yang menggebrak, Kantai Collection berhasil mendapat 150.000 pemain pada bulan Juli, 2 bulan sejak peluncurannya bulan April.

Dengan itu saja mungkin sebenarnya para staff Kancolle sudah sangat puas. Sebagai perbandingan, game web browser di Jepang bisa dikatakan “sukses” jika jumlah pemain aktifnya ada di sekitar angka 20.000 pemain. Sekarang? Staf Kancolle mengumumkan di twitter resminya bahwa pada tanggal 26 Desember 2013, jumlah pemain aktif mencapai angka 1.400.000 pemain!

Angka itu masih bertambah hingga sekarang, terbukti dengan masih berlakunya sistem “lotre” bagi para pendaftar akun baru yang ingin bergabung. Dan juga dari twitter yang sama, staff juga mengumumkan bahwa tiap harinya sekitar 550.000 pemain aktif mengarungi lautan mencari Shimakaze dengan ship girls mereka.

ku-xlarge (2)

Meskipun begitu, Kancolle tetaplah game yang tidak ada apa-apanya soal penjualan. Karena selain gratis, apapun yang membutuhkan uang dalam game itu sebenarnya tidak terlalu penting. Malah ada beberapa pesan dalam game dimana staffnya mengingatkan “daripada beli, mendingan cari sendiri item yang anda perlukan”.

Jika penasaran soal bagaimana cara bermain Kancolle, kamu bisa membacanya pada artikel sebelumnya.

kancole-2

Tidak terbatas pada gamenya saja, berkat salah satu perusahaan yang kita semua kenal baik, Kadokawa, merchandise dan berbagai barang-barang menarik dengan gambar ship girls sudah banyak bisa ditemukan di berbagai toko dan event di Jepang.  Jangan lupa tahun ini anime official akan tayang dan game Vita juga akan dirilis.

Selain barang official, fans pun mulai menggila. di gelaran Comiket 85 yang berlangsung saat ini, sekitar 30% circle atau booth yang ada pasti menjual barang Kancolle. Tidak menghitung cosplay, video dan lainnya.

Tidak mustahil pemain Kancolle masih akan terus bertambah. Mungkin saja fenomena Touhou akan kembali diulangi oleh Kancolle, dengan perbedaan tentu saja banyaknya barang official yang keluar. Mari lihat kemana Kancolle akan berlayar di tahun 2014.

Jangan lupa Iona, Takao, dan beberapa kapal lain dari Arpeggio sedang berkunjung ke Kancolle sampai tanggal 8 Januari.

ku-xlarge (3)

Sumber: Kotaku Gambar: header